Japan Drill Bahan Kain Ideal Untuk Semua Jenis Baju Seragam | Toko Kain Surabaya

Administrator 22 Nov 2020 at 22:22
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Japan Drill Bahan Kain Ideal Untuk Semua Jenis Baju Seragam

 

Ditilik dari sudut pandang manapun, seragam termasuk elemen penting untuk tiap institusi, industri, termasuk komunitas. Selain menjadi media penjelas identitas, seragam kerja juga menggambarkan baik buruknya citra perusahaan. Ini bisa dilihat dari bahan dasar seragam tersebut, yaitu jenis kain.

Terdapat jenis kain yang dinilai ideal untuk membuat seragam yaitu high quality Japan drill dan American drill. Singkatnya, American drill dicirikan sebagai kain dengan kelembutan (hand feel), kelenturan (stiffness), dan ketebalan tingkat medium, sementara Japan drill lebih tebal dengan tingkat kelembutan dan kelenturan sama-sama medium.

 

 

Kenapa Harus Japan Drill?

 

 

 

 

Setidaknya ada sejumlah fitur unggulan yang ditawarkan Japan drill sehingga cocok untuk seragam kerja, PDL, jas, almamater, kemeja kerja, bahkan celana. Secara umum, Japan drill lebih disarankan untuk membuat seragam outdoor karena kualitas bahannya lebih awet.

  • Tahan Gesekan dan Tarikan

Idealnya, seragam apapun harus tahan gesekan dan tarikan karena fungsi utamanya tetap sebagai pelindung tubuh. Japan drill memiliki karakteristik ini sehingga banyak dipilih sebagai bahan dasar seragam kerja. Untuk jangka panjang, penggunaan Japan drill sebagai seragam bisa mengurangi beban operasional karena tak harus memperbarui seragam tiap berganti periode.

  • Tak Mudah Terbakar

Saat ini terdapat dua bahan utama untuk membuat kain drill, yaitu polyester dan katun. Sementara bahan polyester unggul dalam aspek keringanan, tapi ini juga yang membuatnya jadi lemah karena kurang tahan api. Dikontruksi dengan komposisi katun lebih tinggi, Japan drill menawarkan ketahanan tingkat tinggi sehingga tak mudah terbakar.

  • Tak Mudah Kusut

Tingkat ketebalan tinggi menghadirkan kelebihan tersediri pada Japan drill, yaitu tak mudah kusut. Potensi terjadinya lipatan pada baju, seperti di bagian bawah kemeja, juga bisa dihindari. Itu berarti, proses perawatan Japan drill juga lebih mudah dibanding jenis kain drill lain.

  • Tahan Lipatan dan Penyusutan

Serat tinggi pada bahan baju Japan drill membuat kain ini tahan lipatan dan penyusutan. Faktor ini juga berkontribusi pada tingkat ketebalan yang dimiliki Japan drill. Hasilnya berupa kain yang cenderung tebal tapi sangat tahan lipatan dan penyusutan meski berulang kali dipakai.

 

Apa Saja Karakteristik Japan Drill?

 

 

Hampir semua karakteristik Nagata drill, yang saat ini dinilai sebagai kain drill paling premium, dimiliki Japan drill. Komposisi serat benang tinggi, permukaan lembut, disertai daya serap tinggi, membuat Japan drill tak kalah bagusnya dengan Nagata.

  • Hand Feel

Biasa dimaknai dengan tingkat kelembutan kain, hand feel bisa dirasakan saat kain diusap dengan tangan atau saat berinteraksi kulit. Seragam termasuk jenis pakaian yang menempel di tubuh dan frekuensi gesekan dengan kulit pasti tak bisa dihindari. Itu berarti, kain drill terbaik punya kontribusi langsung dalam menjaga kulit, dan Japan drill memiliki kualitas ini.

  • Fisik Rajutan

Serat katun yang dibentuk dengan pola diagonal memberi tekstur tersendiri yang menyerupai hasil rajutan jika dilihat lebih cermat. Sekilas tampak kasar jika dilihat, tapi sebenarnya cukup lembut semisal dipegang. Ini tak salah karena bahan baju Japan drill memang tebal meski cukup lemas saat digunakan.

  • Stiffness

Tingkat kekakuan (stiffness) akan berpengaruh pada kelenturan kain. Seragam kerja yang baik idealnya harus lentur sehingga bisa mempermudah pergerakan saat dipakai. Walau memiliki ketebalan tinggi, tapi Japan drill cukup lentur sehingga memungkinkan pemakainya untuk tetap bisa bergerak bebas.

  • Durable

Bahan baju Japan drill sangat tahan lama meski dicuci dan digunakan berulang kali. Ketahanan ini bisa dilihat dari kualitas kain yang tak mudah mengalami deformasi, baik dari segi bentuk dan warna. Dengan perawatan yang tepat, baju atau seragam akan tampak seperti baru untuk jangka waktu lama.

  • Breathable

Karakteristik ini membuat bahan baju Japan drill lebih baik dalam sirkulasi udara. Dalam artian, pori-pori pada fisik rajutan bisa memberi kesempatan udara berganti sehingga tingkat oksigen yang dibutuhkan kulit tetap terjaga. Selain itu, keringat lebih bisa dikontrol kadarnya.

Daya serap keringat yang ditawarkan cukup tinggi dan mampu bekerja maksimal pada semua kondisi sehingga high quality Japan drill terkesan premium. Sedikit berbeda dengan Nagata drill yang hanya bisa menyerap keringat saat kain dalam kondisi dingin.

Bagaimana Cara Merawat Kain Japan Drill?

 

 

Japan drill memakai kombinasi katun dan polyester yang kemudian dirajut secara diagonal atau miring. Berbeda dengan jenis lain, high quality Japan drill menggunakan komposisi katun yang lebih tinggi dibanding polyester. Itu sebabnya, kain tampak lebih tebal.

Dengan komposisi katun yang lebih banyak, proses perawatan kain Japan drill nyatanya tak sesulit seperti yang dibayangkan. Cara mencuci seragam kerja dari kain Japan drill kurang lebih serupa dengan kain jenis lain. Diawali merendam baju selama 30 menit, lalu cuci seperti biasa, baik dengan mesin atau tangan.

Selesai mencuci, baiknya jemur bahan baju Japan drill di tempat yang terhindar dari matahari langsung. Saat menjemur, pastikan membalik pakaian sehingga sisi dalam ada di luar. Begitu juga saat menyetrika, usahakan jangan memakai suhu tinggi karena pada kondisi tertentu mampu melelehkan serat katun.

Terkait penyimpanan pakaian dari high quality Japan drill, tak ada anjuran khusus. Hanya saja, seragam baiknya disimpan dengan cara digantung, bukan dilipat. Ini dimaksudkan untuk mengurangi potensi terjadinya lipatan dan kain kusut sehingga durasi pakai menjadi lebih lama.

 

Berapa Harga Kain Japan Drill?

 

 

Sempat disebut sebelumnya, Nagata drill bisa dianggap sebagai satu di antara produk premium kain drill, itu sebabnya harganya cenderung lebih mahal. Tapi dengan fitur dan kualitas yang sama, Japan drill menawarkan harga lebih ramah.

Sama-sama unggul dalam aspek daya serap keringat, tahan kusut dan tarikan, warna tak mudah luntur, dan permukaan halus, tapi high quality Japan drill lebih ekonomis. Semisal menginginkan jenis kain yang fleksibel dan mampu menunjang semua aktivitas, Japan drill sangat direkomendasikan dilihat dari aspek manapun, terlebih untuk iklim tropis seperti di tanah air.

Sebagai distributor terlengkap dan terpercaya, mitra mulia menawarkan bahan baju Japan drill dengan harga Rp. 28,000 per meter untuk semua varian. Tersedia juga katalog lengkap sebagai acuan untuk memilihi warna, dan jangan lewatkan penawaran menarik lain untuk tiap pembelian tanpa syarat.

Di Mitra Mulia, beragam pilihan warna Japan drill sudah tersedia dalam bentuk kode guna memudahkan saat memilihi jenis warna. Tak harus membeli satu pis utuh jika ingin mengetahui kualitas kain drill. Anda bisa membeli eceran dengan dengan harga per meter untuk mencobanya. Informasi selengkapnya terkait Japan drill bisa didapat dengan menghubungi kontak layanan konsumen yang tersedia. Kami sangat bersedia membantu Anda menemukan kain yang tepat sesuai kebutuhan.

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 95
  • 10347 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article