Tutorial Membuat Vest Jas Dari Kain Tradero | Toko Kain Surabaya

Windy 14 Jun at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tutorial Membuat Vest Jas Dari Kain Tradero

 

 

Vest jas merupakan salah satu pilihan favorit para pria untuk mendukung setelan formal dengan gaya yang lebih santai. Mereka yang tidak ingin terlalu gerah atau ribet mengenakan jas, memilih vest sebagai pilihan yang lebih ringan. Sebagian lainnya justru menggunakan vest sebagai dukungan optimal untuk tampilan formal bersama jas supaya lebih rapi. 

Karena menjadi salah satu ikon fashion yang banyak digemari, Mitra mulia memutuskan untuk menjadikannya sebagai topik untuk #KontenEksklusif bulan ini. Selain dapat menjadi pedoman untuk mereka yang ingin membuat vest, artikel ini juga dapat menjadi inspirasi bagi para pebisnis konveksi dan penjahit dalam pembuatan vest. 

 

Model Vest Pria

Seperti halnya konten eksklusif Mitra mulia sebelumnya, kami akan membahas terlebih dulu tentang model vest yang dapat menjadi ide pembuatan. Berikut ini adalah beberapa model vest pria yang cukup banyak beredar di pasaran:

 

  1. Vest Pria Slimfit

 

Vest Pria Slimfit

 

Model vest satu ini memiliki ciri khas pada potongannya yang pas dengan bentuk tubuh. Umumnya vest ini banyak disukai oleh pria yang cukup percaya diri untuk menampilkan lekuk badannya. Selain nyaman digunakan, vest ini juga sangat mendukung mobilitas pria karena membuat mereka lebih mudah untuk bergerak tanpa khawatir hal tersebut membuat tampilannya menjadi kusut. 

 

  1. Vest Outdoor

 

Vest Outdoor

 

Berbeda dengan model vest pertama yang umumnya dikenakan untuk aktivitas indoor, vest model ini justru lebih banyak digunakan untuk aktivitas outdoor. Vest model ini biasanya menggunakan bahan yang lebih tebal dan anti air. Selain itu secara potongan cenderung lurus dan dilengkapi dengan bagian kerah. Mayoritas orang-orang lebih sering menyebut vest model ini dengan istilah rompi. 

 

  1. Rompi Sweater

 

Rompi Sweater

 

Untuk model vest yang satu ini, memiliki nuansa semi formal. Bahan yang digunakan sama seperti bahan yang digunakan untuk pembuatan sweater. Itulah mengapa vest ini sering disebut sebagai rompi sweater. Karena bahan sweater yang lentur, membuatnya tidak membutuhkan bukaan depan seperti model vest yang dipaparkan sebelumnya. Meskipun untuk beberapa model masih dilengkapi dengan bukaan kancing depan. 

 

Penentuan Model dan Bahan

Model vest yang akan kami jelaskan tutorialnya di dalam artikel ini adalah model pertama, yaitu vest slimfit. Ukuran yang digunakan adalah ukuran reguler pria Large (L). Sedangkan untuk bahan yang digunakan dalam pembuatannya adalah kain tradero. Selain kain tradero, kami juga menggunakan kain peles sebagai furing vest, supaya ves jas menjadi lebih tebal dan tampak rapi. 

 

Pembuatan Vest Jas

Jika semua bahan sudah tersedia dan konsep sudah ditentukan, maka Anda bisa mulai menjalankan proses pembuatan vest jas pria lebih lengkapnya di bawah ini:

  1. Pembuatan Pola

Jika Anda mengikuti tutorial ini dan menggunakan ukuran baju pria universal, Anda bisa menggunakan pola baju pria universal yang sudah tersedia. Namun jika Anda menggunakan ukuran yang lebih custom, maka Anda perlu membuat polanya terlebih dulu sesuai ukuran tersebut. Anda bisa melihat selengkapnya cara untuk membuat pola vest pria disini.

 

Pembuatan Pola Vest Jaket

 

  1. Pemotongan Pola

Jika pola sudah dibuat dan dipotong, maka langkah berikutnya adalah melakukan pemotongan kain sesuai dengan pola yang dipakai. Sangat disarankan untuk memakai gunting kain yang tajam, supaya hasil potongan menjadi rata dan halus.

 

  1. Menjahit Vest

Jika pola sudah dipotong dan siap, maka bisa dilanjutkan dengan proses menjahit. Proses menjahit bisa dimulai dengan menggabungkan pola vest bagian depan dengan bagian belakang, alias membuat jahitan samping dan bagian bahu. 

Jika sudah, satukan bagian furing dengan bagian luar dengan menjahit bagian tepi. 

Jika Anda membuat vest dengan variasi saku, maka kantong dapat dijahit sebelum melakukan penyatuan antara furing dengan lapisan luar. 

 

Pemotongan Pola Vest Jaket

 

Setelah semua proses selesai, vest pria akan tampak seperti foto di bawah ini:

 

Hasil Pembuatan Vest Jaket

 

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe


Recent Post


Related Article