Tips Menjahit Baju Sarimbit Batik Untuk Keluarga atau Seragam | Toko Kain Surabaya

Windy 9 Nov at 8:01
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Menjahit Baju Sarimbit Batik Untuk Keluarga atau Seragam

 

Baju sarimbit batik sedang naik daun akhir-akhir ini. Banyak sekali penawaran sarimbit batik yang sudah jadi di berbagai market place. Banyak pilihan model untuk laki-laki, perempuan dan anak-anak dengan berbagai jenis kain dan warna. Namun, sering kali baju sarimbit dibandrol dengan harga yang fantastis. Jangan khawatir karena kita bisa mencoba membuatnya sendiri dengan menyesuaikan budget yang dimiliki. Bagaimana langkah-langkahnya?

 

Tips Menjahit Baju Sarimbit Batik Untuk Keluarga atau Seragam

 

Persiapan sebelum menjahit baju sarimbit 

  1. Membuat alokasi anggaran untuk menjahit baju sarimbit

Persiapan yang pertama yaitu membuat alokasi anggaran. Berapa batas maksimal anggaran yang kita miliki untuk satu stel sarimbit keluarga. Pembuatan anggaran ini akan menjadi pijakan untuk pemilihan kain dan bahan-bahan lainnya. Jangan sampai belanja keperluan sarimbit melebihi budget yang telah ditetapkan. 

 

  1. Merancang model sarimbit yang diinginkan 

Kelebihan menjahit sendiri sarimbit untuk keluarga adalah kita bebas menentukan model sarimbitnya. Kita boleh mix and match model-model sarimbit yang ada sesuai kemauan kita. Boleh juga merancang semuanya sendiri dari nol. Yang perlu kita rancang adalah model baju untuk ibu, ayah dan anak.

 

Tips Menjahit Baju Sarimbit Batik Untuk Keluarga atau Seragam

 

  1. Mencari jenis dan motif batik yang cocok dan diinginkan 

Agar hasil sarimbit menjadi cantik, memilih motif batik adalah bagian terpenting dari proses ini. Banyak sekali motif batik nusantara yang semuanya cantik dan khas. Batik pun juga ada batik cap atau batik tulis dengan harga yang berbeda. Pada tahapan ini, kita perlu cermat memilih jenis batiknya dengan menyesuaikan budget dan kepantasan untuk sarimbit impian. 

 

  1. Pilih juga kain polos yang ingin dipadukan saat menjahit baju sarimbit batik

Mengombinasikan batik dengan kain polos dapat menjadi salah satu strategi menghemat kain batik, karena kain batik cukup mahal harganya. Mencampurnya dengan kain polos juga dapat mempercantik sarimbit batik kita. Kuncinya adalah bagaimana kita bisa mengkreasikannya sebagus mungkin. Pilihlah juga perpaduan warna yang cocok antara kain batik dengan kain polosnya. 

 

  1. Memilih penjahit terbaik yang dipercaya dan mendiskusikan desain yang diinginkan kepada penjahit 

Menyewa jasa penjahit profesional adalah pilihan terbaik untuk mewujudkan sarimbit impian keluarga. Carilah penjahit yang hasil jahitannya rapi dan potongan bajunya nyaman dipakai. Kita bisa mencari refrensi dari teman-teman terdekat yang memiliki pengalaman menjahitkan atau melalui media sosial. Sampaikanlah bagaimana desain sarimbit yang Anda inginkan dan konsultasikan dengan penjahit Anda agar hasilnya memuaskan.

 

Bila Anda ingin menjahit baju sarimbit batik sendiri, maka inilah sedikit tips yang dapat Anda coba.

  1. Carilah pola pakaian dengan ukuran universal untuk memudahkan Anda. Namun boleh juga Anda membuat pola custom sesuai desain dan ukuran sendiri 

Gambar pola dapat dikatakan sebagai pedoman kita untuk menjahit baju sarimbit batik. Pola digambar pada kertas tipis sebagai perwujudan ukuran dan desain pakaian sebelum kita aplikasikan dengan kain yang sebenarnya. Selain dari ukuran pakaian, pola jahitan inilah yang menentukan apakah pakaian nyaman dipakai ataukah tidak, karena pola yang menentukan setiap model lengkungan dan bentuk potongan pakaian. Oleh karena itu menggambar pola jahit bukan pekerjaan mudah. Bila Anda belum pernah melakukannya sebelumnya, cobalah menyontoh pola jadi yang sudah ada.

 

Tips Menjahit Baju Sarimbit Batik Untuk Keluarga atau Seragam 

 

  1. Siapkan kain dan seluruh bahan yang dibutuhkan 

Setelah pola pakaian jadi, setidaknya akan ada 2-4 model pakaian untuk sarimbit keluarga, Anda harus menghitung berapa banyak kain yang dibutuhkan untuk membuat semua pakaian itu. Belilah kain sesuai jumlah yang dibutuhkan. Siapkan juga benang dengan warna senada dengan kain, dan beberapa aksesoris yang dibutuhkan misalnya kancing, retsleting, renda dan lainnya sesuai desain yang Anda buat. 

 

  1. Periksa kondisi mesin jahit dan alat-alat menjahit 

Mesin jahit perlu dicek lebih dahulu bagaimana kondisi jarumnya, engselnya, roda pemutarnya, apakah berfungsi lancar atau perlu ditambahkan minyak. Pastikan seluruh alat menjahit dalam kondisi yang baik. 

 

  1. Gunting kain sesuai pola 

Gambar pola yang sudah jadi di atas kain lalu gunting sesuai polanya. 

 

Tips Menjahit Baju Sarimbit Batik Untuk Keluarga atau Seragam

 

  1. Obras pinggiran kain lalu jahit sesuai pola 

Setelah semua pola selesai digunting, tumpuk dan kelompokkan sesuai desainnya. Sebelum menjahit pola, lebih baik obras dulu pinggiran kain agar serat kain tidak mudah lepas. Setelah itu waktunya menjahit baju sarimbit satu per satu dengan mesin jahit. 

 

  1. Memasang risleting dan kancing 

Jangan lupa untuk menjahit ritsleting dan kancing sesuai desain yang dibuat. Pilihlah resleting yang tidak terlalu panjang atau pendek, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Ritsleting dengan warna senada dengan bagian kain akan lebih bagus, begitu pun dengan warna dan model kancingnya. 

 

Tips Menjahit Baju Sarimbit Batik Untuk Keluarga atau Seragam

 

  1. Periksa jahitan dan pinggiran kain 

Untuk finishing akhir, periksalah apakah semua jahitannya aman dan rapi atau adakah yang terbuka. Anda juga bisa melakukan jahitan tepi yang kecil-kecil untuk menjaga serat kain tetap terjaga dan mendapat finishing pinggiran kain yang rapi. 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 2
  • 152 views


Recent Post


Related Article