Kemenperin Menyediakan 9000 Sertifikat TKDN Gratis | Toko Kain Surabaya

Windy 22 Sept at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kemenperin Menyediakan 9000 Sertifikat TKDN Gratis

 

 

Tahun 2021 lalu, kementrian perindustrian mengumumkan program TKDN gratis yang dapat dinikmati oleh seluruh pelaku usaha di Indonesia. Mulai dari pelaku usaha mikro hingga perusahaan besar multinasional yang berbisnis di Indonesia, dapat mengajukan sertifikat TKDN ini secara gratis kepada lembaga yang ditunjuk oleh kemenperin. Jumlah pengajuan sertifikat TKDN gratis yang akan dilayani mencapai 9000 sertifikat. Hal ini dapat menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam mendobrak daya saing industri dalam negeri. Namun masalahnya, masih banyak pelaku bisnis yang belum paham apa saja syarat untuk mendapatkan sertifikat TKDN. Sehingga dalam kesempatan ini akan kita bahas bersama mulai dari pengertian sertifikat TKDN hingga syarat-syaratnya. 

 

Kemenperin Menyediakan 9000 Sertifikat TKDN Gratis

 

Apa itu TKDN?

Setiap produk baik barang atau jasa yang diperjualbelikan dapat dibedakan menjadi produk dalam negeri dan luar negeri. Ada kalanya kandungan produk tidak sepenuhnya dalam negeri atau luar negeri, tetapi pencampuran keduanya. Untuk mengetahui seberapa besar kandungan dalam negeri dalam suatu produk, maka dibuatlah sertifikat TKDN. Melalui sertifikat TKDN kita dapat mengetahui tingkat kandungan dalam negeri. Nilainya berupa prosentase antara kandungan dalam negeri dan luar negeri. Bila nilai TKDN semakin tinggi, itu berarti kandungan dalam negeri dari produk tersebut semakin tinggi, begitu pula sebaliknya. 

Sertifikat TKDN ini memberikan banyak manfaat untuk pelaku usaha dalam memasarkan produknya di Indonesia. Salah satunya adalah memudahkan produk dengan nilai TKDN tinggi untuk dibeli oleh instansi pemerintah dan belanja negara. Hal tersebut karena sertifikat TKDN bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk dalam negeri, dengan memprioritaskannya dalam belanja keperluan negara. 

 

Ini syarat mendapatkan TKDN 

TKDN menawarkan segudang keuntungan untuk berbisnis di Indonesia. Produk dengan TKDN tinggi mendapatkan peluang yang lebih besar dibandingkan produk dengan skor TKDN rendah apalagi dengan barang impor 100%. Sebagai catatan bahwa nilai minimal kandungan produk dalam negeri yang dapat memperoleh sertifikat TKDN adalah 25%. Jika skornya di bawah 25% maka perusahaan dapat mengusahakan peningkatan skornyaa melalui poin-poin yang dapat menambah nilai TKDN. Berikut ini adalah syarat mendapatkan sertifikat TKDN.  

 

Kemenperin Menyediakan 9000 Sertifikat TKDN Gratis

 

  1. Berinvestasi di Indonesia

Apakah perusahaan memiliki nilai investasi di Indonesia juga memberikan sumbangan untuk nilai TKDN. Apabila suatu perusahaan luar negeri yang seluruh produknya diimpor dan karyawannya juga warga negara asing, produk dari perusahaan tersebut masih berpeluang mendapatkan nilai TKDN apabila memiliki investasi di Indonesia. Nilai investasinya juga akan menentukan skor TKDNnya. Investasi tersebut dapat berupa kepemilikan lahan, pabrik, modal saham di perusahaan Indonesia, membayar pajak kepada pemerintah Indonesia dan sebagainya. Apabila perusahaannya didirikan oleh orang Indonesia sendiri, mendirikan pabrik di Indonesia, memperkejakan karyawan orang Indonesia, maka nilai TKDNnya akan tinggi. 

 

Kemenperin Menyediakan 9000 Sertifikat TKDN Gratis

 

  1. Berlokasi di Indonesia

Lokasi perusahaan dapat dimana saja untuk memasarkan produknya ke masyarakat Indonesia. Perusahaan dan pabrik produksinya mungkin berada di China, Amerika atau juga di kota-kota di Indonesia. Lokasi perusahaan dan pabrik produksinya ini juga memiliki andil dalam menentukan nilai TKDN produk. Lokasi perusahaan atau pabrik yang berada di Indonesia dapat memperoleh nilai TKDN lebih tinggi dibanding yang berlokasi di luar negeri. Syarat ini akan mendorong perusahaan untuk membangun pabriknya di Indonesia agar mendapatkan nilai TKDN yang tinggi. Nilai TKDN yang tinggi dapat membuka peluang pasar yang lebih baik. 

 

Kemenperin Menyediakan 9000 Sertifikat TKDN Gratis

 

  1. Berproduksi di Indonesia 

Selain investasi dan lokasi perusahaan yang berada di Indonesia, tempat produksinya pun mempengaruhi skor TKDN. Produk yang diproduksi di dalam negeri akan mendapatkan nilai TKDN yang lebih tinggi dibanding yang didatangkan jadi dari luar negeri. Produksi ini bisa dimulai dari bahan mentah atau dari setengah jadi, asalkan ada proses yang dikerjakan di dalam negeri. Bila seluruhnya diproses di luar negeri, maka TKDN akan rendah karena tergolong impor. Produksi di Indonesia ini juga dapat didetailkan lagi berdasarkan bahan baku, tenaga kerja dan fasilitas pabrik tempat produksi. 

 

  1. Bahan baku yang seluruhnya diambil dari hasil alam Indonesia akan mendapatkan nilai TKDN yang tinggi. Hal ini dapat memudahkan mendapatkan sertifikat TKDN dengan nilai di atas 25%. 

 

Kemenperin Menyediakan 9000 Sertifikat TKDN Gratis

 

  1. Tenaga kerja dalam negeri dan luar negeri akan mempengaruhi prosentase TKDN. Apabila ada WNA yang bekerja di Indonesia, namun memiliki visa indonesia dan membayar pajak ke Indonesia, hal tersebut dapat menambah nilai TKDN produk anda. Namun karyawan asli Indonesia lebih menguntungkan untuk nilai TKDN yang lebih tinggi. 

  2. Alat-alat produksi yang digunakan di perusahaan pun dapat didatangkan dari luar negeri maupun diproduksi sendiri di dalam negeri. Hal ini juga akan mempengaruhi prosentase nilai TKDN produk Anda. 

 

Semua variabel tersebut mempengaruhi skor TKDN produk anda untuk mendapatkan nilai minimal 25%. Perhitungan skor TKDN ini dilihat dari value setiap variabel dan diperbandingkan dengan total value produk dan perusahaan. 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 3
  • 333 views


Recent Post


Related Article