Alasan Baju Anak Berukuran Kecil Tapi Mahal | Toko Kain Surabaya

Windy 17 Nov at 8:05
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Alasan Baju Anak Berukuran Kecil Tapi Mahal

 

Pakaian anak-anak sangat banyak sekali modelnya, bahkan terkadang membuat orang tua bingung saat memilih karena semuanya terlihat lucu dan menggemaskan. Persepsi orang awam pada umumnya menilai baju yang memiliki ukuran lebih kecil dari pakaian dewasa maka akan harganya akan lebih murah juga, tetapi pada kenyataannya harganya malah lebih mahal baju anak jika dibandingkan dengan baju dewasa. 

 

Alasan Baju Anak Berukuran Kecil Tapi Mahal

 

Jika Anda masih penasaran boleh saja sekedar iseng untuk mengecek harga di counter mall bagian baju anak dijamin Anda akan terkejut dibuatnya. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan baju anak lebih mahal dari baju dewasa.

 

Biaya Produksi

Walaupun baju anak berukuran lebih kecil dibandingkan baju dewasa tetapi biaya produksinya sama saja karna terdiri dari biaya gaji buruh, gaji tenaga distribusi, hingga sampai di toko yang membutuhkan biaya sewa, listrik dan juga gaji karyawannya. 

Sehingga wajar saja jika harganya lebih mahal walaupun hanya memakai sekitar 30 persen saja ukuran kainnya dibandingkan baju dewasa tetapi proses produksi baju di atas tidak bisa dihindarkan jadi untuk menutupi keperluan biaya produksi tersebut membuat baju anak lebih mahal.

 

Detailnya Proses Produksi

 

Alasan Baju Anak Berukuran Kecil Tapi Mahal

 

Pembuatan baju anak sangat rumit dan detail pada proses produksinya tidak mudah jika dibandingkan dengan baju dewasa. Berbagai tingkah dan polah anak-anak yang aktif juga menjadikan pertimbangan agar desain baju akan aman jika dipakai anak.  

Selain itu baju anak juga identik dengan berbagai motif seperti kartun atau superhero yang dibuat dengan bordir, sablon maupun printing pada kain sehingga akan membuat desainnya semakin menarik minat pembeli.

 

Bahan Kain yang Digunakan Lebih Nyaman

Anak-anak memang lebih sensitif terutama jika pakaian yang digunakan terasa tidak nyaman pasti akan mudah rewel, tak seperti orang dewasa yang lebih mudah beradaptasi dengan berbagai jenis bahan pakaian, begitu pula pabrik pakaian dewasa lebih bervariasi dalam menggunakan berbagai jenis kain.

 

Alasan Baju Anak Berukuran Kecil Tapi Mahal

 

 Sehingga pemilihan jenis kain pada pakaian anak akan sangat memprioritaskan kenyamanan saat digunakan oleh anak. Tentu saja rasa nyaman pada baju anak didapatkan dari bahan kain yang berkualitas tinggi, sehingga harganya juga pasti jauh lebih mahal dari kain kualitas biasa.

 

Baju Dibuat Secara Manual 

Tak banyak yang tahu ternyata baju anak dibuat manual dengan tenaga manusia tanpa mesin otomatis sehingga bisa meningkatkan biaya produksi yang berakhir dengan harga baju anak yang lebih mahal. Proses manual tersebut dikarenakan belum adanya mesin yang canggih yang bisa memproduksi baju anak dengan hasil yang rapi terkhusus pada celana anak. 

Meskipun proses menjahit dan bordir motif bisa menggunakan mesin jahit manual tapi untuk membuat pola awal dari gulungan kain yang utuh masih memerlukan ketrampilan  tangan manusia secara manual. Banyaknya rangkaian proses yang melibatkan tenaga manusia inilah yang membuat biaya produksi semakin mahal sehingga harga jual pakaian anak pun menjadi semakin tinggi.

 

Permintaan Pasar Jauh Lebih Tinggi Dibanding Jumlah yang Diproduksi

 

Alasan Baju Anak Berukuran Kecil Tapi Mahal

Ketimpangan pada jumlah pakaian yang diproduksi dengan permintaan dari pasar juga menjadi salah satu faktor yang mendukung harga pakaian anak menjadi lebih mahal, keterbatasan produsen pakaian anak yang menjadi penyebabnya. 

Sehingga pakaian yang tersedia di toko belum bisa mencukupi kebutuhan untuk konsumen. Selain itu juga dapat terlihat jelas dengan jumlah toko baju anak jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah toko baju dewasa. Hal itulah yang membentuk peluang untuk menaikkan harga oleh para pedagang baju anak.

 

Pola Pikir Orang Tua yang Ingin Memberikan Terbaik untuk Anak

 

Alasan Baju Anak Berukuran Kecil Tapi Mahal

 

Orang tua mana pun pasti selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Persepsi itulah yang juga mempengaruhi mahalnya pakaian anak, karena jika anak sudah suka dengan sesuatu pasti orang tuanya juga akan berusaha untuk memberikannya. 

Apalagi ada momen-momen tertentu seperti  perayaan ulang tahun, serta lebaran Idul fitri yang identik dengan baju baru. Hal tersebut pula yang menjadi peluang pasar untuk meninggikan harga pakaian anak.

Enam faktor di atas merupakan berbagai alasan yang membuat pakaian anak menjadi lebih mahal dari pada pakaian dewasa. Ternyata proses produksi pakaian anak  juga tidak sesederhana pada pabrik pakaian dewasa. Bahkan juga melibatkan banyak ketrampilan tenaga manusia secara manual dalam produksinya sedangkan pada pabrik pakaian dewasa sudah dipenuhi dengan mesin canggih yang otomatis sehingga jumlah tenaga kerjanya pun juga akan lebih sedikit. 

Selain itu bahan yang dibuat sebagai pakaian anak juga merupakan barang berkualitas tidak seperti pakaian dewasa yang lebih beragam dalam pemakaian kualitas bahan. Jadi sudah sewajarnya jika pakaian anak akan lebih mahal dibandingkan dengan pakaian dewasa karna banyak faktor yang mendukungnya.

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 3
  • 88 views


Recent Post


Related Article