9 Kota Terbaik untuk Mencari Supplier Kain Batik | Toko Kain Surabaya

Windy 28 Sept at 8:04
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

9 Kota Terbaik untuk Mencari Supplier Kain Batik

 

Untuk memulai bisnis yang memakai kain batik sebagai bahan baku, kita butuh menemukan supplier kain batik yang tepat. Menemukan supplier yang tepat berdampak ke banyak hal dalam bisnis, yaitu pada kualitas produk dan harga jual. Untuk menentukan supplier yang tepat, kita butuh melakukan riset ke beberapa supplier. Bila Anda sedang mencari supplier kain batik, berikut ini adalah 9 kota penghasil batik terbaik di Indonesia. 

 

Yogyakarta 

 

Toko Batik Yogyakarta

 

Bila kita mencari supplier kain batik dengan kualitas baik dan motif-motif keratonan yang sangat detail, maka batik Yogyakarta adalah jawabannya. Banyak pengrajin batik di Yogyakarta dan beberapa pasar khusus batik yang berdiri. Di Yogyakarta, kita dapat menemukan batik-batik dengan warna bernuansa natural seperti coklat, hitam, nila, putih dan krem. 

Motif yang seringkali dipakai dalam kerajinan batik Yogyakarta adalah motif bunga dan burung. Salah satu yang menjadikan batik Yogyakarta istimewa adalah motifnya yang dibuat dengan sangat detail dan simetris antara sisi kanan dan kirinya. Yogyakarta dapat menjadi alternatif supplier kain batik untuk produksi pakaian resmi seperti kemeja yang digunakan khusus untuk menghadiri acara-acara formal. 

 

Solo

 

Kampung Batik Lawe Yan

 

Solo terkenal dengan Kampung Batik Laweyannya dimana semua pengrajin batik Solo berkumpul dalam satu wilayah. Bila kita ingin berburu batik dan mencari supplier terbaik, kita dapat mengunjungi desa Laweyan ini. 

Batik Solo memiliki banyak variasi motif yang setiap motifnya bermakna. Motif simulyo yaitu kebahagiaan. Sido dadi yang menyimbolkan kemakmuran. Sementara cinta disimbolkan dengan asmorodono. 

 

Cirebon 

 

Toko Batik Cirebon

 

Berangkat dari sejarah Cirebon yang pernah disinggahi oleh para pedagang China dalam waktu yang lama, dan bagaimana islam juga mewarnai budaya di sana, kedua pencampuran budaya yang terjadi tersebut tertuang ke dalam motif batik khas Cirebon. Motif-motif China seperti naga, harimau, dan singa, banyak menghiasi batik Cirebon. 

 

Madura 

 

Toko Batik Sinar Indah Madura

 

Selain motif-motif batik khas jawa tengah-an, ada satu lagi batik jawa timur yang cukup dikenal di pasar nasional, yaitu batik Madura. Di Madura, banyak penduduknya yang memproduksi batik sebagai karya seni dan dijual ke pasar nasional. Produksi yang dilakukan dalam jumlah banyak dapat menjadi peluang baik untuk menjadi supplier kain batik kita, karena harganya bisa lebih murah. Salah satu ciri khas batik Madura adalah perpaduan warna yang digunakan sangat berani. Warna-warna dasar yang pekat dan terang cenderung menjadi warna dasar yang banyak disukai dalam pembuatan batik Madura, seperti merah, hijau dan putih. 

 

Pekalongan 

 

Pasar Setono Pekalongan

 

Batik Pekalongan tidak boleh dilewatkan sebagai kota supplier kain batik terbaik di Indonesia. Dengan ciri khas batik Pekalongan yang sulit kita ditemukan di luar, batik Pekalongan dapat menjadi produk yang menjanjikan. Banyak orang bisa mengenali batik Pekalongan atau bukan dengan mudah. Batik Pekalongan memakai warna yang cerah dan motifnya banyak meresapi dari budaya Arab, China dan Belanda.

 

Minahasa 

 

Toko Batik Minahasa

 

Anda pun bisa mencoba mencari supplier kain batik yang anti mainstream dengan mengeksplorasi penghasil batik di luar Jawa. Adalah Minahasa yang memiliki motif khas batik yang cukup unik. Melalui eksplorasi batik dari Minahasa kita mendapatkan motif-motif yang lebih segar dan tidak biasa. Hal ini bisa menjadi daya tarik baru untuk memasarkan produk fashion nantinya. Beberapa motif batik Minahasa yang sering dibuat antara lain tonsea, tolour, borgo babontehu.

 

Bali 

 

Pasar Ubud Bali

 

Bali memiliki motif batik sendiri yang khas. Batik Bali telah dijual sebagai souvenir kepada para wisatawan asing dan domestik dengan harga yang mahal. Bila kita menginginkan batik yang premium dan mewakili entitas bangsa di luar negeri, maka batik Bali pantas menjadi salah satu alternatifnya. Motif batik Bali banyak mengambil dari jenis-jenis burung dan binatang di alam sekitarnya. Konsep yang diusung oleh batik Bali ini adalah kebebasan, sehingga gambar-gambarnya juga bebas dan tidak terikat oleh sesuatu. 

 

Bengkulu 

 

Pasar Batik Bengkulu

 

Bengkulu menjadi salah satu supplier kain batik yang cukup terkenal di Nusantara. Hal tersebut karena Bengkulu memiliki ciri khas batik yang unik dan khas. Salah satunya adalah motif batik besurek. Batik besurek tidak terlepas dari budaya Bengkulu yang religius sehingga tidak mengherankan bila motif batiknya pun ikut religius. Batik besurek terlihat seperti kaligrafi huruf hijaiyah. 

Selain batik besurek, Bengkulu juga memiliki motif batik khas lainnya seperti motif relung paku, bunga raflesia yang terkenal dan burung-burungan. Berbagai motif batik Bengkulu yang khas ini menjadikan kota ini sebagai rekomendasi supplier kain batik yang patut dipertimbangkan. 

 

Palembang 

 

Toko Batik Palembang

 

Sedikit berbeda dengan motif batik khas Bengkulu, Palembang memiliki motif batik yang lebih beragam namun tetap dalam rumpun tumbuhan dan hewan. Motif Palembang banyak dikembangkan dari tradisi dan budaya Jawa yang khas. Motif-motifnya meliputi lasem, sisik ikan, encim, kembang dan jepri. Motif-motif ini menjadi kekhasan tersendiri untuk batik Palembang sehingga tidak heran banyak pengusaha pakaian yang mencari supplier kain batik di kota batik tersebut.

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 2
  • 324 views


Recent Post


Related Article