Tren Bisnis Fashion Di Tahun 2022 | Toko Kain Surabaya

Windy 24 Feb 2022 at 8:08
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

 Tren Bisnis Fashion Di Tahun 2022

 

Sepanjang yang kita tahu, dunia fashion tidak pernah kehabisan ide-ide terbaru dan selalu hadir dengan desain yang fresh dan menarik setiap tahun. Fashion akan senantiasa demikian, tidak akan pernah tampil sama, dan akan terus berotasi dengan memunculkan tema-tema baru yang membawa semangat baru. 

Bisnis Fashion menjadi salah satu bidang bisnis dengan permintaan tertinggi yang selalu mendominasi pasar. Permintaan dan penawaran di dunia fashion selalu beriringan dengan bisnis pangan maupun kuliner. Hal itu karena fashion merupakan salah satu kebutuhan dasar untuk manusia. Inovasi akan selalu diciptakan demi memenuhi kebutuhan dan memuaskan keinginan pasar.

 

 Tren Bisnis Fashion Di Tahun 2022

 

Setiap tahunnya, dunia fashion membawa semangat yang berbeda yang akan diusung menjadi tema besar selama setahun tersebut. Seperti halnya untuk menyambut tahun 2022 yang penuh dengan harapan untuk bangkit pasca pandemi, para pengusaha dan desainer fashion menyepakati tiga isu utama yang akan menjadi semangat dan misi yang dibawa selama 2022.

Sebanyak lima negara menyepakati tema besar yang akan mereka wujudkan dalam desain-desain fashion dan dikampanyekan selama setahun penuh di negara masing-masing. Kelima negara itu adalah Indonesia, Amerika Serikat, Rusia, Maroko dan Australia. Berbagai even fashion akan diselenggarakan di lima negara tersebut untuk mensosialisasikan tiga tema besar ini. Apa saja? 

Isu yang pertama mengangkat masalah keberlanjutan lingkungan, bagaimana para pebisnis fashion dapat berkontribusi dalam melestarikan lingkungan. Isu yang kedua mengusung tema pemberdayaan perempuan dan yang ketiga adalah kepemimpinan kaum muda.

Ketiga isu tersebut adalah masalah yang saat ini sedang disorot oleh pemerintahan dan menjadi masalah yang banyak terjadi di masyarakat. Harapannya dunia fashion dapat berkontribusi untuk meminimalisir dampak dan membantu memberikan solusi yang nyata. Nah, mari kita uraikan satu demi satu ketiga isu menarik ini.

 

1. Keberlanjutan lingkungan

Isu lingkungan seakan tidak ada habisnya. Tahun demi tahun, masalah lingkungan terus mencuat dan semakin lama semakin mengkhawatirkan. Mulai dari kerusakan hutan, bencana alam, kelangkaan sumber daya, kepunahan flora fauna, hingga masalah-masalah yang timbul karena ulah manusia. Tahun 2022, asosiasi fashion dunia akan mengangkat salah satu isu lingkungan mengenai kelangkaan fauna endemi asli Kalimantan, yaitu bekantan. 

 

 Tren Bisnis Fashion Di Tahun 2022

 

Tema yang akan diangkat dalam isu besar pertama adalah “Save Bekantan”. Salah satu spesies kera dengan hidung besarnya yang sangat unik ini adalah satwa khas Kalimantan yang tidak ada di belahan dunia manapun. Melalui tema besar ini, asosiasi fashion berharap, seluruh pelaku bisnis industri fashion akan menjadikannya ide dan tema dalam karya-karya yang akan mereka hasilkan selama tahun 2022.

Realisasi tema ini bisa bermacam-macam, mulai dari motif kain, model pakaian yang mengampanyekan kelestarian lingkungan, bahan pakaian yang minim limbah bahkan menghasilkan karya-karya daur ulang yang luar biasa. Apapun itu asalkan dapat berkontribusi dalam melestarikan lingkungan dan melindungi bekantan. Hal tersebut diangkat sebagai isu utama dalam rangka memberikan solusi nyata dan juga menyadarkan lebih banyak masyarakat untuk bersama-sama melestarikan lingkungan.

 

2. Pemberdayaan perempuan

Isu kedua yang cukup sensitif yakni pemberdayaan perempuan. Disadari atau tidak, banyak masalah-masalah yang terjadi yang melibatkan perempuan dalam berbagai konteks. Mulai dari ketidak berdayaa, perempuan yang dimarjinalkan, dianggap lemah dan dipandang sebelah mata, serta peran-peran perempuan yang dianggap dibatasi secara sengaja sehingga perempuan sulit untuk berkembang. Realitas-realitas seperti ini masih banyak terjadi di masyarakat kita. Tidak hanya di Indonesia saja, namun di beberapa negara lainnya pun masih terjadi.

 

 Tren Bisnis Fashion Di Tahun 2022

 

Melalui semangat isu pemberdayaan perempuan ini, para pengusaha fashion wajib mengambil peran serta untuk memberikan solusi dan menjadi pelita di tengah kegelapan. Peran serta tersebut direalisasikan dalam karya-karya mereka. Dalam desain pakaian yang dibuat, tema-tema yang diusung ketika kampanye pemasaran dan memberdayakan perempuan secara nyata melalui pelibatan mereka dalam produksi misalnya. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk membantu memberdayakan perempuan dalam berbagai hal.

 

3. Kepemimpinan kaum muda

Isu ketiga yang tidak kalah menariknya adalah mengangkat isu kaum muda dan kepemimpinannya. Saat era semakin berubah dan segala sesuatu yang didistraksi oleh perubahan besar-besaran, banyak sistem-sistem bahkan perusahan besar yang bingung bersikap. Perubahan besar itu banyak dilecut oleh inovasi dan ide-ide segar dari kaum muda. 

Generasi muda menjadi nahkoda yang membawa pembaruan di dunia bisnis dan mempengaruhi kebiasaan-kebiasaan di masyarakat. Namun di sisi lain, tidak sedikit pula kita menyaksikan kaum muda yang terjebak pada jalan yang salah dan kurang mengoptimalkan potensi dan kelebihan yang dimiliki. Padahal, kaum muda memiliki energi dan potensi besar yang luar biasa.

 

 Tren Bisnis Fashion Di Tahun 2022

 

Oleh karenanya, kepemimpinan kaum muda diangkat menjadi satu dari tiga isu penting dalam dunia fashion di tahun 2022. Bagaimana menciptakan solusi untuk memberdayakan sekaligus mengasah kepemimpinan kaum muda melalui bisnis fashion.

Ketiga isu penting ini akan menjadi semangat dan tema besar yang diusung selama setahun 2022. Harapannya bisnis fashion tidak hanya menjadi ladang keuntungan bisnis semata, namun juga berkontribusi memberi solusi atas masalah-masalah sosial di masyarakat.

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 7
  • 1638 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article