Membuat Resolusi Bisnis untuk Menyongsong Tahun 2022 | Toko Kain Surabaya

Windy 15 Jan 2022 at 8:05
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Membuat Resolusi Bisnis untuk Menyongsong Tahun 2022

 

Setiap pergantian tahun adalah momen yang berharga untuk kembali membuat awal yang baru terhadap segala hal, terhadap hidup pribadi dan juga untuk perjalanan sebuah bisnis yang sedang dibangun. Pergantian tahun menjadi kesempatan untuk memperbaiki keadaan, memulai kembali segala yang kusut pada tahun sebelumnya, dan jika sudah mencapai keberhasilan, maka keberhasilan tersebut harus ditingkatkan lagi pada tahun berikutnya. Begitulah seyogyanya kita harus terus berkembang dan tumbuh setiap tahunnya. Yang buruk diperbaiki, yang sudah baik dipertahankan dan ditingkatkan. 

 

Membuat Resolusi Bisnis untuk Menyongsong Tahun 2022

 

Tahun 2021 menjadi setahun yang penuh lika-liku. Dunia bisnis telah mengalami waktu-waktu pasang surut yang hampir sulit diprediksi karena pandemi yang masih naik dan turun. Di awal tahun lalu kita menyongsong harapan karena kondisi pandemi yang mereda, namun pada pertengahan tahun tiba-tiba varian delta menyerang dan kembali membanting keadaan jatuh terpuruk. Kondisi yang seperti roller coaster ini akan menjadi pembelajaran berharga untuk kita semua, terutama bagaimana terus mempertahankan bisnis agar dapat terus bernapas dan hidup. 

Waktu terus berjalan, begitu pun dengan bisnis yang harus terus bertumbuh. Kita perlu membuat terobosan dan resolusi-resolusi yang tepat untuk mendorong bisnis di tahun depan lebih maju lagi. Berikut ini adalah tips dan langkah yang dapat dicoba untuk menyusun sebuah resolusi bisnis tahun 2022. 

 

Flashback perjalanan bisnis setahun terakhir untuk menemukan evaluasi bisnis

Evaluasi mungkin terkesan negatif, karena harus mencari kekurangan dan kegagalan yang mungkin dialami. Namun, dengan berbekal evaluasilah kita dapat mengetahui pos mana saja yang dapat kita perbaiki berikutnya. Sebelum menentukan resolusi, kita dapat menghayati dan mengingat-ingat perjalanan setahun ke belakang. 

 

Membuat Resolusi Bisnis untuk Menyongsong Tahun 2022

 

Dimulai dari resolusi apa yang kita tetapkan di awal tahun lalu, apa yang ingin kita capai setahun kemarin, lantas bagaimana perjalanan dan prosesnya? Apa saja yang telah kita lakukan dan berhasil capai, lalu apa yang belum dan masih sulit diraih. Kendala apa yang kita hadapi. 

 

Tetapkan prioritas yang ingin dibenahi 

Dari beberapa temuan evaluasi tersebut, kita dapat mempertimbangkan mana diantara kesulitan dan kekurangan itu yang paling penting dan mendesak untuk diperbaiki pada tahun 2022. Kita membutuhkan prioritas untuk bergerak. Dengan menetapkan prioritas perbaikan ini, kita dapat menempatkan seluruh sumber daya dan strategi pada pekerjaan dan tujuan sesuai porsinya. 

 

Membuat Resolusi Bisnis untuk Menyongsong Tahun 2022

 

Hal yang prioritas tentu akan mendapat alokasi paling banyak. Memiliki prioritas juga membantu kita mempersempit dan memfokuskan perhatian, memandang keadaan sesuai dengan porsi yang sudah kita tetapkan. Ketika ada banyak masalah yang datang, kita dapat segera mengetahui mana yang harus didahulukan dan yang dapat ditunda. Semuanya dapat dilakukan karena kita memiliki prioritas. 

 

Spesifikkan tujuan 

Membuat Resolusi Bisnis untuk Menyongsong Tahun 2022

 

Tujuan harus spesifik. Jika tujuannya umum-umum saja, akan sulit untuk dicapai. Kenapa? Karena tidak jelas apa yang harus dituju. Tujuan adalah arah yang menjadi peta perjalanan bisnis selama setahun ke depan. Tujuan yang spesifik akan memberikan arah yang tepat. Ibarat sebuah alamat, sudah valid dan tidak akan tersesat. Tetapkan satu tujuan utama dan perjelaslah tujuan itu hingga indikator kesuksesannya. Sehingga jelas, dalam keadaan apa kita bisa mengatakan tujuan telah tercapai. 

 

Fokuskan sumber daya 

pada langkah berikutnya, kita butuh memfokuskan sumber daya yang dimiliki untuk totalitas merealisasikan resolusi. Sumber daya yang kita miliki dapat berupa SDM, dana, infrastruktur, waktu. Sumber daya tersebut mungkin masih terpencar-pencar dan belum teroptimalkan sebelumnya. Kesempatan menyusun resolusi ini juga menjadi waktu yang tepat untuk kembali mendaftar semua sumber daya yang dimiliki dan mengaturnya agar optimal di tahun depan. 

Dari proses ini, kita juga akan mengerti keadaan terkini sumber daya kita, apakah over atau kekurangan. Dengan demikian kita dapat menyusun rencana lanjutan untuk mengelola sumber daya yang ada demi totalitas mencapai resolusi. 

 

Tulislah resolusi di tempat yang sering dilihat 

Kemudian yang jarang sekali terpikirkan padahal cukup signifikan membantu kita terus mengingat resolusi itu hingga akhir tahun kembali adalah membuat resolusi itu mudah dilihat setiap hari. Apa yang sering kita lihat, akan teringat dan terpatri lebih kuat dibandingkan apa yang sekedar diucapkan sekali di awal. Seringkali resolusi hanya bertahan beberapa minggu di awal tahun saja, kemudian dilupakan, karena resolusi itu tidak ditulis, tidak terus diingatkan. 

 

Membuat Resolusi Bisnis untuk Menyongsong Tahun 2022

 

Oleh karenanya, menulis dan memajang resolusi di tempat yang mudah dilihat setiap hari, menjadi opsi solusi yang cukup bagus. Cara seperti ini seklaigus dapat menjadi sistem motivasi untuk menanamkan pada alam bawah sadar bahwa resolusi yang sudah ditetapkan, harus dicapai. 

 

Rancanglah sistem motivasi dan reward di akhir pencapaian 

Jangan lupa untuk menetapka reward yang akan diberikan pada diri sendiri ataupun semua orang yang terlibat dalam tim bisnis tersebut ketika resolusi berhasil dicapai di akhir tahun mendatang. Hal ini juga dapat menjadi penyemangat untuk diri dan team agar senantiasa mengusahakan resolusi tersebut. 

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 2
  • 1041 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article