Tips Hemat Berburu Baju Lebaran untuk Keluarga | Toko Kain Surabaya

Windy 9 May 2022 at 8:03
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Hemat Berburu Baju Lebaran untuk Keluarga

 

Lebaran tidak akan lengkap bila tidak ada baju baru yang khusus disiapkan untuk merayakan hari kemenangan yang sangat istimewa. Itulah hari dimana kita menyambut kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga sepanjang hari. Tidak hanya tentang menahan lapar saja, namun ramadhan juga menjadi moment berharga untuk meningkatkan intensitas ibadah kita pada sang maha pencipta. Berbagai cara dilakukan untuk menyambut kemenangan tersebut sebagai bentuk rasa syukur telah berhasil berjuang selama satu bulan penuh. 

Untuk masyarakat Indonesia, salah satu ciri khas perayaan hari raya idul fitri adalah dengan berbelanja pakaian baru. Tempat-tempat perbelanjaan mencapai puncak keramaiannya selama bulan ramadhan dan menjelang hari raya. Banyak model-model pakaian baru dirilis ketika ramadhan dan hari raya. Diskon-diskon ditawarkan dimana-mana, baik mall perbelanjaan dan marketplace. Dengan melimpahnya penawaran item fashion baru dan potongan harga yang besar ini, kita membutuhkan tips hemat berbelanja agar tidak overbudget dan membeli terlalu banyak. 

Nah dalam kesempatan ini kita akan membahas tips hemat berbelanja pakaian lebaran agar mendapatkan pakaian yang dibutuhkan namun tetap aman secara budget!

 

Membuat perencanaan keuangan 

 

Membuat Perencanaan Keuangan Untuk Baju Lebaran Keluarga

 

Hal paling penting yang perlu dilakukan pertama kali adalah membuat perencanaan keuangan sebelum membeli apapun. Merencanakan keuangan tidak sekadar membuat list kebutuhan yang akan dibeli dan berapa harganya saja, melainkan membuat pos-pos pengeluaran anggaran kebutuhan keluarga selama satu bulan. Jadi, yang dimasukkan ke dalam list adalah semua kebutuhan, termasuk juga menghitung anggaran kebutuhan sehari-hari, anggaran untuk disimpan, baru kemudian anggaran khusus kebutuhan lebaran. 

Anda dapat membuat persentase untuk setiap kebutuhan tersebut dari total pemasukan yang dimiliki. Setelah kita mendapatkan budgetnya dan semua kebutuhan mendapatkan porsi anggaran yang sesuai, kita dapat menghitung berapa anggaran yang dimiliki untuk membeli baju lebaran. Dengan cara ini, kita dapat berbalanja baju lebaran tanpa khawatir berlebihan dan mengganggu pos kebutuhan lainnya. 

 

Memanfaatkan Moment Diskon Besar-besaran 

 

Memanfaatkan Diskon Untuk Baju Lebaran Keluarga

 

Tips hemat paling ampuh dan simpel untuk dilakukan yaitu berbelanja saat moment banjir diskon. Momen ramadhan dan menjelang lebaran adalah saatnya semua penjual menawarkan diskon dan persaingan harga begitu ketat. Hal tersebut karena mereka tetap harus bersaing untuk mendapatkan pembeli meskipun tingkat permintaan pakaian lebaran sangat tinggi.

Kita dapat memanfaatkan momen puncak diskonnya untuk mendapatkan harga terbaik. Baik berbelanja di mall dan toko pakaian secara offline, maupun toko-toko online, tentu ada hari-hari dimana diskon ditawarkan lebih besar, ditambah berbagai macam cashback dan gratis ongkos kirim. Memanfaatkan semua tawaran tersebut dapat membantu kita mendapatkan pakaian yang diincar dengan harga termurah. 

 

Memadukan Pakaian Lama dengan Pakaian Baru 

 

Memadukan Pakaian Lama Dan Baru Untuk Baju Lebaran Keluarga

 

Ada satu lagi tips hemat belanja baju lebaran yaitu dengan mematahkan mindset bahwa semua baju lebaran harus baru. Tidak masalah bila tidak semuanya baru. Kita dapat memadukan pakaian lebaran tahun lalu dengan pakaian baru tahun ini. Mungkin tahun ini kita hanya berbelanja kerudungnya saja, atasannya saja atau hanya celana atau rok. Kita dapat memadukan pakaian lama dengan yang baru. Tips ini sangat menghemat pengeluaran sebab tidak perlu membeli semuanya sekaligus. Di sisi lain, dengan padu-padan ini dapat mengasah kreativitas kita dalam fashion. 

 

Berburu ke Pasar Grosir

 

Berburu Ke Pasar Grosir Untuk Baju Lebaran Keluarga

 

Tidak ada salahnya bila kita mencari pengalaman baru dengan berbelanja langsung ke pusat grosir. Harga pakaian di pusat grosir lebih murah bila dibandingkan dengan pakaian yang dijual eceran. Selisih harga yang kita dapatkan bisa mencapai satu harga baju utuh. Kita dapat menghemat hingga ratusan ribu bila pandai menawar di pusat grosir ini. Namun yang perlu diperhatikan adalah, kita bisa mendapatkan harga lebih murah jika berbelanja dalam jumlah banyak. Untuk itu kita harus benar-benar mempertimbangkan opsi ini, karena bila salah perhitungan, bukannya menjadi hemat belanja tapi justru lebih boros. 

 

Berbelanja di market place 

 

Berbelanja Di Market Place Untuk Baju Lebaran Keluarga

 

Model konsumsi masyarakat saat ini mulai berubah. Pada awalnya mall adalah jujukan utama saat berbelanja pakaian untuk lebaran. Ada semacam mindset bahwa pakaian di mall lebih bagus daripada pakaian di pasar tradisional. Namun, berbelanja di mall juga membutuhkan biaya yang lebih tinggi karena harganya mahal. Untuk menyiasati hal tersebut, kita dapat memilih opsi berbelanja online di marketplace. 

Selain harga yang ditawarkan lebih murah, juga tersedia berbagai jenis diskon yang menggiurkan. Tips hemat terakhir ini menjadi pilihan banyak orang, terutama semenjak pandemi merebak dan berbagai toko fashion online menjamur di marketplace. Masyarakat jadi terbiasa berbelanja dari rumah, apalagi dengan harga yang lebih murah. 

Setiap orang memiliki preferensinya masing-masing dalam membelanjakan uangnya untuk kebutuhan lebaran. Berbelanja pakaian, jajanan lebaran, oleh-oleh untuk keluarga, uang saku lebaran untuk anak dan keponakan, dan banyak lagi. Kita perlu bijak dalam membelanjakan kebutuhan agar semua pos kebutuhan dapat terpenuhi tanpa mengorbankan yang lain. 


 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 21
  • 1006 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article