Ide Acara Akhir Tahun untuk Para Karyawan | Toko Kain Surabaya

Windy 26 Dec 2021 at 8:01
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

5 Ide Acara Akhir Tahun untuk Para Karyawan

 

Akhir tahun selalu menjadi momen menarik yang enggan untuk dilewatkan tanpa mengukir sebuah makna spesial. Tidak hanya bersama keluarga saja, merayakan momen akhir tahun juga butuh dilakukan bersama teman-teman kerja. Rekan kerja adalah keluarga kedua kita, kenapa? Karena selama delapan hingga sembilan jam lima hari dalam seminggu, dihabiskan bersama mereka. Rekan kerja akan terus kita temui setiap hari selama kita bekerja di tempat yang sama. 

 

 

Jadi, menikmati akhir tahun bersama teman kerja juga dipandang perlu untuk merekatkan hubungan yang baik dan hangat. Sebuah hubungan interpersonal yang baik dengan sesama rekan kerja akan sangat menunjang produktivitas kita selama bekerja. Maka tidak heran, banyak perusahaan yang memanfaatkan momen pergantian tahun ini untuk membangun engage di antara karyawannya dengan berbagai acara.

 

Nah, berikut ini adalah lima ide yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan mengadakan acara apa untuk karyawan perusahaan anda. Yuk kita simak bersama!

 

Pesta kostum dengan tema tertentu

Pesta kostum. Apakah terdengar asing? Rasanya tidak. Ini adalah hal biasa yang sering kita lakukan pada hari-hari besar yang diperingati secara nasional. Selama di bangku sekolah pun seringkali kita harus memakai kostum yang berbeda dengan tema-tema tertentu. Sehingga, membuat acara pesta kostum bukanlah hal yang mustahil. Namun, mari kita buat pesta kostum yang lebih menarik daripada sekedar memakai kostum di perayaan hari nasional saja.

 

 

Bagaimana cara membuatnya jadi lebih menarik? Buatlah kompetisi dengan menawarkan hadiah yang cukup worth it untuk mereka kejar. Agar lebih menyenangkan, pesta kostum juga bisa dilakukan berkelompok. Grup mana yang paling totalitas, dapat memenangkan hadiah yang sudah disiapkan.

 

Pekan olahraga (Lari, bersepeda, futsal)

Akhir tahun dapat menjadi momen berharga untuk merayakannya dengan sesuatu yang menyenangkan juga menyehatkan, yaitu dengan mengadakan acara-acara olahraga. Kegiatan olahraga yang dipilih dapat disesuaikan dengan mayoritas yang disukai oleh karyawan dan semua orang mampu melakukannya. Kenapa harus mempertimbangkan semua orang? Karena harapannya kegiatan ini dapat diikuti oleh semua karyawan tanpa alasan tidak bisa. 

 

 

Pilihlah kegiatan olahraga yang mudah dan menyenangkan. Salah satu opsi yang paling memenuhi kriteria tersebut adalah lari. Perusahaan dapat mengadakan event fun run 5K dan 10K bagi yang sudah terbiasa olahraga. Hadiah dan undian juga bisa disiapkan untuk memeriahkan kegiatan.

 

Fun camp

Acara berkemah tidak akan kehilangan daya tariknya sekalipun sudah memasuki usia kerja. Berkemah justru diinginkan, karena menawarkan suasana alam yang masih asri dan membebaskan mereka dari suasana pekerjaan sehari-hari. Di dalam fun camp dapat diisi dengan berbagai kegiatan outbond ataupun susur hutan dan permainan-permainan lain yang dapat menyenangkan hati dan meningkatkan engage antar karyawan.

 

 

Fun camp dapat merefresh pikiran dan suasana hati para karyawan dari kejenuhan pekerjaan dan kehidupan di kota. Harapannya setelah acara selesai, mereka memiliki pikiran yang kembali segar pada tahun depan. Di dalam fun game dapat kita sisipi kegiatan-kegiatan yang semakin mengeratkan hubungan karyawan dan loyalitasnya kepada perusahaan.

 

Liburan ke luar kota

 

 

Hampir mirip dengan kegiatan fun camp, perbedaannya ada pada jenis kegiatan dan tempat bermalamnya. Fun camp mengutamakan nuansa kembali pada alam, lebih alami, bermalamnya pun di dalam tenda, memasak juga dengan alat-alat sederhana. Sedangkan ide keempat ini lebih modern dan fleksibel. Boleh dengan bermalam atau tidak, yang penting berlibur. Biasanya setiap perusahaan sudah memiliki agenda berlibur semua karyawannya setahun sekali. Akhir tahun dapat menjadi alternatif waktu untuk melakukan kegiatan tersebut.

 

Fun game

Banyak permainan seru yang dapat kita susun dalam sebuah acara akhir tahun. Fun game ini pun bisa dilakukan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Jika ingin mengadakan satu acara khusus untuk semua karyawan, maka sebaliknya membuat fun game dalam skala besar dan permainan yang melibatkan banyak orang. Agar semua karyawan dapat berperan dalam memainkan game dengan bahagia tanpa tekanan. 

 

 

Permainan-permainan tradisional dapat menjadi opsi yang menarik untuk dimainkan bersama, misalkan benteng-bentengan, gobak sodor dan sebaiknya. Permainan-permainan itu membutuhkan kerja sama tim yang baik. Sehingga tidak hanya mendapatkan kebahagiaan bermain game dan memperoleh hadiah, namun juga meningkatkan hubungan kerja sama yang baik diantara para karyawan. Mereka dapat saling mengenal dan berkomunikasi lebih banyak.

Hampir semua ide acara untuk karyawan ini tidak terlepas dari manfaat dan tujuan lain yang disisipkan untuk membangun engange di antara para karyawan. Tentunya perusahaan juga tidak ingin mengeluarkan budget secara Cuma-Cuma, harus ada manfaat yang diperoleh. Manfaat yang juga mendukung produktivitas dan hubungan antara karyawan pasca acara akhir tahun selesai. Sekian untuk tips yang bisa dibagi. Tertarik meramu salah satunya?

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 3
  • 2589 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article