Bahan Kaos Terbaik Untuk Bisnis Custom | Toko Kain Surabaya

Administrator 26 Mar 2021 at 22:12
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Bahan Kaos Terbaik Untuk Bisnis Custom

Dalam bisnis kaos custom, daya jual utama adalah sebuah tawaran bahwa pelanggan bisa memilih sendiri produk seperti apa yang ia inginkan. Mulai dari bahan kaos apa yang diinginkan, warna kaosnya, adakah design khusus pada kaosnya hingga ukuran kaos yang fit secara custom. Segalanya bisa dicustom, dan itulah sesungguhnya daya tawar terbaik pada bisnis custom yang dicari oleh pelanggan.

 

Membuka bisnis custom harus bisa memenuhi keinginan dan ekspektasi pelanggan hingga bisa memberikan kepuasan telah memilih belanja custom pada perusahaan kita dibandingkan membeli kaos yang sudah jadi. Oleh karenanya mulai dari pemilihan bahan kaos harus dipertimbangkan matang agar bisnis kaos custom bisa maju.

 
Foto : Bahan Kaos Combed
 
 
Foto : Ilustrasi Bahan Kaos Custom

Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan bahan untuk bisnis kaos custom Anda.

 

1. Pertimbangkan bahan kainnya dan karakternya

Sekali lagi, analisa kebutuhan itu penting sekali. Tidak boleh terlewatkan sama sekali. Kebutuhan siapa yang dianalisa? Tentu saja kebutuhan pasar yang akan Anda target sebagai pelanggan Anda nantinya. Kita sebagai pebisnis kaos custom harus mengerti betul bagaimana karakteristik bahan-bahan kaos yang bisa dijadikan produk. Nah, sifat dari masing-masing bahan kaos ini kemudian dicocokkan dengan karakter pasar kita. Hal ini mampu memberikan gambaran sebagai pijakan membuat strategi lanjutan.

 

2. Kelebihan dan kekurangan bahan kaos

Apa kelebihan dan apa saja kekurangan dari setiap bahan penting sekali untuk kita cari tahu dan pahami betul-betul. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk merencanakan design produk bisnis kaos custom beserta strategi pemasarannya. Setiap bahan kaos pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ketika kita mengetahuinya dan paham akan keduanya dengan baik, kita bisa meramu bagaimana agar kelebihannya lebih menonjol dan kekurangan tidak menjadi masalah yang terlalu berarti. Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi kepercayaan caon konsumen kita terhadap kualitas produk dari kaos custom yang ditawarkan.

 

3. Harga bahan kaos

Harga bahan baku tentu mempengaruhi harga jual produk. semakin murah bahan bakunya, kita bisa menjual produk semakin murah juga. Begitupun sebaliknya. Namun, harga ini juga berbanding lurus dengan kualitasnya. Ada harga, ada barang. Bahan kaos berkualitas menuntut harga yang lebih mahal. Faktor ini pun harus dipertimbangkan baik-baik. Apakah memilih harga murah atau mementingkan kualitas?

 

4. Popularitas bahan kaos

Bagi bisnis kaos custom, bagaimana publik mengenal sebuah produk akan cukup penting terhadap penjualan produk. Produk yang sudah dikenal baik oleh konsumen, akan lebih mudah kita pasarkan, pun sebaliknya. Ibaratnya, kita tidak perlu susah payah mengenalkan produk kita yang berkualitas A B dan C, masyarakat sudah banyak yang mengetahui kualitasnya.

 

OPSI BAHAN KAOS TERBAIK

Setelah mengetahui beberapa variabel yang bisa dipertimbangan dalam memilih bahan untuk bisnis kaos custom, ada satu langkah yang tidak boleh dilupakan. Yaitu memahami jenis-jenis bahan kaos yang terbaik dan bisa menjadi opsi untuk bahan kaos bisnis Anda. Bahan-bahan kaos yang dibahas berikut ini sudah cukup terkenal.

 
Foto : Bahan Kaos Katun Combed
 
 
Foto : Bahan Kaos Katun Combed

Sebagai informasi, jenis bahan kaos yang dibahas di sini merupakan bahan pilihan dengan kualitas premium. Karena kita menginginkan bisnis kaos custom yang berkualitas, maka jenis bahan yang dipertimbangkan juga yang berkualitas. Dipilih varian bahan cotton karena, bahan katun adalah bahan terbaik untuk kaos.

 

1. Bahan Kaos Katun Combed

Katun combed bisa dikata yang paling populer diantara jenis katun lain yang kita bahas di sini. Mayoritas pengusaha kaos menggunakan katun combed mulai dari gramasi 20s, 24s dan yang terbanyak adalah 30s karena dianggap paling ideal. Katun combed paling populer karena kualitasnya yang baik dengan harga terjangkau. Combed terkenal dengan bahannya yang memberikan sensasi adem, jauh dari gerah, tidak kasar, dan kuat.

 
Foto : Bahan Kaos Katun Combed
 
 
Foto : Bahan Kaos Katun Combed

Kaos yang dibuar dari bahan combed, sangat nyaman untuk kegiatan sehari-hari, bisa untuk kegiatan di rumah saja atau kegiatan hang out ke luar rumah. Permukaan kainnya yang halus dan serat-seratnya yang rapi juga memungkinkan kain combed ini mudah disablon untuk kebutuhan-kebutuhan khusus.

Combed memiliki tiga variasi ketebalan yang banyak digunakan di Indonesia. setiap ketebalan kain memiliki fungsinya masing-masing.

 

2. Bahan Kaos Katun Bambu

Katun bambu berada di satu grade di atas combed. Katun bambu memiliki sifat-sifat sama baiknya dengan combed, yaitu halus, kuat, dingin, lembut, dan ditambah lagi dua kelebihan lain. Yaitu katun ini dapat menjadi isolator listrik statis dan anti bakteri. Menarik kan?

Foto : Bahan Kaos Katun Bambu
 
 
Foto : Bahan Kaos Katun Bambu

Saat memakai kaos dari katun bambu, kita bisa bebas beraktivitas, seperti olahraga yang mengeluarkan banyak keringat. Tidak perlu khawatir terinfeksi bakteri pada keringat, karena katun bambu yang kita kenakan bisa menjadi perisai terdepan. Tak mengherankan jika secara harga, katun bambu lebih mahal dari combed.

 

3. Bahan Kaos Katun Modal

Di atasnya katun bambu, adalah katun modal. Jika katun bambu merupakan perpaduan bahan katun dan bambu, maka katun modal ini hasil dari campuran katun dan serat kayu (beechwood). Perbedaan lain yang bisa kita tangkap dari katun modal dibanding katun combed dan newyork adalah (kainnya mengkilap).

Foto : Bahan Kaos Katun Modal
 
 
Foto : Bahan Kaos Katun Modal

Sayangnya, katun modal tidak menyediakan warna sekaya combed. Setidaknya ada empat warna yaitu navy, hitam, putih dan maroon. Dari segi harga, katun modal lebih mahal dibanding katun combed dan bambu. Dan penggunaannya di bisnis kaos custom juga masih jarang, padahal katun modal menawarkan kualitas premium yang bagus. Hal ini bisa menjadi peluang sekaligus ancaman jika Anda memilih katun modal sebagai bahan kaos custom Anda.

 

4. Bahan Kaos Katun Supima

Lebih tinggi lagi kelas premiumnya dibanding katun modal, ada namanya katun supima. Berasal dari singkatan superior pima. Pima adalah nama daerah penghasil kapas kualitas terbaik dunia yang berasal dari Amerika. Seluruh kelebihan pada combed, modal dan bambu jika digabungkan akan membentuk supima, bahkan mungkin lebih bagus.

Foto : Bahan Kaos Katun Supima
 
 
Foto : Bahan Kaos Katun Supima

Selain kain katun supima ini lebih halus, juga lebih lembut, anti bakteri, dan merupakan katun kualitas tinggi. Karena panen supima cukup sulit, bahan ini sangat mahal. Karena harganya yang mahal dengan kualitas prima, katun supima banyak digunakan brand-brand internasional yang sudah punya nama. Brand-brand yang tidak menjadikan harga sebagai pertimbangan pertama, namun kualitas, lebih banyak menggunakan kain ini.

 

5. Bahan Kaos Katun Galaxy

Foto : Bahan Kaos Katun Galaxy
 
 
Foto : Bahan Kaos Katun Galaxy

Ya, satu lagi bahasan kita mengenai kain katun untuk kaos terbaik, yaitu katun galaxy. Unik kan namanya? Kenapa diberi nama galaxy? Karena pada permukaan kain ini memiliki bintik-bintik dengan warna yang beragam. Bintik-bintik itu bukan sablonan, tapi memang efek dari pemintalan kainnya. Dinamakan galaxy karena mirip sekali dengan bintang-bintang di langit cakrawala.

Itulah beberapa jenis katun kualitas premium yang bisa dijadikan opsi untuk membuat kaos custom. Mana kain yang dipilih, semua keputusan ada di tangan Anda.

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article