Administrator 22 Dec 2020 at 8:08
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inilah 3 Jenis Bahan Kain Oxford Favorit Bisnis Konveksi

 

Kain yang nyaman dan terjangkau selalu dicari-cari oleh para pebisnis konveksi. Tentu saja karena kain dengan karakter seperti itu, lebih memiliki harga jual dan lebih menjanjikan untuk menguntungkan bisnisnya. Termasuk salah satu diantaranya adalah bahan kain Oxford, yang banyak dipakai untuk membuat pakaian dan masker kain.

Anda bisa dengan mudah menemukan kain ini di beragam toko tekstil, baik online maupun offline. Tapi sebelum itu sangat penting untuk Anda pahami bahwa kain Oxford yang beredar di pasaran memiliki beragam jenis. Sehingga agar Anda bisa mendapatkan jenis kain Oxford yang cocok dengan kebutuhan produk, lebih baik untuk memahaminya terlebih dulu melalui ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

Kain Oxford Dy

 

 
 

Ini adalah jenis kain Oxford yang penting sekali untuk Anda kenali saat ini. Karena kain Oxford Dy bukan hanya bisa dibuat menjadi kemeja, baju koko, blus, atau gamis, tapi juga bisa dibuat menjadi masker kain atau bahkan baju APD. Itu karena jenis kain Oxford ini memiliki karakter yang :

  • Water Repellant

Jika Anda meneteskan air di atasnya, maka air itu tidak akan meresap di kain, tapi justru tertahan dan membentuk bulatan air. Dengan karakter yang seperti itu, membuat kain Oxford Dy ini layak untuk dijadikan sebagai masker kain ataupun baju APD. Dua produk yang sangat penting untuk era pandemi Covid-19 saat ini, dimana virus dengan mudahnya menyebar melalui droplet.

Jadi untuk Anda yang memiliki rencana atau bahkan sudah menjalankan produksi masker kain ataupun baju APD, bisa menggunakan jenis Oxford Dy ini sebagai bahan utama.

  • Anti Bakteri (Higienis)

Bukan tanpa alasan Sumtex mengklaim bahwa produk kain Oxford mereka benar-benar higienis. Itu karena mereka melakukan produksi kain Oxford Dy menggunakan teknologi Achroma, Untuk lebih jelasnya kami berikan link https://www.archroma.com/solutions/protection-workwear . Prosesnya tidak melibatkan bahan-bahan kimia yang berbahaya dan menggunakan bahan-bahan yang kecil potensinya menimbulkan efek samping bagi pemakai.

Kain Oxford yang diproduksi benar-benar bebas dari bahan seperti Formaldehyde, PFC, Aniline maupun kandungan logam berbahaya. Suhu dalam proses pembuatan pun melalui proses regulasi yang tepat dan kelembapan dari setiap produknya dikelola dengan baik. Tak mengherankan jika produk mereka diklaim sebagai produk yang sangat aman dan ramah lingkungan.

  • Breathable

Ketika mengetahui bahwa kain Oxford Dy memiliki karakter water repellent, mungkin Anda membayangkan bahwa karakternya mirip dengan bahan mantel yang panas. Menariknya, kain Oxford Dy masih memiliki karakter aslinya yang ringan dan memudahkan pori-pori kulit untuk bernapas. Sehingga meskipun anti air, kain ini membuat orang yang memakainya sebagai masker, tetap mudah untuk bernapas. Ketika dibuat menjadi baju APD pun, kain ini tidak membuat pemakainya terlalu gerah seperti halnya bahan APD dari plastik.

Itulah mengapa sangat penting untuk para pebisnis konveksi mengenal kain Oxford satu ini. Karena kain ini bisa menjadi solusi yang inovatif untuk produk masker dan APD yang efektif mencegah virus Covid-19 namun juga tetap nyaman untuk dipakai beraktivitas. Sebuah peluang bisnis yang menjanjikan karena meski pandemi Covid-19 sudah berakhir sekalipun, produk kesehatan akan terus dibutuhkan.

Baca Juga Bahan Oxford Dan Potensi Besarnya Bagi konveksi Saat ini

Kain Oxford Two-Tone

 
Kemeja Bahan osford twotone

Kemeja Bahan osford twotone

 

Sebenarnya istilah Two-tone pada jenis kain Oxford ini mengarah pada karakter warna dari kain. Two-tone sudah umum dipakai untuk menyebut kain yang dibuat dengan benang campuran. Artinya benang itu dibuat dengan bahan yang berbeda, misalnya CVC, TC, TR, RT dan lainnya. Percampuran itulah yang kemudian membuat benang memiliki 2 warna berbeda. Kain Oxford umumnya dibentuk dengan komposisi 70% cotton dan 30% Polyester.

 

Karakter kain Oxford satu ini bisa dengan mudah Anda kenali hanya dari memandang.

 

Karena langsung bisa terlihat bahwa kain ini dibentuk dari dua warna yang berbeda, yang akhirnya menimbulkan corak khusus pada kain. Corak tersebut dibentuk dari bercak-bercak dengan warna yang beragam, seperti hitam, merah, ungu, hijau dan biru. Tak heran jika orang sering salah paham menganggap kain Oxford satu ini sebagai kain Misty yang juga memiliki bercak. Tapi Anda akan segera mengetahui saat menyentuhnya, karena kain misty dibuat dari benang komposisi murni, misal 100% katun.

 

Sebagian menganggap bahwa kain Oxford Twotone (seperti halnya kain twotone lain) memiliki warna yang kusam dan kurang jelas. Sebenarnya hal itu tergantung dari kualitas kain yang Anda pilih. Karena kain Oxford Twotone yang melalui extra process finishing mercericed akan tetap memiliki warna yang tajam meskipun dibuat dari benang campuran. Selain itu juga membuatnya lebih kuat sehingga tidak mudah robek. Jauh lebih baik lagi jika melalui proses light calendering yang membuatnya lebih halus, sehingga semakin nyaman saat digunakan.

 

Kain Oxford Kusuka Tropical

 

Kain Oxford Tropical adalah jenis kain Oxford ketiga yang juga cukup banyak beredar di pasaran. Anda bisa dengan mudah menemukannya di berbagai toko kain yang menjual bahan Oxford, baik toko offline maupun online. Biasanya mereka mencantumkan juga jenis tropical yang dimilikinya, dimana termasuk diantara yang banyak dijual adalah Kusuka Tropical.

 
Tumpukan kain kusuka Tropical

Tumpukan kain kusuka Tropical

 

Sebutan tropical pada jenis Oxford satu ini sebenarnya merujuk pada karakter kain yang dibuat dari campuran dua bahan, yakni katun dan polyester. Sehingga agak mirip dengan jenis twotone yang telah dijabarkan sebelumnya. Hanya saja secara warna, jenis tropical ini tampak lebih rata dan solid. Meskipun dicampur dengan polyester, namun kain Oxford ini tak kehilangan karakter aslinya yang ringan dan nyaman dipakai. Karena komposisi cotton selalu lebih besar dibanding polyester. Dimana semakin besar komposisi cotton-nya, semakin nyaman kain ini digunakan.

 

Sebagian menganggap bahwa jenis Oxford satu ini sangat mirip teksturnya dengan kain Japan Drill. Anda bisa mengetahui perbedaannya dari corak, dimana pada kain Oxford ini tidak ada garis miring seperti halnya kain Japan Drill. Sebagian lainnya menganggap bahwa sekilas ini mirip dengan Oxford drat, tapi ada perbedaan cukup signifikan pada kerapatan dan ketebalan. Kain Oxford Kusuka Tropical ini lebih rapat dan tebal dibanding dengan oxford drat.

 

Sebenarnya masih ada jenis dan merek kain Oxford lainnya yang bisa Anda gunakan. Seiring berjalannya waktu, Anda akan mengetahui lebih banyak tentang kain Oxford dan memahami jenis mana yang cocok untuk digunakan dalam pembuatan produk. Tentu saja meskipun terdapat beragam jenis, masing-masing masih memiliki karakter dasar dari kain Oxford yang ringan dan kuat. Sehingga membuatnya selalu nyaman untuk digunakan sebagai pakaian kerja, masker maupun APD. Semoga bermanfaat!

 

Apabila anda membutuhkan Berbagai macam kain oxford, baik itu Oxford sari warna, Oxford Dy by sumtex, Oxford twotone. Kusuka Tropical. Kami Mitra mulia menyediakan nya. Untuk informasi lebih jelas dapat menghubungi contact wa kami : 081703812160

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 25
  • 13065 views

Recent Post


Related Article