Prospek Bisnis Produk Pakaian Custom di Era Milenial | Toko Kain Surabaya

Windy 7 Jan 2022 at 8:04
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Prospek Bisnis Produk Pakaian Custom di Era Milenial

 

 

Sebelum membahas tentang prospek bisnis pakaian custom, lebih baik untuk memahami makna custom terlebih dulu. Custom dapat kita artikan sebagai sesuai permintaan. Segala sesuatu, baik itu berupa barang atau jasa, yang dibuat hanya berdasarkan pesanan secara spesifik, adalah produk custom. Ada banyak jenis produk yang saat ini ditawarkan secara custom. Misalkan kaos, mug, perhiasan, hantaran pernikahan, produk-produk konveksi, buku diary, hingga kendaraan dapat kita pesan secara khusus hanya untuk kita seorang. 

 

Prospek Bisnis Produk Pakaian Custom di Era Milenial

 

Kita dapat memilih warna ataupun model yang sangat berbeda dari produk yang sudah tersebar di pasaran. Sebagai contohnya warna mobil, kita dapat memesan warna-warna unik yang tidak ada dalam list penawaran stok yang ada, ungu contohnya. Produk custom ini lebih ke personalisasi dan tidak jarang harga yang dipatok pun jadi lebih mahal. 

Bisnis pakaian custom berati menawarkan produk pakaian yang dapat dipesan secara khusus sesuai permintaan pembelinya. Pakaian yang kustom ini ada yang mulai dari nol, seperti misalnya kita menggunakan jasa penjahit, atau pakaian jadi yang polosan namun bisa kita pesan untuk desain gambarnya. Banyak kita jumpai produk kaos kembaran, seragam kembaran ataupun yang memang khusus hanya dibuat satu saja. 

Prospek bisnis pakaian custom saat ini memiliki peluang keuntungan yang besar. Tidak hanya masa sekarang saja, namun diprediksi di masa depan pun bisnis semacam ini lebih banyak diminati oleh pasar milenial. 

 

Kenapa prospek bisnis pakaian custom cukup besar? Ini dia alasannya! 

 

Prospek Bisnis Produk Pakaian Custom di Era Milenial

 

Garis besarnya ada dua sebab mengapa bisnis ini memiliki prospek yang besar di masa depan. Pertama dari sudut pandang pasarnya. Di masa depan, pasar akan didominasi oleh generasi milenial dimana mereka memiliki karakter lebih menyukai produk yang unik dan sangat personal. Kedua, dari sisi pebisnisnya, produk yang dibuat by request dapat mengurangi biaya produksi yang selama ini banyak dikeluhkan karena terlalu besar namun belum tentu balik modal. Berikut ini penjelasan lebih detailnya: 

 

  1. Generasi milenial menyukai sesuatu yang unik dan kreatif, semakin unik semakin bernilai

Berbeda zaman dan generasi, berbeda pula kebiasaan dan keminatannya. Dahulu, barang-barang yang dibuat custom tidak terlalu bernilai dan kurang diminati. Namun keadaan yang berbalik saat ini. Pasar milenial lebih menyukai segala sesuatu yang dibuat secara khusus untuk mereka. Produk custom dapat dikatakan produk limited edition karena hanya dibuat sesuai permintaan. Semakin limited jumlah barang yang sama, semakin unik dan berharga nilainya. 

  1. Pasar milenial suka kebebasan ide dan bangga untuk mempublikasikannya 

Tidak cukup hanya karena pakaian custom itu unik dan kreatif, namun desain yang custom juga mencerminkan sebuah aktualisasi ide. Generasi milenial dikenal dengan generasi sejuta ide. Banyak inovasi-inovasi bisnis yang lahir dari ide-ide kreatif mereka. Ide-ide tersebut akan lebih menarik jika juga diaplikasikan ke dalam model pakaian yang mereka beli dan pakai. 

 

    Prospek Bisnis Produk Pakaian Custom di Era Milenial

 

Pasar milenial juga sangat gemar mempublikasikan ide apa yang berhasil mereka cetuskan. Semakin bagus idenya, semangat untuk menunjukkannya pada publik semakin besar. Ada semacam kebanggaan yang tersemat di sana. Apalagi didukung oleh ekosistem teknologi digital yang semakin mapan. 

 

  1. Produk custom dapat menjadi sarana membentuk personal branding yang sangat penting untuk generasi milenial 

Saat ini setiap orang membutuhkan sebuah personal branding yang kuat untuk menunjukkan jati dirinya kepada khalayak. Generasi milenial butuh untuk membentuk citra diri yang positif, unik dan menarik untuk menambah value yang dimilikinya. Pembangunan citra itu dilakukan dengan berbagai hal, termasuk dengan menampilkan pada gaya berpakaian yang khas dan menunjukkan karakter mereka. Produk pakaian custom sangat cocok dan mampu memenuhi kebutuhan pasar milenial tersebut. 

 

Prospek Bisnis Produk Pakaian Custom di Era Milenial

 

  1. Produk custom lebih bernilai tinggi sehingga keuntungan yang didapat lebih besar

Semakin tinggi penghargaan pasar milenial atas produk-produk yang unik dan personal, produk akan dihargai semakin mahal. Pasar bersedia membeli produk pakaian yang custom ini meskipun harganya akan lebih mahal dari produk yang biasa ada di pasaran. Bagi mereka hal itu tidak masalah. Dari sisi pebisnis, tentu hal ini memberikan peluang keuntungan yang sangat besar. Pasar memiliki daya beli yang besar dan kebutuhan keinginan yang kuat untuk pakaian-pakaian yang custom. 

  1. Produsen hanya memproduksi by request, sehingga dapat mengendalikan modal operasional

Alasan kelima adalah dari segi biaya produksi. Selama ini para produsen mengeluhkan biaya produksi yang harus banyak agar dapat memulai sebuah usaha. Namun, produk yang sudah siap jual itu belum tentu akan laku semuanya. Bayang-bayang merugi tentu ada. Peluang keuntungan pun 50:50. 

 

Prospek Bisnis Produk Pakaian Custom di Era Milenial

 

Dengan strategi custom ini, produsen dapat memproduksi hanya ketika ada pesanan saja. Sehingga tidak perlu memproduksi terlalu banyak, karena yang akan diproduksi sudah ada jaminan laku. Hal ini juga dapat mengurangi kemungkinan merugi. Pebisnis dapat mengalokasikan modalnya untuk pengembangan strategi pemasaran atau operasional lainnya.

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 3
  • 1225 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article