Ingin Membuat Jaket Parka Ini Bahan yang Direkomendasikan | Toko Kain Surabaya

Administrator 19 Jan 2021 at 20:38
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Ingin Membuat Jaket Parka Ini Bahan Yang Direkomendasikan

 

 

Meskipun sebenarnya jaket parka awalnya berasal dari suku di Eskimo, tapi jaket ini cukup banyak diminati juga oleh orang Indonesia. Panjangnya yang hingga paha, dengan aksesori kantong di beberapa bagian, faktanya menjadikan tampilan kasual semakin menarik. Tak kalah dengan model jaket lain seperti jaket denim atau bomber.

 

Tak mengherankan jika keunggulan jaket parka membuat banyak orang yang tertarik untuk membuatnya. Entah itu untuk pemakaian pribadi, kelompok atau untuk dijual kembali. Satu yang terpenting, Anda memahami bahan apa yang cocok untuk dipakai membuat jaket parka. Karena masing-masing jaket punya bahan yang khas, jadi jangan sampai jaketnya justru menjadi produk gagal.

Inilah beberapa bahan jaket parka yang direkomendasikan oleh para ahli!

 

Bahan Kain Kanvas

 
Kain Kanvas
 
 
 

Ini adalah salah satu bahan yang sangat cocok untuk dibuat menjadi jaket, khususnya jaket parka. Bukan tanpa alasan, tentu saja karena karakter dari bahan kain ini yang tebal, kuat dan sedikit berat. Sehingga pemakai jaket berbahan ini bisa tetap merasa hangat di suhu yang sangat dingin sekalipun.

 

 

 
Jaket Parka
 
 
 

Meski bahan kanvas ini dulunya banyak dipakai sebagai bahan baju tentara, tapi saat ini sudah sangat populer untuk dipakai sebagai setelan harian. Justru hal itu membuat kesan jaket parka semakin maskulin bagi pria dan stylish untuk para wanita.

Satu hal penting yang perlu diingat bahwa tidak semua bahan kanvas bisa dipakai untuk pembuatan jaket parka. Karena ada ragam variasi bahan kanvas dengan karakter yang berbeda. Karena itu sangat penting untuk Anda memahami bahan mana yang lebih cocok. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan penjual bahan kain parka supaya Anda tidak tersesat.

 
 

Bahan Kain Twill

 
 
Kain Twill
 
 

Sekilas mungkin bahan kain ini tampak mirip dengan bahan kain drill, dengan pola garis miring diagonal. Namun bahan ini akan terasa lebih hangat ketika dipakai dibandingkan dengan kain drill. Karenanya bahan ini jadi salah satu yang cocok untuk dijadikan jaket parka. Selain juga karena bahan ini punya karakter yang kuat.

 

 
Jaket Parka Fishtail
 
 

Anda bisa menemukan dua jenis bahan kain twill di pasaran, yakni :

 

1. Kain Twill Stretch

Seperti namanya, kain ini punya karakter yang elastis. Karenanya banyak dipakai untuk membuat pakaian yang pas dengan badan. Jenis bahan ini kurang cocok untuk dibuat menjadi jaket parka.

 

2. Kain Twill no Stretch

Sebaliknya jenis bahan kain twill ini tidak elastis, sehingga ini yang lebih cocok untuk dibuat menjadi jaket parka. Dengan ketebalan yang hampir sama dengan jenis sebelumnya.

 

Bahan Kain Mikro

 

 
Jaket Mikro
 
 
 

Dibandingkan dengan bahan-bahan sebelumnya, bahan kain mikro punya tekstur yang lebih licin karena seratnya yang jauh lebih kecil. Sebagian orang bahkan mengira bahwa ini adalah bahan parasut, padahal berbeda dan bahan ini agak lebih tipis. Selain itu juga bahan ini bisa menyerap air dengan lebih baik sehingga ketika dijemur pun lebih cepat kering.

 

Meskipun lebih tipis jika dibandingkan dengan bahan sebelumnya, bahan ini juga jadi salah satu yang cocok untuk dibuat menjadi jaket parka. Karena sifat bahannya yang meski lebih tipis tapi lebih jatuh dibanding dengan bahan parasut. Kami Mitra Mulia Menyediakan Bahan Parasut Mikro. Bisa menghubungi kami di wa 081703812160

 
 

Bahan Kain Taslan

 

 
Bahan Taslan Anti Air
Ilustrasi Bahan taslan Anti Air
 
 
 

Selain bahan kain mikro, bahan kain taslan juga sering dibilang orang mirip dengan bahan kain parasut. Bedanya bahan ini lebih lembut dan tebal. Meskipun bahannya ringan, namun kuat dan bahkan ada beberapa jenis bahan taslan yang tahan terhadap air. Karenanya bahan kain ini sering dipakai untuk membuat jaket parka kelas eksklusif.

Meskipun mirip dengan bahan kain parasut, tapi bahan ini mampu membuat kualitas jaket yang setingkat lebih bagus. Seperti jaket-jaket kelas menengah atau produksi distro. Karena jika dilihat, bahan ini lebih tampak berkelas dan elegan. Kami Mitra Mulia Menyediakan Bahan Parasut Taslan . Bisa menghubungi kami di wa 081703812160

 
 

Bahan Kain Drill

 
 
Jaket Drill
Ilustrasi : Jaket Drill
 
 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahan kain drill dikenali dari ciri khasnya yang memiliki pola serat kain berupa garis-garis miring. Umumnya bahan ini dibuat dengan mencampur katun dengan polyester. Bisa diketahui kadarnya dari harga yang ditawarkan. Karena umumnya bahan kain drill yang komposisi katunnya lebih banyak, akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. Bahan yg biasanya di gunakan untuk Jaket Drill adalah American 1919 maupun Unione Drill. Kami Mitra Mulia Menyediakan Bahan American Drill . Bisa menghubungi kami di wa 081703812160

 
 

Bahan Kain Fleece

 
Bahan Fleece
Ilustrasi: Bahan Fleece
 
 

Anda juga bisa menggunakan bahan kain ini untuk membuat jaket parka. Salah satunya karena karakter bahan ini yang tebal dan lembut sehingga selain efektif untuk menghangatkan juga nyaman untuk dipakai. Kelebihan lainnya, jika Anda menggunakan bahan kain ini, Anda tidak membutuhkan tambahan furing untuk lapisan dalam. Tapi meski begitu, Anda tetap bisa menambahkannya jika memang ingin membuat lebih nyaman lagi.

Kami Mitra Mulia Menyediakan Bahan Fleece. Bisa menghubungi kami di wa 081703812160

 
 
 
ilustrasi Bahan Nilon
ilustrasi Bahan Nilon
 
 

Sebagian orang menyamakan bahan kain ini dengan bahan kain taslan, karena karakternya yang masih mirip. Bedanya jika dibandingkan dari sisi kekuatan, bahan kain taslan masih lebih unggul dari nilon. Namun sebaliknya, bahan kain ini mampu menampilkan kesan elegan dengan lebih baik. Tak mengherankan jika bahan kain nilon banyak dipakai untuk membuat jaket parka premium.

 
 
Jaket Parasut Tebal
 
 
 

Memang benar bahwa bahan kain ini lebih hangat dan membuat pemakai mungkin sedikit gerah. Sebagai trik untuk mengatasinya, Anda bisa tambahkan furing dari bahan kain katun untuk lapisan dalamnya. Sehingga dengan begitu jaket parka tetap nyaman dipakai karena bisa menyerap keringat dengan baik.

 
 

Jenis-jenis Jaket Parka

 

Selain memahami aneka bahan jaket parka dengan masing-masing karakternya, akan lebih baik lagi jika Anda juga memahami aneka jenis jaket parka yang beredar di pasaran. Sehingga Anda bisa mengetahui jenis jaket parka mana yang lebih cocok untuk Anda buat. Berikut ini beberapa jenis jaket parka:

 

1. Jaket parka dari bahan kain katun atau nilon atau Parasut Taslan

Biasanya orang-orang menggunakan kaos atau sweater di dalamnya.

 

2. Jaket parka dua lapis

Biasanya menggunakan bahan yang berisi dacron, sehingga kemudian sering juga disebut dengan down jacket atau super parka.

 

3. Jaket Parka Snorkel

 

 
Ilustrasi : Jaket Parka Snorkel
Ilustrasi : Jaket Parka Snorkel
 
 

Jenis jaket parka satu ini dulunya dipakai oleh para kru pesawat militer amerika untuk menahan suhu dingin ekstrim. Hingga kemudian menjadi populer di Eropa pada akhir era 1900an dan menjadi jaket yang banyak dipakai oleh komunitas indie. Tak heran jika orang-orang sering menghubungkan antara jaket parka jenis ini dengan budaya Indie Pop.

 

4. Jaket Parka Fisthail

 
Ilustrasi : Jaket Parka Fishtail
Ilustrasi : Jaket Parka Fishtail
 
 

Jaket parka jenis ini juga dulunya banyak dipakai oleh tentara Amerika khususnya saat perang Korea. Karena jaket ini efektif untuk menjaga tubuh dari cuaca ekstrim, bahkan jika suhunya sampai -10 derajat Celcius.

 

5. Jaket Cagoule

 
Ilustrasi : Jaket Cagoule
Ilustrasi : Jaket Cagoule
 

Model jaket parka satu ini agak berbeda jika dibandingkan dengan jenis lain, karena jaket ini hanya punya resleting pendek di depan. Jaket jenis ini bahkan disebut tergolong jaket windbreaker di Amerika. Kadang dibuat tanpa lapisan dan panjangnya mencapai lutut. Di Inggris, jaket ini kadang juga digunakan sebagai jas hujan atau jaket parka ringan.

 

Sekarang Anda sudah memahami beragam jenis bahan yang recommended untuk membuat jaket parka dan jenis-jenis jaket parka yang banyak beredar di pasaran. Dengan begitu Anda bisa mulai mempertimbangkan jaket parka seperti apa yang ingin dibuat. Semoga sukses!

 

Apabila Anda membutuhkan bantuan bahan2 jaket yg di sebut di atas. anda bisa menghubungi kami di 081703812160 atau di web kami www.mitramulia.com

 
 
 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article