Administrator 18 Dec 2020 at 22:23
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Bahan Oxford dan Potensi Besarnya bagi Konveksi Saat Ini

 

Bagi orang awam, nama Oxford mungkin lebih dikenal sebagai salah satu universitas terkemuka di Inggris. Namun bagi orang-orang yang berkecimung di bidang konveksi, nama ini menjadi gambaran realitas yang lain. Salah satu jenis bahan kain yang semakin dikenal, terutama saat memasuki masa pandemi Covid-19.

 

Sebenarnya bahan kain Oxford bukanlah hal baru, karena kain ini sudah cukup umum digunakan dalam pembuatan seragam sekolah atau kerja. Anda bisa jadi sudah pernah menemuinya selama ini dan tak menyadarinya. Hampir sama seperti orang yang selama ini sudah mengenalnya, namun juga masih belum menyadari potensi kain ini dalam bisnis konveksi.

Anda penasaran, bukan? Setelah ini Anda akan memahami alasannya!

 

Apa itu Bahan Kain Oxford?

 

Ini adalah jenis kain yang terbentuk oleh penyilangan antara dua benang, dimana benang katun yang dipakai, dicampur dengan sedikit tetoron. Proses pembentukan yang seperti itu pada akhirnya menghasilkan tekstur yang tampak titik-titik pada kain. Meski begitu ketika diraba, kain ini akan terasa halus. Namun dengan ketebalan yang lebih tipis dibanding dengan kain drill karena pembuatannya menggunakan teknik anyam.

 

Kain ini akan terasa semakin nyaman ketika komposisi cotton yang digunakan semakin besar. Apalagi dengan karakternya yang tergolong lentur ketika dibanding bahan kain drill, membuat kain ini semakin nyaman untuk digunakan. Belum termasuk juga tipis dan ringannya kain ini membuat pori-pori kulit lebih mudah untuk bernafas. Tak mengherankan jika kain ini banyak digunakan untuk pakaian seragam, karena sangat menunjang kenyamanan dalam beraktivitas.

 

 
Bahan Katun Osford / Oxford
Bahan Katun Osford / Oxford ( Sumber : https://shopee.co.id/ )
 
 

Mengapa Kain Oxford Banyak Diminati?

 

Setelah memahami seperti apa kain Oxford, saatnya Anda mengetahui alasan mengapa ini menjadi salah satu bahan kain favorit. Sesuatu yang sangat perlu untuk dipahami, terutama oleh para pebisnis konveksi. Karena Anda akan memahami apa yang perlu dibuat dengan menggunakan kain yang punya banyak kelebihan berikut:

 

  • Tekstur yang halus

Jelas ini menjadi salah satu kelebihan yang penting bagi sebuah kain. Karena tekstur menjadi salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kenyamanan pemakai. Semakin halus tekstur kain, semakin nyaman pula kulit saat nantinya bergesekan dengannya.

  • Ketebalan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kain ini tergolong tipis dan ringan. Karakter itu membuatnya mampu memberi lebih banyak ruang bagi pori-pori kulit untuk bernapas. Menjadikannya sangat cocok untuk digunakan di iklim tropis yang cenderung hangat seperti di Indonesia.

  • Tidak Transparan

Jangan salah paham dengan karakter tipis. Karena biasanya orang menganggap bahwa kain tipis akan selalu menerawang. Karena hal itu tak berlaku pada bahan kain Oxford, yang meski tipis dan ringan, namun tak menerawang. Sehingga Anda pun tetap bisa merasa nyaman meski memakai kain Oxford berwarna cerah.

  • Tak Sulit Ditemukan

Salah satu poin yang sangat penting bagi setiap pengusaha konveksi khususnya, bahan kain harus cukup mudah untuk ditemukan. Sehingga mereka akan selalu tahu kemana harus membeli ketika sewaktu-waktu perlu memproduksi pesanan menggunakan bahan itu. Oxford dengan kualitas dan warna yang beragam termasuk bahan kain yang cukup mudah ditemukan. Jadi Anda bisa mendapatkannya kapan saja Anda butuhkan!

  • Harga Terjangkau

Bagaimana kain ini tidak banyak disukai? Karena dengan kualitasnya yang bagus, kain ini umumnya dibanderol dengan harga yang terjangkau. Jadi Anda yang ingin bahan kain ini tak perlu khawatir akan kebobolan dompetnya!

 
 
Bahan Katun Oxford / Osford

Bahan Katun Oxford / Osford

 

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

 

Menjadi pengusaha yang sukses tentu saja bukan hal yang instan. Ada banyak tantangan yang perlu dihadapi supaya bisa mencapai target yang diharapkan. Salah satunya juga berlaku tentu saja ketika Anda tertarik untuk menggunakan bahan kain Oxford. Karena kain ini punya beberapa catatan berikut:

 

  • Perbedaan Kualitas

Seperti halnya bahan kain lain, Oxford diproduksi dengan tingkat kualitas yang sangat beragam. Bahan kain Oxford dari satu produsen mungkin lebih baik dari produsen lainnya, dan sebaliknya. Karena itu sangat penting untuk Anda selalu mengamati dengan cermat kualitas kain dari tiap produsen. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan kualitas kain Oxford sepadan dengan harga yang Anda bayarkan.

  • Proses Pencucian

Kain ini bisa menjadi kaku dan pada akhirnya mudah robek ketika dicuci dengan terlalu banyak detergen. Karenanya kualitas kain akan sangat dipengaruhi oleh proses perawatan khususnya pencucian yang dilakukan. Jika Anda adalah pebisnis konveksi dan ingin menjaga kepuasan pelanggan, maka akan lebih baik untuk mencantumkan peringatan tentang ini pada produk akhir atau kemasannya.

  • Mudah Kusut

Tantangan berikutnya dari kain ini adalah karakternya yang tergolong mudah kusut. Tapi sebenarnya ini bukan persoalan serius, karena secara umum banyak bahan kain lain yang punya karakter seperti ini. Solusinya tentu saja dengan selalu menyetrika pakaian atau produk berbahan Oxford sehingga tetap tampak rapi saat dipakai.

 
 
ilustrasi : Tumpukan kain

ilustrasi : Tumpukan kain

 
 

Potensi Keuntungan dari Bahan Kain Oxford

Ini dia bagian favorit setiap pebisnis, tentang bagaimana mereka bisa mendapatkan keuntungan ketika menggunakan bahan kain Oxford. Karena percuma kain sebagus apapun tapi jika tak memiliki nilai jual di pasaran, hanya akan berakhir di gudang, bukan? Karena itu kami bagikan secara khusus kepada Anda tentang peluang bisnis ini.

Kita pahami bahwa keuntungan bisa hadir dari penjualan, sehingga penting untuk memastikan produk dari kain ini berpotensi besar untuk terjual. Dimana selama bahan kain tersebut dibutuhkan, maka selama itu pula ia masih memiliki peluang untuk terjual. Itulah mengapa bahan kain Oxford punya potensi yang besar bagi bisnis konveksi karena dibutuhkan dalam pembuatan beragam produk berikut:

 

  • Kemeja

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa bahan kain Oxford yang halus, ringan dan tipis, membuatnya sangat nyaman ketika digunakan. Tak heran kalau bahan ini banyak dimanfaatkan dalam pembuatan kemeja, terutama kemeja pria. Karena kemeja umumnya digunakan untuk beraktivitas dan bekerja.

 

 
ilustrasi : Model menggunakan kemeja oxford

ilustrasi : Model menggunakan kemeja oxford

 
 
 

Selain seragam kerja, bahan ini juga cocok untuk digunakan sebagai kain seragam, seperti misalnya seragam sekolah, kerja atau komunitas. Anda yang menjalankan bisnis konveksi tentu tak perlu dijelaskan tentang potensi kebutuhan seragam yang dibuat secara rutin tiap tahun. Itulah alasan pertama mengapa bahan kain Oxford berpotensi memberi Anda banyak keuntungan.

 

  • Baju Koko

Selain dibuat menjadi kemeja, bahan Oxford yang sangat nyaman dipakai ini juga cukup banyak dimanfaatkan dalam pembuatan baju koko. Iya, benar. Baju yang umum dipakai oleh kalangan pria muslim, baik untuk beribadah atau hari spesial keagamaan islam. Biasanya penjualannya meningkat tajam mendekati momen penting seperti idul fitri dan hari besar perayaan islam lainnya.

 

 
ilustrasi : Model menggunakan baju koko bahan oxford

ilustrasi : Model menggunakan baju koko bahan oxford

 
 
 

Karena itu membuat produk dengan bahan kain Oxford adalah gagasan yang sangat menjanjikan. Apalagi jika dikemas dengan desain yang menarik, produk Anda pasti semakin mudah memikat hati para pelanggan.

 

  • Gamis

Kenyamanannya juga banyak diminati oleh para produsen gamis, apalagi dengan karakteristiknya yang tidak menerawang. Membuat para wanita tetap merasa percaya diri ketika menggunakannya beraktivitas, meskipun bahan terasa tipis.

 
ilustrasi : Model menggunakan baju gamis bahan osford

ilustrasi : Model menggunakan baju gamis bahan osford

 
 

Tentu saja fakta ini membuat kain Oxford menjadi semakin menarik karena kita pahami bahwa gamis menjadi salah satu setelan tren saat ini. Bukan hanya dipakai untuk acara pesta, tapi juga untuk bekerja dan aktivitas sehari-hari. Menjadikan penjualannya tetap tinggi bahkan di saat-saat hari biasa (bukan event hari islam) sekalipun.

 

  • Masker Kain

Nah, ini dia, alasan yang membuat kain Oxford semakin menjanjikan untuk bisnis konveksi. Karena faktanya kain ini bukan hanya halus dan kuat, namun juga diakui layak untuk dijadikan sebagai masker kain. Produk yang saat ini sangat dibutuhkan oleh siapapun, supaya bisa tetap terhindar dari virus corona.

 

 
ilustrasi : Masker Kain berbahan oxford

ilustrasi : Masker Kain berbahan oxford

 
 

Masker akan semakin tinggi efektivitasnya terutama jika Anda menggunakan jenis kain Oxford yang anti air. Sehingga bisa menahan droplet dari luar maupun dari pemakainya. Seperti misalnya Oxford dy by Sumtex yang water repellent, sehingga bisa diandalkan untuk menjadi masker yang menahan droplet.

 

Jadi sekarang Anda tahu alasannya kenapa bahan kain Oxford punya potensi yang besar dalam bisnis konveksi. Selain dari kualitasnya, bahan ini terbukti banyak dibutuhkan untuk pembuatan beragam produk. Apalagi jika pebisnis mampu secara cermat memilah setiap kualitas bahan Oxford. Anda akan memahami bahwa ada beragam jenis bahan kain Oxford yang bisa digunakan dalam bisnis konveksi, dalam artikel berikutnya. Semoga bermanfaat!

 

Apabila anda membutuhkan Berbagai macam kain oxford, baik itu Oxford sari warna, Oxford Dy by sumtex, Oxford twotone. Kusuka Tropical. Kami Mitra mulia menyediakan nya. Untuk informasi lebih jelas dapat menghubungi contact wa kami : 081703812160

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 29
  • 1212 views

Recent Post


Related Article