Perlukah Bisnis Konveksi Memiliki Media Sosial | Toko Kain Surabaya

Windy 13 Sept at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Perlukah Bisnis Konveksi Memiliki Media Sosial

 

 

Bisnis Konveksi Memiliki Media Sosial

 

Benarkah media sosial hanya tempatnya bermain dan pamer kelebihan personal saja? Sepertinya tidak sesempit itu. Dewasa ini media sosial berkembang menjadi media bisnis yang luar biasa efektif dan efisien. Berbagai kegiatan promosi kini dilakukan di media sosial. Banyak perusahaan besar yang beramai-ramai membuat akun media sosial di berbagai platform. Bagaimana dengan bisnis konveksi? Perlukah memiliki media sosial juga? Jawabannya, sangat perlu!

Inilah alasan mengapa media sosial sangat dibutuhkan oleh bisnis konveksi!

 

Membangun brand awareness

Media sosial menjadi tempat paling efektif untuk membentuk kesadaran merk kepada pasar. Mengapa? Karena saat ini media sosial adalah media terlama yang diakses oleh pasar. Dalam satu hari, setidaknya setiap orang menghabiskan 2-3 jam untuk berselancar di media sosialnya masing-masing. Dibandingkan menonton televisi, media sosial lebih sering diakses. 

Kebiasaan pasar ini menjadi peluang yang sangat baik bagi bisnis konveksi untuk membangun kesadaran merk melalui media sosial. Alih-alih mempromosikan bisnisnya di televisi, radio ataupun iklan cetak lainnya, media sosial adalah pilihan yang terbaik. 

Salah satu cara bisnis konveksi membangun kesadaran merk adalah sering muncul di depan pengguna media sosial. Semakin sering pengguna media sosial menemukan postingan merk bisnis kita, mereka akan semakin mudah mengingatnya. 

 

Bisnis Konveksi Memiliki Media Sosial

 

Membangun relasi yang lebih luas

Media sosial adalah alat paling mudah untuk menjalin relasi. Tidak hanya untuk menjalin hubungan pertemanan saja, bahkan untuk hubungan bisnis juga terbuka lebar. Kita dapat menemukan partner bisnis, mencari suplier terbaik, investor dan juga kepada orang-orang penting seperti pejabat birokrasi. Melalui media sosial, kita bisa mengenal mereka, mencari tahu apa kesukaannya, kesibukannya dan apapun yang kita butuhkan untuk kelancaran bisnis konveksi. Kepada calon pembeli pun, kita jadi bisa berteman sebelum hingga sesudah transaksi. Relasi yang terjalin dengan baik, dapat meninggalkan kesan baik hingga waktu yang lama. Hal tersebut juga berdampak baik bagi bisnis dan membuka peluang menjadikan mereka pelanggan loyal. 

 

Bisnis Konveksi Memiliki Media SosiaL

 

Membangun engagement dengan konsumen 

Engagement dengan konsumen adalah sesuatu yang berharga untuk dimiliki pelaku bisnis konveksi. Engagement menjadi salah satu jalan membentuk pelanggan yang loyal. Saat kita memiliki pelanggan loyal, keberlangsungan bisnis semakin terjamin di masa depan. Kita mulai membangun engagement tersebut melalui media sosial. Cara-cara yang bisa kita coba adalah dengan memberikan pelayanan terbaik yang cepat tanggap dan tepat atas keluhan maupun permintaan pelanggan. Dalam hal ini customer service berperan besar untuk membangun komunikasi yang baik dengan calon pelanggan. 

 

Rekrutmen calon karyawan 

 

Bisnis Konveksi Memiliki Media Sosial

 

Karyawan merupakan salah satu aset penting untuk mengembangkan bisnis konveksi. Melalui karyawan yang berkeahlian tinggi, memiliki moral yang baik dan etos kerja yang positif, bisnis akan berjalan dengan baik. 

Salah satu cara rekrutmen karyawan yang paling efektif efisien saat ini adalah dengan mengumumkannya di media sosial. Melalui media sosial, kita akan menjaring sebanyak-banyaknya kandidat dan menyaring mereka sesuai yang kita butuhkan. Semakin aktif media sosial kita, semakin banyak calon kandidat yang dapat dijangkau. Kita dapat membuka tanya jawab lebih lengkap di kolom komentar dan membuat postingan semenarik mungkin agar mampu menarik mereka yang berkualitas dan cocok dengan kebutuhan bisnis konveksi. 

 

Media riset produk dan pasar 

Media sosial juga menjadi lahan riset yang sangat efektif. Berbagai data pasar yang kita butuhkan sebagai bahan pemetaan dan riset, tersedia di media sosial. Mulai dari data demografi akun media sosial, preferensi produk, kebiasaan pembelian, hingga jaring pertemanannya, dapat kita ketahui dari media sosial. Semua data tersebut sangat berguna untuk memetakan kebutuhan dan keinginan pasar.

 

Media promosi yang murah dan efektif 

Saat ini media sosial juga menjadi tempat promosi yang paling laris dan disukai banyak orang. Beberapa alasannya adalah karena jumlah pengguna media sosial sangat banyak dan terus bertambah jumlahnya dari tahun ke tahun. Jumlah pengguna yang banyak memperbesar peluang promosi kita menjangkau semakin banyak orang. Alasan yang kedua yaitu promosi di media sosial sangat murah. Kita dapat memilih cara gratis ataupun iklan berbayar. Cara gratis tidak dipungut biaya, namun butuh waktu yang lama dan konsistensi yang tekun untuk bisa memetik hasilnya. Sedangkan iklan berbayar dapat menghasilkan dengan lebih cepat. 

 

Bisnis Konveksi Memiliki Media Sosial

 

Memantau kompetitor 

Selain fokus pada strategi promosi, dalam memasarkan produk bisnis konveksi kita tidak boleh lupa untuk terus memantau aktivitas kompetitor. Hal tersebut sebagai cara untuk terus update pada keadaan dan memperbarui strategi agar tidak kalah bersaing. 

Kita dapat memantau aktivitas kompetitor melalui media sosial milik mereka. Bagaimana cara mereka mengenalkan produk dan merknya, bagaimana respon pasar terhadap produk kompetitor, kelebihan apa yang kompetitor miliki sementara kita tidak, dan sebaliknya. Semua data tersebut sangat penting untuk kita ketahui sebagai pelaku bisnis dan juga pemasar. Tidak hanya untuk menang dalam bersaing, tapi kita juga bisa belajar dari kompetitor. 

 

 

 


 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 2
  • 391 views


Recent Post


Related Article