7 Tips Membangun Usaha Konveksi di Tahun 2021 | Toko Kain Surabaya

Administrator 8 Mar 2021 at 22:21
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

7 Tips Membangun Usaha Konveksi di Tahun 2021

 

 

Konveksi menjadi salah satu jenis usaha yang tak lekang oleh waktu. Karena itu akan selalu memiliki harapan untuk berjalan selama manusia masih membutuhkan pakaian. Apalagi jika hal itu masih menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia. Tak mengherankan jika masih banyak orang yang tertarik untuk membangun usaha konveksi.

 

Terlepas dari itu, ada hal yang lebih penting untuk dibahas tentang rencana membangun bisnis konveksi. Yaitu bagaimana membangun usaha konveksi yang menguntungkan, khususnya di tahun 2021 yang memiliki banyak tantangan. Karena konsep bisnis apapun menjadi percuma jika tidak bisa memberikan keuntungan saat dijalankan.

 

Karenanya kami ulas secara khusus dalam artikel ini, tentang apa saja tips untuk bisa membangun usaha konveksi yang menguntungkan!

 
 
 

Persiapan Modal

 

Tips membangun Usaha konveksi
Foto : Uang Logam
 
 

Sekecil apapun bisnis konveksi yang Anda rencanakan, modal tetap akan dibutuhkan. Karena Anda perlu membeli bahan baku seperti kain, benang jahit, kancing/resleting, dan alat seperti mesin jahit, alat potong, kertas pola, dan seterusnya. Sehingga ini menjadi salah satu hal vital yang perlu diperhatikan dalam membangun bisnis konveksi.

 

Umumnya pebisnis pemula hanya memiliki modal yang terbatas. Jika memang Anda belum pernah menjalankan bisnis sebelumnya, lebih baik menggunakan tipe pre-order untuk meminimalisir kerugian. Artinya Anda hanya melakukan produksi pakaian, hanya jika ada pihak yang sudah memesannya dan memberikan uang muka.

 

Hal ini jauh lebih aman dibanding tipe ready stock, dimana pebisnis memproduksi barang sejak awal, baru kemudian memasarkannya. Karena tipe itu belum tentu cukup efektif untuk memberikan keuntungan. Bisa saja modelnya belum sepenuhnya cocok untuk selera pasar, sehingga peluang untuk laku banyak juga kecil.

 
 

Pencarian Supplier

 

Tumpukan kain
Foto : Kain
 
 

Ada yang mengatakan bahwa supplier yang paling bagus adalah yang harganya murah dibanding lainnya. Tapi bagi seorang pebisnis pemula yang secara modal masih terbatas, pertimbangan untuk memilih supplier bukan hanya itu. Jarak juga menjadi hal yang penting, karena jika terlalu jauh akhirnya justru membebani dari sisi ongkos.

 

Selain itu jika misalnya Anda ingin mengambil barang langsung dari supplier, jarak yang jauh juga pada akhirnya merepotkan. Khususnya jika Anda belum memiliki karyawan untuk menanganinya, pada akhirnya Anda sendiri yang harus turun tangan. Jangan sampai persoalan pengadaan bahan baku menghabiskan banyak waktu Anda yang sangat berharga.

 

Apabila Anda Membutuhkan Info supplier kain drill seperti unione drill, american drill, japan drill, ribstop drill atau kain parasut seperti milky taslan, peles dan kain lainnya untuk gamis seperti inma premium yang berkualitas dengan harga yang murah anda bisa menghubungi kami di 081703812160 atau di shopee kami, serta dapat juga di web kami

 

 

Menentukan Produk

 

Tumpukan Baju
Foto : Produk Baju
 
 

Memang benar jika di tahun 2021, semakin banyak bisnis yang muncul dengan produk unik. Produk-produk yang belum banyak beredar di pasaran mungkin menarik, karena pada akhirnya lebih sedikit pesaingnya. Namun sebagai pebisnis pemula, jika ingin langsung mendapatkan keuntungan, lebih baik untuk memilih produk yang lebih konvensional.

 

Bukan berarti bahwa memilih produk yang unik adalah hal yang buruk. Hanya saja itu sangat beresiko karena pada awal-awal penjualan umumnya tidak langsung menarik pelanggan. Kecuali jika Anda memiliki modal yang cukup besar untuk “dibakar” selama masa-masa promosi awal. Jika tidak, sebaiknya memilih produk yang lebih aman seperti kaos, kemeja, celana, dan seterusnya.

 
 

Strategi Pemasaran

 

Ilustrasi : Diskon Dalam Strategi Pemasaran
Ilustrasi : Diskon Dalam Strategi Pemasaran
 
 

Meskipun Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis konveksi yang berbasis pre-order, bukan berarti Anda hanya menunggu saja secara pasif, kan? Karena jika belum ada orang yang tahu tentang bisnis Anda, tidak akan ada juga orang yang memesannya. Apalagi jika bisnis Anda masih awal dibangun, pemasaran menjadi salah satu yang sangat menentukan nasib bisnis kedepannya.

 

Beruntung saat ini ada teknologi digital yang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk melakukan pemasaran dengan lebih mudah dan efisien. Anda bisa memanfaatkan platform-platform gratis seperti media sosial untuk memperkenalkan produk ke banyak orang. Lebih baik lagi jika Anda membangun branding, sehingga calon customer bisa mengingat dengan lebih mudah. Karena banyak sekali pebisnis di bidang konveksi, sehingga pembuatan branding akan meminimalisir peluang customer Anda justru “tersesat” ke akun pesaing.

 
 

Menentukan Lahan Bisnis

 

Ilustrasi : Lokasi Bisnis
Ilustrasi : Lokasi Bisnis
 
 

Konveksi tergolong bisnis yang tidak terlalu menuntut lahan luas. Jika tempat itu sudah cukup untuk menampung bahan baku dan mesin jahit, usaha Anda sudah bisa dijalankan. Sehingga hal ini menjadi poin yang perlu Anda pertimbangkan secara matang, ketika hendak menentukan tempat operasi bisnis.

 

Sebisa mungkin untuk tidak menyewa tempat baru selama pendapatan masih belum stabil. Karena jika nantinya pendapatan sedang rendah, keuangan bisnis Anda bisa semakin memburuk karena harus membayar biaya sewa. Lebih baik untuk memanfaatkan lahan yang sudah Anda miliki terlebih dulu. Lalu mengembangkannya secara bertahap ketika omset mulai berkembang dan semakin stabil.

 
 

Standart Harga

 

Ilustrasi : Standart Harga
Ilustrasi : Standart Harga
 
 

Memang benar bahwa untuk mendapatkan keuntungan secara cepat, maka harga perlu dibuat setinggi mungkin. Namun tentu itu bukan hal yang bijak ketika bisnis Anda masih awal dibangun. Karena bahkan jika harga Anda murah sekalipun, orang masih bertanya-tanya untuk membeli produk Anda.

 

Sehingga lebih baik Anda tetapkan harga yang wajar sesuai dengan pasaran. Jangan tetapkan terlalu rendah, karena alih-alih mengundang customer, Anda bisa diprotes oleh pebisnis lain karena dianggap mematikan harga pasar. Sehingga kalaupun Anda ingin mendapatkan harga yang lebih menarik, turunkan dari harga pasaran dengan wajar. Anda juga bisa memberikan keterangan harga promosi, supaya pesaing tidak salah paham.

 
 

Tentukan Standar Kualitas

 

Standard Kualitas yg harus di jaga
 
 
 
Kadang, sebaliknya pebisnis justru memainkan keuntungan bisnis dengan mensiasati pada bahan baku yang digunakan. Mereka memakai bahan-bahan yang sangat murah, sehingga ketika mereka menetapkan harga yang rendah, tetap bisa memberikan keuntungan yang cukup besar.
 

Pahamilah bahwa market sekarang adalah customer yang lebih cerdas. Mereka bisa dengan mudah mencari informasi seputar produk konveksi di internet dan kemudian saling membandingkannya. Jadi mempermainkan customer dengan kualitas produk yang buruk justru menjadi boomerang bagi bisnis Anda nantinya. Alih-alih mendapatkan keuntungan, kekecewaan customer itu bisa dibagikan ke media sosial.

 

Lalu, boom! Anda kehilangan banyak customer potensial dalam waktu singkat bahkan sebelum memasarkan produk Anda. Karena ternyata keluhan customer Anda menjadi sesuatu yang viral dan brand Anda diingat menjadi salah satu yang terburuk. Jadi, bijaklah dan tetap berikan kualitas yang logis kepada para customer ya!

 

Itulah beberapa tips untuk Anda membangun bisnis konveksi di tahun 2021.

Semoga bermanfaat! Happy Reading ^^

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 6
  • 2219 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article