Sering Dibuat Menjadi Jaket Inilah Karakter Bahan Kain Parasut | Toko Kain Surabaya

Administrator 19 Apr 2021 at 8:26
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Sering Dibuat Menjadi Jaket, Inilah Karakter Bahan Kain Parasut

 

Musim hujan telah tiba, perubahan cuaca dari panas menjadi dingin adalah hal yang akan dihadapi oleh masyarakarat. Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengantisipasi perubahan ini, terutama bagi mereka yang memiliki sensitivitas terhadap hawa dingin. Salah satu cara yang umum dilakukan oleh masyarakat saat musim dingin atau musim hujan adalah dengan menggunakan jaket. 

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain

 

 

Banyak manfaat yang diberikan oleh jaket, tidak hanya untuk melindungi diri dari hawa dingin maupun hawa panas. Benda ini juga mampu menambah kesan stylish terhadap si pemakai. Salah satu hal yang menjadi perhatian konsumen dalam memilih jaket adalah bahan kain yang dipakai dalam memproduksi jaket. Di pasaran banyak beredar jaket dari beraneka jenis bahan kain, salah satunya adalah bahan kain parasut.

 

Foto : Karakteristik Jaket Parasut

 

 

Jaket parasut menjadi cukup fenomenal selain karena modelnya yang menarik, tetapi juga karena karakter kain parasut itu sendiri. Ingin tahu lebih banyak? Simak lebih lengkap penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan kain parasut!

 

Pilihan Warna Bahan Parasut di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

Kelebihan Kain Parasut

 

1. Tahan Air (Water Resistant)

Kelebihan yang pertama dari jaket berbahan parasut adalah kemampuannya dalam menahan air. Tingkat kemampuan jaket parasut dalam menangkal air berbeda-beda tergantung bahan yang digunakannya. Beberapa jenis bahan kain parasut sangat maksimal dalam menangkal air, tentu saja jaket parasut dengan bahan yang seperti ini akan memiliki harga yang lebih mahal. Terdapat pula beberapa jenis bahan parasut yang kurang maksimal dalam menangkal air, sehingga akan tetap basah apabila diguyur air secara intens.

Walaupun jaket parasut ini memiliki keunggulan tahan air, jaket ini tetap nyaman dipakai. Hanya saja jaket dengan bahan ini tidak disarankan dipakai saat musim panas atau saat matahari sedang terik. Karena tidak cukup baik menyerap keringan sehingga dapat menimbulkan rasa gerah yang tak nyaman. Meskipun tahan terhadap air, jaket parasut tetap tidak dapat menggantikan fungsi jas hujan, karena apabila jaket parasut secara terus menerus terkena guyuran air hujan, maka warna jaket akan luntur dan muncul bintik-bintik putih seperti jamur.

 

Foto : Karakteristik Jaket Parasut Tahan Air

 

2. Hangat

Keunggulan lain dari bahan lain parasut ini adalah jaket parasut juga memiliki sifat kedap udara, sehingga angin atau udara tidak mudah masuk ke dalam jaket sehingga  mampu memberikan efek hangat kepada pemakainya. Keunggulan inilah yang menyebabkan jaket bahan parasut sangat cocok dipakai saat musim dingin. Jaket dengan bahan ini direkomendasikan bagi Anda pengguna sepeda motor sebab dapat menghalau terpaan angin maupun hawa dingin dari arah depan.

3. Tidak Mudah Kusut

Sifat lain dari jaket parasut adalah tidak mudah kusut, karena serat kainnya halus dan lembut. Jaket dengan bahan kain parasut walaupun dipakai berkali-kali atau setelah dicuci, jaket ini akan selalu tampak rapi. Sehingga jaket ini sangat cocok dimiliki oleh Anda yang jarang sempat untuk menyetrika pakaian.

4. Mudah Dibersihkan

Jaket dengan bahan parasut sangat mudah perawatannya. Jika jaket parasut yang Anda miliki terkena noda cair seperti teh atau kopi, dapat langsung dibersihkan dengan cara dilap dengan tisu basah atau tisu kering. Jika jaket parasut Anda terkena noda yang padat seperti tanah, lumpur atau debu, disarankan untuk mencuci dengan detergen dan dikucek secara perlahan dan singkat. Apabila Anda mencuci dengan menggunakan mesin cuci, disarankan untuk memutar mesin cuci dengan kekuatan normal. Selain itu sebaiknya timer-nya diatur singkat, agar jaket Anda tidak cepat rusak.

5. Beraneka Warna

Kain berjenis parasut tersedia dalam banyak warna. Sehingga jika Anda adalah seorang produsen penghasil jaket berbahan parasut, maka Anda dapat memproduksi berbagai jaket dengan beraneka ragam pilihan warna. Warna yang ditawarkan untuk bahan parasut ini tersedia dari warna yang cerah hingga warna yang gelap.

 

Foto : Varian Warna Jaket Parasut

 

6. Mudah dibentuk

Salah satu sifat kain parasut adalah fleksibel, sehingga produsen jaket parasut dapat membuat jaket dengan beraneka model. Dalam proses penjahitan pun tergolong mudah, jika Anda adalah penjahit pemula dan mengalami kesulitan dalam menjahit kain parasut, Anda dapat mempelajari tips dalam menjahit kain parasut. Tips tersebut dapat Anda peroleh melalui internet atau komunitas penjahit yang sering menjahit bahan parasut.

7. Harga terjangkau

Harga yang ditawarkan untuk kain dengan bahan parasut masih dinilai terjangkau dengan berbagai kelebihan yang diberikan. Kain ini dapat menjadi alternatif bahan untuk pembuatan jaket dan produk lainnya jika produsen ingin menekan cost produksi. Di pasaran harga kain parasut berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu per meter nya tergantung jenis kain parasut dan kualitasnya.

8. Beraneka jenis

Kain bahan parasut memiliki banyak jenis, seperti parasut balon yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat cover mobil, cover motor, payung, jas hujan. Kemudian ada juga kain parasut jenis mayer, kain jenis inilah yang sering dipakai untuk membuat jaket. Kain parasut furity berfungsi sebagai lapisan furing atau dalaman pelindung, dan masih banyak lagi. Tersedianya aneka jenis kain parasut tentu saja sangat menguntungkan bagi produsen.

9. Awet

Bahan kain parasut termasuk jenis kain yang awet karena bahan kain ini diproduksi dengan teknologi yang canggih yaitu nanoteknologi. Pada umumnya bahan parasut ditujukan sebagai material produk yang bersifat trench coat yang dapat melindungi diri dari serangan cuaca ekstrem.

 

Kekurangan Kain parasut

Selain kelebihan, tentu saja jaket dengan bahan ini memiliki kekurangan yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum Anda membeli maupun membuat jaket parasut. Berikut ini kekurangan jaket bahan parasut:

 

1. Tidak menyerap keringat

Jaket bahan parasut terbuat dari serat sintetis dan mengandung plastik sehingga jaket ini kurang mampu menyerap keringat. Dengan kekurangannya tersebut tentu saja jaket parasut tidak direkomendasikan dipakai saat cuaca terik. Begitupun saat Anda sedang menjalankan aktivitas berat yang membuat Anda berkeringat, kecuali jika Anda memang bertujuan untuk lebih banyak berkeringat. Misalnya seperti saat berolahraga, dengan catatan Anda sudah siap air minum untuk mencegah dehidrasi. 

 

Foto : Karakteristik Jaket Parasut

 

2. Panas

Kain bahan parasut ini cenderung panas karena terbuat dari bahan sintetis polyester. Agar dapat meminimalisir kekurangan ini, Anda dapat memadukan kain parasut ini dengan bahan yang lebih sejuk dan mudah menyerap keringat.

Demikian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan kain bahan parasut, ada baiknya Anda mempelajari lebih dalam mengenai karakter kain parasut dari berbagai jenis nya agar Anda dapat menyesuaikan jenis kain parasut yang akan Anda gunakan sebagai material produk anda.

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 98
  • 10940 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article