Inilah Alasan Kalau Batik itu Keren untuk Setelan Kerja | Toko Kain Surabaya

Administrator 16 Dec 2020 at 22:23
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inilah Alasan Kalau Batik itu Keren untuk Setelan Kerja

 

Bukan hal yang baru, bahwa penampilan menjadi salah satu poin penting untuk beberapa bidang pekerjaan. Hal itu menjadi norma tersendiri, dianggap bahwa mereka yang tampil lebih rapi dan sopan memiliki etika kerja yang lebih bagus. Sebutlah seperti para pekerja kantoran yang setiap hari memakai kemeja rapi, atau pengacara, atau pengajar di institusi pendidikan. Apa yang mereka kenakan menjadi hal yang penting sebelum membahas lebih lanjut tentang pekerjaan.

Untuk persoalan pakaian, baju batik menjadi salah satu alternatif favorit bagi pekerja Indonesia. Mulai dari muda hingga tua, baik pria maupun wanita. Anda bisa dengan mudah menemukannya, terutama untuk pekerja dengan setelan formal atau semiformal. Tak mengherankan sebenarnya, karena memang batik adalah setelan yang keren dan layak untuk dipakai bekerja sehari-hari.

 

Anda tahu kenapa? Ini dia jawabannya!

 

Warisan Budaya Indonesia

Sebenarnya sejak tahun 2009, Batik bukan lagi hanya menjadi warisan budaya Indonesia, karena per tanggal 9 Oktober, UNESCO telah meresmikan batik sebagai salah satu warisan budaya dunia. Mungkin tak banyak orang Indonesia yang tahu hal ini, tapi bagi siapapun pasti ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Ketika batik bukan hanya diakui dan diapresiasi oleh kita sebagai warga Indonesia, tapi juga telah diakui oleh dunia.

Mungkin terdengar klasik, tapi sebagaimana warisan seharusnya disikapi, seharusnya kita menjaga dan menggunakannya dengan baik. Tak harus menjadi seorang pengrajin batik yang lihai menggambar, kita pun turut melestarikan ketika membeli dan kemudian mengenakannya. Karena itu artinya kita telah ikut mendukung “tetap hidupnya” salah satu harta negara ini.

 

 
Ibu Membatik tulis

Ibu Membatik tulis

 

 

Tak mengherankan jika instansi pemerintahan sampai mewajibkan hari tertentu kepada para karyawannya untuk mengenakan batik. Para guru PNS bisa kita lihat mengenakan seragam batik pada hari-hari tertentu. Pegawai BUMN pun juga sesekali terlihat mengenakan seragam batik saat ke kantor. Kita pun bisa ikut serta melestarikan batik seperti mereka, tanpa harus ikut menjadi PNS atau pegawai BUMN, hanya dengan menggunakannya sebagai setelan kerja sehari-hari.

 

Motif Batik Tak Pernah Membosankan

 

Hal hebat berikutnya dari baju batik adalah, Anda tak akan pernah bosan! Meski Anda bahkan setiap harinya harus mengenakan batik ke kantor.

 

Mengapa bisa begitu?

Karena Bandung Fe Institute dan Sobat Budaya berhasil mendapatkan data bahwa di Indonesia ada sekitar 5.894 motif batik. Itupun adalah motif yang berhasil terdokumentasikan, yang sangat mungkin masih ada motif-motif diluar sana yang belum terdokumentasikan.

 

Model menggunakan setelan batik

Model menggunakan setelan batik

 
 

Bayangkan saja! Jika saja Anda adalah orang kaya yang bisa membeli setiap motif batik itu, Anda bisa mengenakan motif yang berbeda setiap harinya (tanpa mengulang motif yang sama), selama 16 tahun! Luar biasa bukan?

Itupun Anda masih bisa bermain dengan beragam warna. Karena batik tak melulu perpaduan cokelat, hitam dan kuning. Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan batik bahkan dengan perpaduan warna yang kontras seperti kuning dan ungu. Anda bisa mendapatkan baju batik dengan motif dan warna yang berbeda untuk seumur hidup Anda! Itupun belum termasuk dengan variasi desain baju batik yang saat ini semakin beragam dan inovatif. Kain batik tak melulu dibuat menjadi kemeja, tapi juga bisa kita lihat dijahit menjadi tunik hingga dress yang anggun untuk para kaum hawa.

Dengan semua variasi itu, Anda bukan hanya mendapatkan setelan kerja yang berkualitas. Tapi Anda juga tak akan pernah merasa bosan karena ada sekali banyak pilihan motif dan warna yang tersedia. Dari harga yang ekonomis hingga harga kain batik yang premium dan nyaman dipakai. Hebat bukan?

 

Cocok untuk Seragam Formal dan Non formal

 

Satu lagi hal menarik dari batik adalah bisa dipakai untuk suasana formal maupun nonformal. Anda bisa mengenakan kemeja batik untuk acara formal, tapi setelan itu juga tidak terlalu kaku untuk suasana semiformal. Punya setelan kerja yang multifungsi seperti itu bukan hanya lebih praktis tapi juga tentu saja ekonomis!

Itu artinya ketika Anda memiliki setelan batik, tak akan menganggur sia-sia. Karena Anda bisa memakainya untuk bekerja, mengikuti acara formal/semiformal, datang ke pesta seperti kondangan atau pesta lainnya, dan lain-lain. Apalagi jika memiliki setelan batik dengan kain yang berkualitas seperti produk-produk Maxistyle. Mereka bahkan punya beberapa seri kain batik dengan beragam warna yang menarik berikut:

 

1. Gayatri

GAYATRI adalah produk batik Maxistyle yang berbahan dasar 100% katun berkualitas dengan sentuhan sutra. Sebuah produk khusus untuk Anda yang menghargai arti dari sebuah nilai dan gaya. Motif-motif sederhana bernuansa modern membuat GAYATRI tampil berbeda dari batik pada umumnya. GAYATRI adalah pilihan cerdas untuk kebutuhan akan kain batik yang terjangkau dan handal dalam kualitas.

 

 
Model menggunakan batik gayatri

Model menggunakan batik gayatri ( sumber dari : www.maxistyle.com )

 

2. Pranaya

Sedangkan untuk produk Maxistyle yang satu ini menggunakan bahan dasar 100% katun halus dan Microfiber dengan sensasi sutra, PRANAYA menyajikan kualitas kain batik yang sangat baik dengan harga yang pantas. Motif-motif kontemporer pilihan dengan sentuhan detail tradisional merupakan ciri khas koleksi batik PRANAYA.

 

                                                           sumber dari : www.maxistyle.com

 
 

3. Artistik

Artistik adalah produk Maxistyle yang berasal dari perpaduan kreatifitas dan keterampilan tangan anak bangsa sehingga melahirkan suatu karya seni bernilai tinggi. ARTISTIK, “The Art for Fashionistas”, hadir secara eksklusif untuk penggemar fashion yang berkelas. Hanya menggunakan bahan dasar katun khusus 50’s yang halus serta proses perwarnaan “handmade” dalam 7 tahapan terintregrasi yang ramah lingkungan. Sehingga hal itu menjadikan ARTISTIK sebagai sebuah karya seni batik eksklusif tanpa tandingan.

 

Model menggunakan batik Artistik

Model menggunakan batik Artistik ( sumber dari : www.maxistyle.com )

 

 

Mereka yang sangat memperhatikan penampilan untuk bekerja pastinya tak akan melewatkan mahakarya satu ini. Karena faktanya batik bukan hanya cantik, filosofis dan mengagumkan, tapi juga sangat fungsional dalam fleksibilitasnya. Batik bisa benar-benar mendukung penampilan Anda dalam beragam jenis acara. Itulah mengapa baju batik adalah setelan kerja yang keren. Karena ia mampu memberikan banyak benefit yang tak bisa diberikan oleh jenis baju lainnya.

Jadi, masih ragu memakai batik?

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 45
  • 2127 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article