Tips Menjahit Bahan Kulit Supaya Hasilnya Menawan | Toko Kain Surabaya

Windy 9 Nov at 8:04
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Menjahit Bahan Kulit Supaya Hasilnya Menawan

 

Banyak produk fashion yang dibuat dari bahan kulit. Mulai dari pakaian hingga aksesoris, seperti sepatu, dompet, gantungan kunci, kotak tisu. Selain untuk fashion, bahan kulit juga dipakai sebagai bahan sofa, yang lebih sering kita sebut oscar. Bahan kulit dihargai lebih mahal karena nilainya yang lebih berharga. Sebenarnya bahan kulit ada dua jenis, dari kulit alami dan kulit sintesis. Bahan kulit alami jelas lebih mahal harganya. Banyak orang akhirnya mengganti dengan kulit sintesis untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Meski demikian, bahan kulit sintesis masih sangat dihargai dan disukai. 

 

Tips Menjahit Bahan Kulit Supaya Hasilnya Menawan

 

Alasan bahan kulit perlu diperlakukan secara khusus 

Menjahit bahan kulit membutuhkan perlakukan khusus yang tidak bisa disamakan dengan kain biasa. Hal tersebut karena bahan kulit memiliki spesifikasi dan kriteria bahan yang sangat berbeda. Apa saja? Mari kita simak uraian berikut ini. 

 

  1. Bahan kulit yang sudah dilubangi jarum, tetap akan berlubang

Permukaan bahan kulit mudah membekas, apalagi bila itu adalah sebuah lubang bekas jarum. Permukaannya tidak dapat kembali semula. Karena itulah, ketika menjahit bahan kulit, harus berhati-hari agar tidak terjadi kesalahan menjahit, karena bila salah, jahitan yang dibatalkan akan meninggalkan bekas. 

 

  1. Lebih tebal dari kain biasa

Bahan kulit memiliki ketebalan berkali lipat dari bahan kain biasa. Karena itu butuh cara menjahit yang berbeda. Jarum yang dipakai harus lebih besar agar kuat menjangkau ketebalan kulit dan harus lebih tajam karena biasanya lebih keras dibanding kain biasa. 

 

Tips Menjahit Bahan Kulit Supaya Hasilnya Menawan

 

  1. Permukaannya lebih licin dan bertekstur 

Menjahit bahan yang licin tentu membutuhkan cara yang berbeda dibandingkan kain biasa. Bila perlakuannya disamakan, hasil jahitan kain yang licin akan berantakan dan tidak lurus. 

 

  1. Harganya mahal jadi perlu ekstra hati-hari saat menjahit bahan kulit 

Baik itu kulit asli atau sintetis, keduanya tetap lebih mahal dibandingkan kain biasa. Karena harganya yang mahal ini, maka hasil produknya harus sempurna. 

 

Tips Menjahit Bahan Kulit

Untuk kita yang baru pertama kali menjahit bahan kulit, ada beberapa rambu yang penting diperhatikan agar hasil jahitan tidak mengecewakan. 

  1. Gunakan sepatu mesin jahit dari bahan non logam, agar ketika menjahit bahan kulit tidak menempel di sepatu 

Sepatu jarum mesin jahit biasanya dibuat dari logam. Bahan kulit mudah menempel pada bahan logam sehingga ini dapat menyulitkan saat proses menjahit. Jahitan jadi kacau karena bahan kulitnya bergerak-gerak karena menempel ke sepatu logamnya. Sebaiknya gantilah sepatu jarum menjadi bahan non logam seperti plastik, agar bahan kulit tidak ikut menempel. 

 

Tips Menjahit Bahan Kulit Supaya Hasilnya Menawan

 

  1. Jangan memakai jarum pentul untuk menandai lokasi yang akan dijahit

Apapun jenis jarumnya, tetap akan meninggalkan bekas pada permukaan bahan kulit. Salah satu yang rentan meninggalkan bekas adalah penggunaan jarum pentul untuk menandai tempat-tempat yang akan dijahit. Nah, sebaiknya penggunaan jarum pentul ini diganti dengan lainnya agar tidak meninggalkan bekasan lubang di permukaan kulit. 

 

  1. Pakailah setrika dingin untuk menindih dan merapikan sebelum menjahit bahan kulit

Tidak jarang bahan kulit masih sedikit kusut, oleh karena itu sebaiknya pastikan bahan kulit siap dan bebas kusut. Bila kain biasa bisa kita setrika pada suhu yang panas, maka bila bahan kulit ini kita tidak bisa memakai setrika panas sebab kulit sensitif pada panas. Solusinya adalah menggunakan setrika dalam posisi mati untuk menyetrika bahan kulit. Tekan-tekan saja dan ratakan permukaan kulit hingga lebih rapi. 

 

  1. Memakai penjepit saat menjahit bahan kulit 

Bahan kulit memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Bila bahannya tipis, rawan licin. Bila bahannya tebal, maka tetap harus dipastikan posisinya tidak bergeser-geser pada saat dijahit. Untuk memastikan bahan kulit tetap di tempatnya pada saat dijahit, kita bisa menggunakan penjepit yang tebal dan kuat sehingga bahan tidak bergeser dan tidak meninggalkan bekas. 

 

  1. Aturlah setikan benang, lebih panjang dan lebih pendek tergantung kebutuhan jahitan 

Jarak jahitan dan panjang pendeknya benang dapat mempengaruhi kekuatan jahitan sekaligus dari segi estetika produk bahan kulit. Kita bisa mengatur keduanya sesuai kebutuhan. Bila jahitan tersebut berfungsi sebagai jahitan utama yang menyokong produk, maka sebaiknya diatur jahitan dengan jarak yang rapat agar lebih kuat. Sedangkan untuk setikan panjang lebih cocok diaplikasikan sebagai jahitan kamuflase yang fungsinya adalah estetika. 

 

  1. Cuci bersih dan pastikan bahan kulit benar-benar kering sebelum mulai menjahit

Tips terakhir tidak boleh dilewatkan, yaitu memastikan bahan kulit dalam keadaan bersih dan kering, terutama saat menggunakan kulit asli. Proses pembersihan dan pengeringannya lebih rumit dan sulit, karena benar-benar harus memastikannya bersih. Bahan kulit sintetis cenderung lebih simpel proses pembersihan dan pengeringannya, dapat dibilas air dan diangin-anginkan, bila perlu boleh dijemur namun pastikan tidak terlalu lama di bawah sinar matahari secara langsung. 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 3
  • 141 views


Recent Post


Related Article