Pahami 9 Motif Batik Paling Populer di Indonesia | Toko Kain Surabaya

Windy 25 Sept at 8:08
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Pahami 9 Motif Batik Paling Populer di Indonesia

 

Indonesia dikenal salah satunya dari warisan budaya batiknya yang sangat beragam. Kita dapat menemukan berbagai macam motif yang berbeda di berbagai daerah. Masing-masing memiliki filosofi dan keunikan yang sangat menarik untuk diulas secara khusus. Itulah kenapa Mitramulia mengangkatnya sebagai salah satu topik untuk artikel ini. Karena pebisnis di bidang fashion sebaiknya dapat memahami filosofi motif batik yang dipakai, saat merancang produk berbahan batik. 

Berikut adalah penjelasan tentang 9 motif batik yang paling populer di Indonesia:

 

  1. Motif Batik Keraton 

Dulunya batik keraton dilarang dipakai untuk khalayak umum. Yang diizinkan memakain motif batik keraton hanyalah keluarga kerajaan saja. Namun dengan perkembangan zaman saat ini siapapun boleh memakai baju bermotif batik keraton. Apa yang membuatnya begitu istimewa hingga tidak sembarang orang diperkenankan memakainya? 

 

Motif Batik Paling Populer di Indonesia

 

Batik keraton memiliki motif yang sangat detail, mewah dan anggun. Setiap polanya dilukis dengan ketelitian dan setiap gambarnya memiliki presisi yang simetris kanan dan kirinya. Sebagai contoh gambar burung yang dilukis dalam batik memiliki sayap yang simetris kanan dan kirinya beserta detail yang luar biasa. Tidak hanya itu, berdasarkan sejarahnya, batik keraton biasa dibuat oleh para putri raja, sehingga hanya keluarga kerajaan saja yang boleh memakainya. Namun saat ini batik keraton sudah diproduksi luas dan dapat dipakai untuk acara-acara penting. 

 

  1. Batik mega mendung 

 

Motif Batik Paling Populer di Indonesia

 

Batik ini begitu terkenal di semua kalangan, dari yang tua sampai muda. Motifnya yang menyerupai awan mendung di langit yang cerah, menjadi ciri khas yang sangat mudah diingat. Pola awan mendung yang bergulung dan bertumpuk-tumpuk itu begitu unik dan membawa kesan kemewahan di saat yang bersamaan. Selain itu pola mega mendung cocok dipakai untuk pakaian generasi muda. 

 

  1. Motif batik sogan Solo 

 

Motif Batik Paling Populer di Indonesia

 

Batik sogan memiliki motif yang sangat rapi dan simetris. Gambarnya bunga, garis dan lingkaran, dilukis dengan sangat detail dan simetris. Nyaris tidak ada tempat kosong yang terbiarkan menganggur tanpa sebuah lukisan dan motif. Batik sogan sering kali dijadikan batik keraton karena motifnya yang sangat anggun. Warna batik ini didominasi oleh kombinas coklat tua dan muda. 

 

  1. Batik Gentongan dari Madura

 

Motif Batik Paling Populer di Indonesia

 

Batik madura mudah dikenali dari warna dan motifnya. Warna-warna yang dipilih untuk batik gentongan adalah warna yang cerah dan kuat. Tidak jarang pula kombinasi warnanya sangat bersebarangan/ komplementer, sehingga batik yang dihasilkan sangat berani dan mencolok. Untuk motif batiknya cenderung lebih abstrak sehingga untuk memahami makna polanya, perlu waktu dan keahlian tertentu. 

 

  1. Motif batik Kawung dari Jawa Tengah 

 

Motif Batik Paling Populer di Indonesia

 

Pertama kali melihat motif batik kawung ini seperti melihat barisan kolang kaling yang rapi dan saling memunggungi. Pola batiknya lingkaran-lingkaran oval dengan satu sampai dua bulatan lingkaran yang digambar di tengah kolang-kaling. Warna dasar kain batiknya cenderung coklat gelap sementara kawungnya berwarna lebih terang bahkan putih. 

 

  1. Batik simbut dari Banten 

 

Motif Batik Paling Populer di Indonesia

 

Bila motif batik lainnya sering kali memadukan tanaman dan hewan, maka batik simbut dari banten ini memiliki satu gambar saja yaitu daun yang mirip daun talas. Kombinasi warnanya pun rata-rata hanya dua warna saja, biru tua dengan merah. Gambar daun talas disusun acak namun saling mengisi setiap ruang kosong. Motif batik ini berasal dari tradisi suku Baduy di pesisir Banten yang melambangkan makna kesederhanaan. 

 

  1. Batik Geblek renteng dari Kulon Progo 

 

Motif Batik Paling Populer di Indonesia

 

Batik ini memiliki motif simetris yang sangat rapi namun sedikit terkesan kaku. Tidak seperti batik simbut dan madura yang mengusung tema abstrak dan fleksibel, batik geblek renteng ini memiliki tata letak motif yang tegas dan rapi. Gambar motifnya sendiri melambangkan bentuk makanan khas kulon progo yang mirip angka delapan. 

 

  1. Batik parang dari Jawa 

 

Motif Batik Paling Populer di Indonesia

 

Satu lagi motif batik yang sangat populer bahkan hingga dunia internasional adalah motif parang dari Jawa, spesifik dari jawa tengah dan sekitarnya. Bila dilihat sekilas, motifnya mirip huruf S yang ditata berdempetan dengan sangat rapi. Namun dilihat lagi dari dekat, motifnya sama sekali bukan huruf S.  pola batik parang membawa pesan tentang makna kekuatan, keteraturan dan disiplin tinggi dalam berperang melawan penjajah. Saat ini batik parang banyak dijadikan bahan dasar untuk berbagai item fashion. 

 

  1. Batik tujuh rupa Pekalongan 

 

Motif Batik Paling Populer di Indonesia

 

Setiap motif batik dibuat dengan filosofi dan makna yang mendalam, tidak terkecuali dengan batik Pekalongan yang sangat terkenal ini yaitu batik tujuh rupa. Sesuai dengan dengan namanya, motif batik ini terdiri dari tujuh objek yang digabung dan dibaur menjadi satu. Obyek-obyek yang dilukis dalam batik berkaitan dengan alam seperti tanaman dan hewan. 

Perpaduan warna yang dipilih dalam batik tujuh rupa ini adalah warna yang kontras antara gelap dan terang, sehingga kesan keceriaan dan kebahagiaan terlihat dengan jelas dari motif dan warna batik. Gambar bunga, daun, pohon, dan hewan, menjadi pilihan untuk menggambarkan betapa suburnya alam Pekalongan. Selain itu, ada makna lain yang tersembunyi yaitu adaptasi warga pekalongan sebagai daerah pesisir yang sangat baik. Kemampuan beradaptasi itu tercermin melalui gambar tujuh rupa yang mampu menyatu dan terlihat natural. Batik tujuh rupa Pekalngon ini telah berhasil menembus pasar luar negeri sebagai salah satu batik khas Indonesia.

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 1
  • 342 views


Recent Post


Related Article