Tutorial Membuat Topi ala Santa Claus | Toko Kain Surabaya

Windy 4 Dec 2021 at 7:55
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tutorial Membuat Topi ala Santa Claus

 

Keceriaan natal bukan hanya datang dari momen kebersamaan dengan keluarga dan libur selama beberapa hari. Berbagai ornamen juga turut berpengaruh menciptakan suasana natal yang berkesan, termasuk salah satunya kehadiran “Santa Claus” dan kado-kado natal. Khususnya bagi anak-anak, melihat orang yang mengenakan kostum dan topi ala santa claus saja sudah menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi mereka. 

Untuk itulah, Mitramulia melalui artikel ini membahas secara khusus tentang tutorial untuk membuat topi ala Santa Claus. Topi ini bisa digunakan sebagai tambahan aksesoris untuk merayakan natal bersama keluarga dan sekaligus membahagiakan anak-anak. Bagi para penjual baju, ini juga dapat menjadi ide untuk menjual produk khas natal. Simak lebih lengkapnya tutorial membuat topi ala Santa Claus di bawah ini!

 

Rekomendasi Fleece Bahan Hoodie  Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Model Topi ala Santa Claus

  1. Polos

Setiap perayaan Natal tidak akan lengkap tanpa topi seperti milik Santa Claus. Topi dengan desain kerucut dan dengan kombinasi warna merah dan putih tersebut menjadi aksesoris penting ketika merayakan pesta Natal. Salah satu model yang tidak pernah lekang oleh waktu adalah topi santa claus polos.

Desain dengan pinggiran topi berwarna putih dengan kerucut merah mudah sekali didapatkan baik pembelian secara online maupun langsung ke toko yang menjual pernak-pernik natal.Beragam kualitas bahan yang ditawarkan untuk topi santa claus polos ini. Mulai dari yang berbahan katun, non woven, flanel maupun velboa. Jika hendak membeli topi natal polos secara online, jangan lupa teliti baca deskripsi. Hal ini akan menghindari kekeliruan membeli topi polos yang punya tingkatan kualitas.

 

  1. Dilengkapi LED

Kreativitas dalam fashion pun merambat dalam trend model topi santa claus ketika Natal. Dilengkapi dengan lampu LED yang dapat menyala, model ini tidak hanya menarik hati anak-anak melainkan juga remaja. Model yang serupa dengan topi santa claus polos dengan tambahan detail beberapa bintang yang dapat menyala pada pinggiran topi berwarna putih menjadi desain yang dapat dipakai segala usia.

 

 

 

Untuk model topi santa claus dirancang khusus untuk anak-anak adalah topi yang bermodel bunny hat. Dilengkapi tali menjuntai berukuran besar di kanan kiri, membuat si kecil akan tampak menggemaskan dan juga riang.

 

  1. Kup luk Rajut

Topi santa claus dengan model kupluk rajut juga menjadi salah satu model topi yang banyak digunakan dalam perayaan natal. Model topi santa claus berbahan rajut ini direkomendasikan untuk topi anak yang berusia di bawah lima tahun. Desain yang simpel dan tidak panjang tentunya akan cocok dengan anak-anak.

 

 

Motif rajut yang beraneka seperti rusa, wajah Santa Claus, lonceng semakin membuat gemas anak kecil yang memakainya. Jika ingin yang polos, topi rajut Santa Claus juga tersedia dengan model kurcaci. Cocok sekali dipakai kompakan dengan keluarga. Hal ini karena topi rajut santa claus bisa dipakai unisex dan tersedia ukuran dari anak hingga dewasa.

Penyiapan Bahan-bahan

Jika sudah memilih model rancangan untuk topi ala Santa Claus, Anda bisa mulai menulis daftar bahan yang akan digunakan. Dalam tutorial menjahit topi Santa Claus kali ini, Mitramulia akan membuat model topi Santa Claus polos. Berikut ini adalah beberapa bahan yang kami siapkan:

  1. Kain Fleece Merah (1x1 meter)
  2. Kain Fleece Putih (0,5x1 meter)
  3. Bola bulu putih (untuk ujung topi) 

 

 

Kami menggunakan kain fleece karena memiliki tekstur yang semi berbulu sehingga akan menghasilkan permukaan yang lembut berbulu ala topi Santa Claus. Ukuran yang digunakan dapat disesuaikan sesuai dengan calon pemakai atau pasar yang ditarget. Untuk ukuran topi, Anda dapat menggunakan acuan ukuran universal berikut ini:

 

 

Pembuatan Topi ala Santa Claus

Setelah semua bahan di atas siap, Anda bisa melanjutkan pada proses pembuatan. Berikut ini adalah tahap-tahap pembuatan topi Santa Claus:

  1. Pembuatan dan Pemotongan Pola 

Pola akan dibutuhkan untuk proses pemotongan kain, sehingga ini perlu dilakukan terlebih dulu. Pola yang perlu dibuat tentunya sesuai dengan model topi yang Anda pilih. Pola yang dibuat adalah seperti jaring-jaring kerucut yakni ? lingkaran. 

Setelahnya pola dipotong, pindahkan pola pada bahan kain yang sudah disiapkan. Bisa gunakan kapur jahit untuk menggambar pola. Selalu ingat untuk menggunakan gunting yang benar-benar tajam saat memotong kain. 

 

  1. Menjahit
  • Proses menjahit dilakukan dengan menyatukan bagian putih dan bagian merah terlebih dulu. Bagian kain fleece putih di tumpuk di atas kain fleece merah dan dijahit pada bagian tepi dan bagian tengah. 
  • Setelah bagian putih dan merah menyatu, maka tahap berikutnya adalah menyatukan garis sehingga topi dapat berbentuk kerucut. 
  • Setelah topi jadi, bola bulu dapat ditambahkan pada bagian ujung kerucut topi

 

  1. Finishing

Pada tahap finishing, bisa dilakukan obras dan pengepresan dengan setrika untuk membuatnya lebih rapi.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 53
  • 4264 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article