Tutorial Membuat Dress ala Korea dari Inma Premium untuk Perayaan Natal | Toko Kain Surabaya

Windy 15 Dec 2021 at 8:16
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tutorial Membuat Dress ala Korea dari Inma Premium untuk Perayaan Natal

 

Momen spesial natal 2021 sudah di pelupuk mata. Umat kristiani dan katholik di seluruh dunia akan merayakan salah satu perayaan paling spesial tiap tahun. Berbagai produk khas untuk perayaan natal pun semakin banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Termasuk salah satunya menyiapkan pakaian khusus seperti dress untuk pesta perayaan natal. 

 

 

Ada sebagian orang yang lebih memilih untuk membeli dress di butik atau toko retail untuk mendapatkan dress natal. Sebagian lainnya lebih tertarik untuk membuat dress secara khusus karena ingin memakai setelan yang unik dan spesial. Untuk itulah di konten eksklusif edisi ini, Mitramulia membahas secara khusus tentang proses pembuatan dress ala korea untuk perayaan natal! 

 

Model Dress Pesta

Tema ala korea dipilih karena saat ini fashion dari negara Korea sedang banyak digandrungi di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia salah satunya. Sehingga dengan begitu dress yang dibuat akan memberikan kesan yang kekinian sesuai tren fashion saat ini. Berikut ini adalah beberapa model gaun yang dapat menjadi inspirasi untuk perayaan natal Anda: 

  1. Lace Dress

Lace dress menjadi  model gaun pesta yang banyak sekali dikenakan dalam pesta perayaan Natal. Dalam tema apapun disertai cutting yang tepat, Lace Dress selalu cocok sebagai busana ketika umat Kristiani berpesta Natal. Karakteristik Lace Dress selalu memberikan kesan ellegan dan mewah. Tidak mengherankan jika Lace Dress selalu menjadi pilihan dalam setiap perayaan, tidak terkecuali pada perayaan Natal.

 

 

Trik ketika memilih Lace Dress yang cocok dikenakan saat perayaan Natal adalah menentukan terlebih dahulu kesan apa yang ingin kamu pancarkan. Jika ingin terlihat anggun, Lace Dress dengan cutting A line dengan panjang sampai lutut akan cocok sekali. Sedangkan untuk kesan feminim, aksen ruffle atau peplum boleh coba kamu kenakan. Pemilihan warna akan mempengaruhi kesan ketika memakai lace dress. Merah akan memberikan kesan berani, sedangkan menawan untuk warna hitam. Untukmu yang tidak ingin terlihat mecolok, pilih lace dress warna-warna pastel, ya!

 

  1. Midi Dress

Pesta tidak selalu berkesan glamor yang berlebihan. Terlebih lagi jika perayaan Natal dilakukan bersama teman kerja atau rekan bisnis. Agar tampilan tetap sopan dan terlihat menawan, midi dress menjadi pilihan terbaik untuk dikenakan. Jika postur tubuh kecil, gunakan midi dress dengan mules heels. Namun, untukmu yang berpostur jenjang flatshoes merupakan pilihan terbaik.

 

 

Midi Dress akan selalu cocok dikenakan dengan model oversize yang mengembang ataupun yang sesuai bentuk tubuh. Tips agar model midi dress bisa dipakai dalam dua gaya, pilih midi dress yang dilengkapi tali pinggang, ya!

 

  1. Sabrina Dress

 

 

Kali ini model gaun yang sangat direkomendasikan untuk remaja atau dewasa muda. Sabrina dress adalah gaun dengan potongan bahu terbuka akan memberikan kesan fresh dan girly. Dengan ruffle yang punya panjang setengah dada atau lengan yang ber-cutting balon akan membuat sabrina dress tampak cantik. Panjang sabrina dress pun akan memberikan kebebasan sesuai selera penggunanya. Baik dengan panjang selutut atau menjadi long dress, sabrina dress tetap akan menguarkan sisi feminim dan anak muda.

 

Membuat Dress Natal ala Korea

Model dress yang akan dibahas lebih lanjut di dalam tutorial ini adalah model kedua (Midi Dress), tapi dengan variasi yang sedikit berbeda. Model yang dijadikan acuan adalah beberapa gambar berikut:

 

 

Bagian gaun dari pinggang hingga ke bawah mengacu pada gambar di atas. Sedangkan untuk pada bagian pinggang ke atas, mengacu pada gambar berikut ini:

 

Lalu pada bagian pinggangnya ditambahkan ornamen tali pinggang seperti pada gambar berikut:

 

 

Tema warna yang dipilih adalah warna khas natal, yaitu warna merah. Sedangkan untuk soal ukuran yang digunakan dalam pembuatan tunik ini, menggunakan ukuran berikut:

  • Lebar bahu 9 cm
  • lebar punggung 40 cm
  • Panjang lengan 57 cm
  • Keliling dada 85 cm
  • Panjang badan 80 cm
  • Keliling pinggang 75 cm
  • Keliling pinggul 95 cm

Anda juga bisa menggunakan ukuran custom sendiri atau menggunakan ukuran baju wanita universal seperti berikut ini:

 

Bahan-bahan

Setelah Anda menentukan model dress natal ala Korea seperti apa yang ingin dibuat, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah bahan. Karena ada banyak sekali bahan yang bisa Anda gunakan untuk pembuatan dress. Namun tentu saja ada beberapa bahan yang lebih disarankan dalam pembuatan outer dress untuk cuaca Indonesia, baik dari sisi tekstur maupun ketebalan. 

Bahan yang kami gunakan dalam konten eksklusif ini adalah Kain Inma Premium. Bahan ini kami pilih karenaringan namun kuat, sehingga sangat nyaman saat digunakan. Selain itu juga cukup baik dalam menyerap keringat. Warna yang dipilih dalam pembuatan dress dalam artikel ini adalah kode 723A (merah darah). 

Tentu saja Anda bisa menggunakan warna lain sesuai dengan selera atau bahkan menggunakan bahan kain bermotif. Seperti motif kotak-kotak, motif floral ataupun motif garis, sesuai model pilihan Anda.

 

Proses Pembuatan Dress

Jika semua bahan sudah tersedia, maka Anda bisa mulai menjalankan proses pembuatan outer dress natal ala Korea lebih lengkapnya di bawah ini:

  1. Pembuatan Pola

Jika Anda mengikuti tutorial ini dan menggunakan ukuran baju wanita universal, Anda bisa menggunakan pola baju wanita universal yang sudah tersedia. Namun jika Anda menggunakan ukuran yang lebih custom, maka Anda perlu membuat polanya terlebih dulu sesuai ukuran tersebut. Anda bisa melihat selengkapnya cara untuk membuat pola dasar baju wanita disini.

Jika Anda mengikuti model yang kami pilih, maka :

  • Pola besar untuk bagian utama dress, bagian depan dan bagian belakang.
  • Sedangkan pola bagian kecil terdiri dari pola untuk lengan, tali pinggang, ruffle bagian bawah 
  •  

 

  1. Pemotongan Pola

Jika pola sudah dibuat dan dipotong, maka langkah berikutnya adalah melakukan pemotongan kain sesuai dengan pola yang dipakai. Sangat disarankan untuk memakai gunting kain yang tajam, supaya hasil potongan menjadi rata dan halus. Anda bisa mulai memotong dari bahan yang paling dekat dengan tepian, mengikuti garis kampuh yang sudah dibuat. Potong dari yang paling besar, baru kemudian ke bagian-bagian yang lebih kecil seperti bagian tali dan kantong. 

 

 

  1. Menjahit Dress
  • Lakukan proses ini dari bagian yang paling kecil, untuk pembuatan dress ini misalnya seperti bagian tali dan bagian lengan (sesuai model yang Anda pilih) 
  • Satukan antara bagian belakang dan depan dengan menjahit bagian samping kanan dan kiri.
  • Jika Anda juga menginginkan tali untuk bagian pinggang, maka bagian tali ini juga ikut disertakan dalam proses menjahit bagian samping dress. Begitupun bagian tali untuk pinggang ikut disertakan.
  • Tahap berikutnya adalah menjahit bagian potongan leher dan bagian lengan. Anda juga dapat menambahkan ornamen seperti kancing di bagian dada. 
  • Setelahnya, Anda dapat menjahit bagian ruffle untuk potongan gaun bagian depan bawah hingga ke belakang.  Jika sudah, obras supaya tampilan dress ala Korea agar menjadi semakin rapi. 

Setelah semua proses selesai, dress akan tampak seperti foto di bawah ini:

 

 

 

 


 

 

Itulah tutorial membuat dress natal ala Korea berbahan Inma Premium yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 43
  • 1676 views


Recent Post


Related Article