Inilah Desain Jaket yang Banyak Dipakai di Indonesia | Toko Kain Surabaya

Administrator 16 Jan 2021 at 17:13
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inilah Desain Jaket Yang Banyak Dipakai di Indonesia

 

 

Jaket bukan hanya menjadi andalan ketika musim dingin tiba, tapi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari style sebagian kalangan. Mereka pakai jaket setiap hari, sebagai pelindung dari dingin saat musim hujan, pelindung dari sinar matahari saat musim panas. Sekaligus sebagai pendukung penampilan yang meningkatkan rasa percaya diri.

 

Saking krusialnya jaket bagi penampilan, sebagian orang bahkan mengoleksi setiap desain jaket lengkap. Sehingga mereka bisa memakai variasi yang berbeda kapanpun diinginkan. Mengingat setiap desain jaket punya karakter yang berbeda-beda. Sehingga Anda yang ingin mengoleksi jaket, perlu untuk memahami beragam model jaket yang banyak dipakai di Indonesia ini.

 
 

Jaket Bomber

 
 
ilustrasi : Jaket Bomber
Ilustrasi : Jaket Bomber
 
 

Mengapa jaket ini dinamai seperti itu? Karena pada awalnya jaket ini dipakai oleh awak Angkatan Udara Amerika Serikat yang bertugas untuk meluncurkan bom. Dimana seiring berjalannya waktu, jaket ini menjadi salah satu style fashion andalan. Lalu terus meluas ke berbagai negara hingga akhirnya juga diminati oleh orang Indonesia.

Apalagi setelah para musisi hip hop dan penyanyi banyak memakainya saat tampil di era 1990an, membuat jaket ini semakin dikenal.

 

Anda bisa dengan mudah mengenali desain jaket satu ini dari beragam ciri berikut:

  • Panjang jaket hanya sampai di bagian atas pinggang atau pada garis biasanya orang mengenakan ikat pinggang

  • Panjang lengan juga biasanya dibuat dengan ukuran yang pas, sehingga bagian pergelangannya tepat di posisinya

  • Jenis kain yang dipakai biasanya dari bahan kain yang elastis

  • Umumnya jaket bomber dilengkapi dengan kantong di bagian perut kanan dan perut kiri

  • Desain jaket membuatnya terlihat agak menggembung sehingga pemakainya akan tampak sedikit gemuk.

  • Bagian depannya kebanyakan memakai resleting

 

Jaket ini biasanya dibuat dari bahan nilon, kulit atau wol. Jaket ini semakin banyak dikenal oleh orang Indonesia khususnya setelah Pak Jokowi terlihat sering mengenakannya.

 
 

Jaket Parka

 
 
Ilustrasi Jaket Parka
Ilustrasi Jaket Parka
 
 
 

Ini adalah desain jaket berikutnya yang juga banyak dipakai di Indonesia. Meskipun sebenarnya asal muasal model jaket ini dari daerah yang sangat jauh, yaitu Eskimo. Orang-orang Inuit di daerah tersebut dulunya banyak memakai jaket jenis ini untuk melindungi tubuh mereka dari cuaca dingin yang ekstrim. Dengan hodie atau tudung kepala yang berbulu sehingga membuat bagian kepala juga tetap hangat.

 

Jaket ini semakin banyak dipakai terutama ketika menjadi tren di kalangan militer Amerika Serikat di era 1950an. Apalagi setelah di era berikutnya, Inggris mengolahnya dengan aneka siluet yang baru dan tampak mewah, membuat desain jaket parka semakin digemari.

 

Modelnya sangat mudah untuk dikenali karena mempunya ciri-ciri berikut ini:

  • Biasanya dibuat dari bahan yang tahan air, sehingga tak heran beberapa produsen jas hujan atau mantel juga menggunakan model jaket ini

  • Dilengkapi hodie tanpa bukaan bagian depan

  • Beberapa model parka juga dilengkapi dengan drawstring di bagian pinggang dan juga manset

  • Berbeda dengan jaket bomber, parka biasanya dibuat dengan ukuran yang lebih panjang, hingga paha atau bahkan beberapa membuatnya hingga selutut

  • Di daerah yang memiliki musim dingin, biasanya jaket ini dibuat dengan hodie yang dilapisi bulu sehingga membuat pemakainya benar-benar hangat

  • Jaket ini biasanya juga dilengkapi dengan beberapa kantong di bagian perut kiri, perut kanan dan beberapa juga pada dada kiri.

 
 

Jaket Denim

 
 
Jaket Denim

Ilustrasi Jaket Denim

 
 

Desain jaket ini pasti tak asing lagi untuk orang Indonesia dan termasuk model jaket yang tak lekang oleh waktu. Meskipun sudah lama muncul, namun jaket ini tak pernah ketinggalan jaman. Bahkan beberapa menyebut bahwa ini adalah andalan abadi untuk para pria tampil lebih keren. Walaupun sebenarnya jaket ini juga cocok dan bagus digunakan oleh kalangan wanita.

 

Model keren jaket ini terwujud dari beragam ciri berikut:

  • Potongan jaket umumnya lurus, tapi sebagian juga ada yang dibuat mengikuti bentuk tubuh

  • Mirip dengan jaket bomber, panjang jaket ini dibuat hingga bagian pinggang. Sehingga beberapa orang yang menginginkan ukuran lebih panjang biasanya memakai jaket dengan ukuran lebih besar.

  • Umumnya orang-orang membeli model jaket ini dengan ukuran yang pas dengan tubuhnya

  • Jaket ini termasuk yang multifungsi dan cocok untuk dipakai di iklim tropis seperti Indonesia. Karena bahannya tidak terlalu gerah saat dipakai di musim panas dan sebaliknya cukup hangat ketika dipakai di musim dingin

 

Jaket ini biasanya dipakai untuk suasana kasual, karena dibuat dari bahan yang sama dengan celana jins. Kami Mitra Mulia Menyediakan Bahan Jeans / Denim 7oz atau 14oz. Bisa menghubungi kami di wa 081703812160

 
 

Jaket Windbreaker

 
 
Jaket Parasut
 
 

Seperti namanya, jaket ini memang sangat cocok untuk dipakai di cuaca dingin yang ekstrim dan berangin. Karena jaket ini memang benar-benar mampu membuat pemakainya merasa hangat. Tak heran jika jaket ini banyak dipakai oleh orang-orang di daerah yang berhawa dingin atau oleh para pengendara motor yang banyak diterpa angin.

 

Desain jaket ini mampu untuk benar-benar menjaga kehangatan tubuh karena desainnya yang seperti ini:

  • Terdapat karet pada bagian pinggang dan pergelangan tangan, sehingga membuatnya menutup rapat melekat mengikuti bentuk tubuh.

  • Sekilas jaket ini memang mirip dengan jaket bomber, karena secara ukuran dibuat sepinggang dengan panjang lengan yang pas. Namun karet pada pinggang model jaket ini menjadi ciri khas yang membuatnya berbeda.

  • Selain itu desain jaket ini juga biasanya dilengkapi dengan kerah pada bagian leher. Sehingga tidak selalu dilengkapi dengan hodie.

Kami Mitra Mulia Menyediakan Bahan Parasut Mikro tipis cocok untuk jaket bomber . Bisa menghubungi kami di wa 081703812160

 
 

Detail Desain Jaket

 

Bagi Anda yang ingin membuat jaket mungkin akan bertanya-tanya tentang bagaimana sebenarnya standar desain sebuah jaket. Bagian apa saja yang perlu diperhatikan supaya jaket itu nantinya selain berfungsi dengan baik tapi juga menunjang penampilan. Jadi inilah beberapa detail desain jaket yang umumnya dipakai di Indonesia:

 

1. Kerah

 

 
Kerah
 
 

Seperti halnya bagian kerah pada pakaian atau kemeja, kerah pada jaket juga dibuat untuk melindungi leher dari cuaca, baik itu dingin maupun panas. Untuk jaket yang banyak dipakai di Indonesia, ada beberapa jenis kerah yang umum digunakan seperti kerah shanghai, jas, shiller dan berdiri.

 

2. Lengan

 
 
Lengan
 
 

Tentu saja bagian ini dibuat untuk menutupi lengan pemakainya. Karena jaket selalu dibentuk dengan lengan panjang, sehingga bagian ini selalu panjang hingga pergelangan tangan. Untuk beberapa jaket yang banyak dipakai di Indonesia, lingkar lengannya ada yang menggunakan boor, ada yang polos, menggunakan velcro maupun resleting.

 

3. Rib atau Boor

 

 
Rib atau Boor
 
 

Bagian ini adalah bagian karet yang elastis, yang sebelumnya dijelaskan ada pada pergelangan jaket bomber dan windbreaker. Selain menjadi aksesoris, bagian ini juga menjadi ciri khas beberapa desain jaket, seperti windbreaker misalnya. Umumnya dibuat dari bahan katun, polyester, atau rib.

Bagian ini juga kadang bisa ditemukan pada model jaket varsity, harrington, sport dan sukajan.

 

4. Velcro

 

Beberapa jenis jaket lain yang tidak menggunakan rib atau boor, kadang menggunakan velcro. misalnya untuk bagian pergelangan tangan. Dengan begitu pemakainya bisa membuat bagian pergelangan tangan lebih rapat. Sehingga selain lebih nyaman, hal itu juga mencegah angin untuk masuk ke bagian lengan.

Velcro banyak dibuat pada detail desain jaket respire atau jaket motor. Selain pada pergelangan tangan, velcro juga sering dibuat pada bagian leher dan pinggang.

Kami Mitra Mulia Menyediakan Bahan Rib/Boor. Bisa menghubungi kami di wa 081703812160

 

 

5. Saku/kantong

 

Ini jadi salah satu bagian jaket yang penting dan beberapa lainnya bahkan menjadi ciri khas. Misalnya seperti jaket parka yang umumnya dilengkapi lebih banyak kantong dibanding jaket lainnya.

 

6. Hodie

 
 
Ilustrasi : Hoodie
Ilustrasi : Hoodie
 
 

Adalah istilah yang dipakai untuk menyebut bagian tudung kepala. Sebagian besar desain jaket dilengkapi dengan bagian ini. Ada beberapa diantaranya yang membuat desain dengan tudung yang bisa dilepas pasang sesuai selera. Kami Mitra Mulia Menyediakan Bahan Fleece PE untuk Hoodie. Bisa menghubungi kami di wa 081703812160

 

7. Resleting/kancing

 
 
Ilustrasi : Resleting
Ilustrasi : Resleting
 
 

Ini adalah detail desain jaket yang tak mungkin terlewatkan. Karena resleting atau kancing yang dipakai untuk menutup rapat jaket. Biasanya jaket dibuat dengan salah satu antara resleting atau kancing. Tapi juga ada beberapa jenis jaket yang menggunakan keduanya sehingga lebih rapat ketika ditutup.

 

Setelah memahami model-model dan detail desain jaket, Anda mendapatkan gambaran tentang bagaimana jaket bisa dibuat dan apa fungsi dari setiap fiturnya. Sehingga jaket tersebut bisa benar-benar berfungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca sekaligus juga menunjang penampilan dalam beragam suasana. Semoga bermanfaat!

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 80
  • 2424 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article