Inilah ciri ciri kain dengan kualitas premium | Toko Kain Surabaya

Windy 14 Aug 2022 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inilah ciri-ciri kain dengan kualitas premium

 

Siapa yang tidak suka bila memakai kain berkualitas premium yang awet meski harus merogoh uang lebih mahal? Kita akan puas bila benar-benar mendapatkan barang yang premium dan original meski harganya sedikit lebih mahal. Namun apa jadinya bila kita tidak mampu mengenali mana kain yang benar-benar premium dengan tidak? Ditambah dengan kondisi saat ini dimana banyak sekali produk kain bukan premium yang sangat mirip kualitasnya dan dihargai cukup mahal? Atau bahkan kita pernah terkecoh dengan setengah harga dan percaya itu adalah premium? Nah disinilah nilai pentingnya kita paham bagaimana ciri-ciri kain berkualitas premium dengan tidak.

 

kain dengan kualitas premium

 

Kemampuan mengenali kain melalui ciri-ciri kain premium sangat berguna untuk mendapatkan barang original yang kita butuhkan, bahkan bila mungkin dengan harga yang sesuai. Bila kita tidak mampu membedakan manakah kain yang premium dengan tiruan, tentu kita akan dirugikan. Pakaian jadi mudah rusak, warnanya memudar, seratnya jadi berbulu dan banyak lagi. Usia pakai baju kita juga menjadi lebih singkat karena kain yang tidak awet. Oleh karena itu, mengenali ciri-ciri kain premium tidak boleh ditunda lagi. 

 

Inilah ciri-ciri kain premium yang penting diketahui!

Sebetulnya setiap jenis kain tentu memiliki ciri khasnya masing-masing. Setiap kain punya keunggulan yang berbeda, apakah lebih lembut, lebih licin, lebih kuat dan sebagainya. Namun, bila ditelaah lebih lanjut, setiap kelebihan kain premium memiliki ciri khas yang universal. Setidaknya berikut ini adalah ciri-ciri kain premium yang paling mudah untuk kita perhatikan ketika memilih kain. 

 

  1. Jalinan benang lebih kuat dan tidak mudah rusak 

Kain yang premium memiliki struktur tenunan benang yang sangat baik. Bahan baku benang yang digunakan berasal dari kualitas terbaik di kelasnya, benangnya ditenun rapat dan dengan teknik yang berkualitas, sehingga kain yang dihasilkan kuat. Jalinan benang yang baik dan kuat ini membuat kain tidak mudah sobek dan awet dalam waktu yang lama. 

 

kain dengan kualitas premium

 

Saat akan memilih kain, kita bisa memeriksa bagaimana kualitas benang baku yang digunakan dan teknik pemintalan benangnya hingga menghasilkan kain. Untuk memeriksa kekuatan kain, kita dapat melihat bagaimana kerapatan benangnya dan ketika kain ditarik, apakah benang-benang kainnya merenggang dengan mudah atau tidak. 

 

  1. Permukaan kain lebih lembut dan tidak mudah berbulu 

Beberapa jenis kain yang memang memiliki sifat berbulu permukaannya, tidak berlaku untuk ciri-ciri nomor ini. Meski demikian serat kain berbulu yang premium pun tetap memiliki kualitas yang baik saat dibandingkan dengan kualitas di bawahnya. Kain berbulu premium tentu memiliki permukaan bulu yang lembut dan kuat, tidak mudah lepas dan menjadi botak. 

 

kain dengan kualitas premium

 

Sedangkan untuk kain premium biasa, serat benangnya yang kuat dan dibuat dari kualitas benang yang baik, tidak akan mudah berbulu. 

 

  1. Beragam pilihan warna dan lebih hidup 

Kain yang premium memiliki pilihan warna yang sangat banyak, mulai dari warna-warna cerah dan terang, warna bold dan gelap hingga warna-warna pastel yang banyak digemari anak muda. Salah satu ciri khas lainnya adalah warna pada kain premium terlihat lebih hidup, lebih jelas dan tajam. Warnanya tidak cepat pudar. Dengan menggunakan kain premium, kita bisa memilih banyak warna untuk pakaian kita dan memadu padankan sesuka hati. 

 

kain dengan kualitas premium

 

  1. Harga cenderung lebih mahal 

Kain premium memilih bahan-bahan yang lebih berkualitas dan berstandar premium juga, oleh karenanya tidak heran bila kain premium dibandrol dengan harga yang sedikit lebih mahal. Selain itu, usia pakai kain premium lebih lama karena bahannya yang tidak mudah rusak dan warna yang tidak mudah pudar. Sehingga bila dibandingkan dengan lamanya waktu konsumsi, maka harganya tidak mahal lagi. Apalagi bila dibandingkan dengan kain yang murah tapi cepat rusak sehingga kita jadi lebih sering membeli lagi dalam waktu dekat. Jadi, mana yang lebih worth it dipilih? 

 

  1. Kainnya awet 

Bahan baku pembuat kain premium tentu diambil dari benang yang premium juga. Proses pembuatan kainnya juga diproduksi dengan mesin dan teknik yang grade A. Semuanya serba yang terbaik. Oleh karenanya produk yang dihasilkan juga berkualitas. Benang tidak mudah putus, seratnya rapat dan kuat dan proses pewarnaannya sangat baik. Karena itulah kain jadi lebih awet. 

 

kain dengan kualitas premium

 

  1. Ketebalan kain beragam bergantung jenisnya 

Setiap jenis kain memiliki standart ketebalan yang berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh jenis benang yang digunakan dan teknik pembuatannya. Kain premium memiliki ketebalan kain yang sesuai dengan standart terbaik setiap jenis kain. Ketebalan yang sesuai dapat meningkatkan fungsionalitas kain sesuai kegunaannya dan memperpanjang usia produktif kain tersebut. 

Itulah enam ciri-ciri kain premium yang dapat menjadi pijakan kita dalam memilih kain sebelum membeli. Setiap pilihan bijak didasarkan pada pengetahuan yang tepat tentang bidang tersebut. 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 0
  • 583 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article