Tutorial Membuat Jaket Olahraga dengan Kain Diadora | Toko Kain Surabaya

Windy 20 Dec 2021 at 7:52
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tutorial Membuat Jaket Olahraga dengan Kain Diadora

 

 

Saat berolahraga, sebagian orang lebih suka untuk memakai jaket olahraga. Khususnya untuk beberapa jenis olahraga seperti jogging, bersepeda, yang berada di luar ruangan. Selain dapat melindungi dari sinar matahari, penggunaan jaket juga menstimulus lebih banyak keringat untuk keluar. Dengan begitu pengeluaran racun tubuh dapat semakin efektif. 

Nah, untuk konten eksklusif bulan ini, Mitramulia akan membagikan tutorial untuk membuat jaket olahraga menggunakan kain Diadora. Kenapa kain diadora? Anda akan mengetahui alasan selengkapnya di bawah ini!

 

Pilihan Warna Bahan Diadora Bahan Pakaian Olahraga Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Tentang Kain Diadora

Orang sering menyebut kain diadora sebagai kain khusus untuk pakaian olahraga. Kain ini banyak dimanfaatkan untuk pembuatan celana, jaket dan baju olahraga. Kain ini memiliki permukaan luar yang mengkilap. Sifatnya tersebut disebabkan oleh kandungan serat sintetis yang dibuat dari campuran polyester. Hal itu memungkinkan kain ini untuk diproduksi dalam banyak pilihan warna. 

Sangat berbeda dengan permukaan bagian luar, bagian dalam dari kain ini justru lembut. Teksturnya seperti bulu halus, terbuat dari serat polyester yang dipintal dengan rapat. Permukaan yang seperti itu membuat kain diadora sangat nyaman untuk digunakan aktivitas yang banyak bergerak. Itulah mengapa kain ini banyak dimanfaatkan dalam pembuatan baju olahraga. 

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain

 

Model Jaket Olahraga

Sebelum membahas tentang proses pembuatan, penting untuk membahas terlebih dulu beberapa model jaket olahraga. Hal ini nantinya dapat menjadi pedoman Anda dalam menjahit. Berikut ini adalah beberapa model jaket olahraga yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi:

 

  1. Jaket Fitness (Workout Jacket)

 

Jaket olahraga jenis ini biasanya dibuat dari bahan yang sangat elastis. Tujuannya supaya pemakai akan tetap nyaman ketika harus banyak gerak atau berlari. Ukurannya biasanya dibuat pas dengan tubuh, agar tidak mengganggu saat bergerak. Salah satu ciri khasnya, pada bagian tangan terdapat pengait untuk menjaga agar lengan tidak tertarik ke atas selama berolahraga. Di bawah ini adalah salah satu contohnya. 

 

 

  1. Jaket Lari (Running Jacket)

Untuk jaket jenis ini modelnya cenderung lebih longgar namun tetap pas tubuh. Tidak terlalu oversize, agar tidak mengganggu saat berlari. Bahannya yang digunakan tidak perlu yang terlalu elastis, namun perlu pori-pori kain yang rapat. Karena itu akan memicu keringat untuk keluar lebih banyak saat berlari. Berikut ini adalah salah satunya.

 

 

  1. Jaket Bomber

Jaket model satu ini termasuk salah satu yang sangat populer di Indonesia. Selain bisa digunakan untuk olahraga, jaket ini juga umum dipakai untuk pendukung tampilan kasual. Biasanya digunakan untuk olahraga outdoor, karena umumnya dibuat dengan bahan yang relatif tebal. Dengan ciri khas kerah, pergelangan tangan dan karet pinggang yang elastis. 

 

 

 

Pembuatan Jaket Rafel

Jaket yang akan dibuat dalam tutorial satu ini mengacu pada model jaket ke-3, yaitu jaket bomber. Jaket juga akan ditambahkan kerah pada bagian atas. Dengan warna silver. Berikut ini adalah penampakan permukaan kain diadora yang kami gunakan:

 

 

 

Sedangkan untuk ukuran yang digunakan pada pembuatan jaket diadora dalam artikel ini antara lain:

  • Lebar bahu 11 cm
  • lebar punggung 42 cm
  • Panjang lengan 59 cm
  • Keliling dada 85 cm
  • Panjang badan 76 cm

 

Anda juga bisa menggunakan ukuran custom sendiri atau menggunakan ukuran baju universal seperti berikut ini:

 

 

Beberapa bahan lain yang digunakan dalam tutorial ini antara lain: 

 

  1. Kain jala (jaring)

Kain ini banyak digunakan untuk pembuatan rompi polisi. Selain itu banyak digunakan untuk furing jaket atau tas. Dalam konteks ini, kain jala yang digunakan adalah kain jala berwarna hitam. Dimanfaatkan untuk furing jaket. 

 

  1. Kain Manset 

Kain ini adalah jenis kain elastis yang biasanya digunakan untuk bagian pinggang, pergelangan dan kerah jaket bomber. Permukaan kainnya seperti gambar di bawah ini.

 

 

  1. Resleting jaket 

Resleting ini nantinya digunakan untuk bukaan depan.

 

Jika semua bahan dan alat sudah tersedia, maka Anda bisa melanjutkan pada proses berikut ini:

 

  1. Pembuatan Pola 

 

 

Jika Anda mengikuti tutorial ini dan menggunakan ukuran baju universal, Anda bisa menggunakan pola baju wanita universal yang sudah tersedia. Namun jika Anda menggunakan ukuran yang lebih custom, maka Anda perlu membuat polanya terlebih dulu sesuai ukuran tersebut. Anda bisa melihat selengkapnya cara untuk membuat pola dasar jaket disini.

Berikut gambaran umum pola yang dibuat berdasarkan ukuran yang telah ditentukan di atas:

 

  • Pola besar untuk jaket terdiri dari pola bagian depan dan bagian belakang. 
  • Sedangkan pola bagian kecil terdiri dari pola lengan, pola kerah dan pola kantong. 

 

  1. Pemotongan Pola

Tahap berikutnya adalah memotong pola yang sudah dibuat. Disarankan untuk memakai gunting yang benar-benar tajam agar hasil potongan rapi. Anda bisa memulai potongan dari bagian yang dekat dengan tepian, mengikuti garis yang sudah dibuat. Sampai dihasilkan potongan pola seperti yang tampak di gambar atas. 

 

  1. Menjahit Jaket Olahraga 

 

 

Untuk proses penjahitan, Anda bisa mulai melakukannya dari bagian-bagian kecil terlebih dulu seperti kerah, lengan dan kantong. Kemudian dilanjutkan dengan bagian-bagian yang besar (bagian badan).

  • Berdasarkan pada model yang telah ditentukan, untuk bagian depan terdiri dari dua potong kain, kanan dan kiri. 
  • Satukan antara bagian belakang dan depan dengan menjahit bagian pundak, kemudian bagian samping kanan dan kiri. Satukan bagian bawah dengan bagian pinggang yang dibuat dengan kain manset. Jika sudah, obras supaya tampilan jaket menjadi semakin rapi.
  • Jahit bagian lengan dan gabungkan dengan bagian ujung lengan yang terbuat dari kain manset. Satukan bagian lengan dengan potongan bagian badan yang sudah menyatu. Kemudian satukan bagian kerah dengan bagian badan yang sudah menyatu. 
  • Setelahnya, Anda tinggal memasang bagian kantong, resleting dan merapikan bagian-bagian tepi. 
  • Setelah selesai semuanya, Anda bisa memasang furing untuk membuat bagian dalamnya tampak lebih rapi, sekaligus menutupi jahitan dalam dan bagian kantong, agar tidak terlihat. 

 

Setelah semua proses selesai, bagian depan jaket olahraga yang dibuat akan tampak seperti foto di bawah ini:

 

 

 

Sedangkan untuk bagian belakang akan tampak seperti gambar di bawah ini:

 

 

Itulah tutorial membuat jaket olahraga yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain

 

 


 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 75
  • 3286 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article