Pentingnya Foto Profesional untuk Produk Fashion | Toko Kain Surabaya

Windy 16 Sept at 8:05
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Pentingnya Foto Profesional untuk Produk Fashion

 

Mengapa harus ada foto profesional? Ya, pertanyaan ini sering kali menjadi perdebatan kita selama ini. Bisakah kita melewatkan foto profesional untuk produk fashion atau haruskah kita memakainya? Pada dasarnya keputusan itu diserahkan pada masing-masing pelaku bisnis fashion, namun sebelum menjawabnya, mari kita bahas dua poin berikut ini. 

 

Pentingnya Foto Profesional untuk Produk Fashion

 

1. Saat ini pemasaran lebih banyak menggunakan media online

Dahulu kala, salah satu cara meyakinkan calon pembeli adalah menunjukkan langsung bagaimana kualitas produk yang kita miliki. Calon konsumen dapat memegang kainnya, mengukur lebar pakaiannya dengan jengkal tangan atau mengepasnya langsung di badan. Semua itu dapat kita lakukan karena proses pemasaran offline yang menghadirkan langsung pembeli dan produknya. Namun sekarang keadaan sudah jauh berbeda. 

Saat ini cara online telah menguasai dunia pemasaran. Calon konsumen lebih menyukai berbelanja online yang anti ribet dan cepat. Lantas bagaimana cara kita menunjukkan kualitas produk kepada mereka? foto profesional adalah jawabannya. Melalui media foto kita bisa menunjukkan bagaimana model pakaiannya, bagaimana tekstur kain yang terlihat dan bagaimana saat pakaian itu dipakai di badan melalui peragaan seorang model. Foto profesional adalah cara kita mengenalkan produk dengan mendetail. 

 

Pentingnya Foto Profesional untuk Produk Fashion

 

 

2. Gambar lebih cepat ditangkap otak dan diingat dalam waktu lama dibandingkan tulisan 

Dilansir dari health.detik.com, sebenarnya otak kita lebih menyukai gambar dan warna. Data berupa gambar dan warna lebih menarik dan mudah diingat dalam waktu yang lebih lama dibandingkan tulisan. Inilah mengapa kita membutuhkan foto profesional untuk produk fashion. Gambar produk yang kita berikan dalam bertahan lebih lama dalam memori calon pembeli dibandingkan ratusan kata yang kita berikan sebagai deskripsi dan teks promosi. Sebuah gambar dapat mewakili segalanya, membangun keminatan dan persepsi calon pembeli untuk membeli. 

 

Pentingnya Foto Profesional untuk Produk Fashion

 

Manfaat menggunakan foto profesional dibandingkan foto amatir seadanya 

Dua alasan di atas cukup untuk meyakinkan kita bahwa dalam memasarkan produk fashion kita tidak bisa melepaskan unsur foto profesional. Nah, apa saja manfaat yang kita peroleh? 

 

1. Mengenalkan produk lebih mendetail dengan gambar yang jelas dan menarik 

Kita bisa menyajikan banyak foto untuk satu produk. Umumnya foto memperlihatkan keseluruhan model pakaian dan yang kedua detail-detailnya. Foto-foto itu berfokus pada titik yang berbeda-beda yang bertujuan menunjukkan detail produk. Kita dapat menyorot bagaimana serat kainnya, detail jahitannya, bila ada hiasan peyet atau detail lainnya juga boleh kita foto. Lewat foto-foto inilah, calon konsumen dapat bebas mengeksplorasi bagaimana produk kita. Mereka akan memperhatikan setiap detailnya, menggesernya berkali-kali dan semakin yakin untuk membeli. 

 

Pentingnya Foto Profesional untuk Produk Fashion

 

 

  1. Sebagai upaya bersaing  dari produk fashion kompetitor 

Tidak dapat disangkal bila foto produk yang berkualitas menjadi aspek penting dalam persaingan pemasaran, terutama di dunia fashion. Foto menjadi senjata berikutnya setelah harga. Foto yang semakin bagus, mampu menarik minat calon pembeli lebih kuat, dibandingkan foto yang asal dan seadanya. 

 

  1. Membangun identitas produk 

Pernahkah kita melihat satu produk dengan ciri khas tertentu tanpa sebuah deskripsi dan merk, namun kita sudah bisa mengenalinya? Itu artinya foto produk yang profesional sedang berusaha membangun identitas produk atau brand. Kita dapat merasakan nilai dan karakter dari sebuah identitas produk hanya melalui fotonya saja, seakan foto itu terasa hidup dan berbicara. Tanpa berceramah dan orasi panjang lebar, kita dapat membangun dan menyebarkan identitas brand melalui sebuah foto ptofesional. Biasanya salah satu cara produk fashion membangun identitas ini adalah menggunakan brand ambassador yang sama, tema foto yang senada dan setema untuk hampir semua produknya dengan demikian calon konsumen lebih mudah mengingatnya. 

 

Pentingnya Foto Profesional untuk Produk Fashion

 

  1. Membangun kepercayaan konsumen terhadap keaslian produk 

Melakukan foto profesional sendiri untuk produk-produk fashion sangat dianjurkan. Foto produk tersebut akan memiliki kekhasan dan keasliannya. Dua hal ini adalah modal penting dalam membangun kepercayaan konsumen pada kita, bahwa produk milik kita adalah asli dan barangnya persis seperti dalam foto. Dengan melakukan pemrotetan sendiri, konsumen akan menilai kita serius dalam berjualan dan lebih percaya kepada kita. Bila kepercayaan dapat dibangun, konsumen dapat kembali membeli dan lambat laun menjadi konsumen loyal. 

 

  1. Menambah nilai produk 

Foto yang profesional dapat menampilkan produk pada nilai terbaiknya. Kita gunakan lightening, padu padan warna dalam satu frame foto dan berbagai teknik foto produk dimana targetnya adalah menampilkan produk sebaik mungkin. Produk yang biasa saja pun dapat disulap jadi luar biasa melalui pengaturan di tangan ahli. Berbagai cerita dan nuansa dapat kita ciptakan di dalam frame foto. Melalui foto yang bagus, kita dapat menumbuhkan minat calon konsumen untuk membeli. Tidak hanya itu, kita pun sangat bisa menaikkan nilai dan harga produk tersebut.

 

Nah itulah nilai penting serta manfaat dari foto profesional dalam dunia bisnis fashion. Jadi, bagaimana dengan produk Anda? Sudahkah memakai foto profesional untuk menarik hati pembeli?

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 4
  • 367 views


Recent Post


Related Article