Tutorial Membuat Blouse Kekinian dengan Kain Inma | Toko Kain Surabaya

Windy 30 Nov 2021 at 7:30
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tutorial Membuat Blouse Kekinian dengan Kain Inma

 

Blouse sudah umum menjadi salah satu andalan untuk baju atasan. Sering terlihat dikenakan saat bekerja atau menghadiri acara formal. Dalam momen lainnya, kita juga tak jarang melihatnya dikenakan untuk acara yang lebih kasual, dengan paduan setelan lainnya seperti celana jeans atau rok. Bentuknya yang sangat beragam membuat penampilan terlihat lebih variatif dan tidak membosankan. 

 

Itulah mengapa Mitramulia ingin membagikan tutorial membuat blouse kekinian melalui artikel ini. Seperti apa blouse kekinian yang ingin dibuat? Simak lebih lengkapnya di bawah ini!

 

Model Blouse Kekinian 

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana langkah-langkah membuat blouse, lebih baik untuk membahas terlebih dulu model-model blouse kekinian. Supaya nantinya bisa menjadi inspirasi untuk rancangan blouse seperti apa yang bisa Anda buat. Berikut ini adalah beberapa model blouse kekinian:

 

  1. Blouson

 

 

Blouse model ini memiliki keunikan pada sisi kerutan di bagian pinggang. Bagian itu pada akhirnya membuat bagian badan terlihat agak menggembung. Blouse model ini biasanya menggunakan bahan yang ringan. Sangat cocok untuk dipadukan dengan celana high weist atau rok untuk kesan lebih manis.

 

  1. Camp Shirt Blouse

 

 

Blouse model ini memiliki ciri khas pada potongan yang longgar baik di bagian badan maupun bagian lengan. Selain itu sebagian juga dilengkapi dengan dua kantong di bagian dada. Umumnya, blouse model ini juga disebut dengan kemeja.

 

  1. Blus Sabrina

 

 

Sedangkan untuk model blouse yang satu ini, memiliki ciri khas pada bagian atas. Modelnya membiarkan bahu terbuka lebar. Kadang dilengkapi dengan tali bahu yang tipis, kadang tidak sama sekali. Biasanya untuk model yang tanpa tali, bagian atasnya dibuat menjadi model kerutan, seperti bagian bawah blouson. 

 

  1. Blouse Ruffle

 

 

Blouse ini menjadi salah satu andalan para wanita dengan tubuh kurus. Karena potongan ruffle-nya membuat blouse ini lebih ‘berisi’. Posisi ruffle bisa sangat beragam, ada yang di bagian garis leher, bagian dada, bagian lengan dan bagian pinggang. 

 

  1. Wrap Blouse

 

 

Blouse ini akan selalu dilengkapi dengan tali bagian pinggang. Karena tali itu berfungsi untuk menjaga blouse tertutup. Mengingat model blouse ini umumnya tidak dilengkapi dengan kancing, sehingga hanya mengandalkan tali tersebut. Bentuk potongan lehernya juga unik V-neck, hasil potongan dari bagian depan blus yang dililitkan ke tubuh. 

 

Membuat Blouse Kekinian

 

Blouse yang akan kita bahas dalam artikel ini menggunakan model blouse ruffle. Berikut ini adalah model blouse yang menjadi acuan untuk tutorial ini:

 

 

Namun akan ada sedikit variasi yang berbeda terutama pada ruffle bagian bawah yang bentuknya dibuat agak melengkung ke bawah. Lengan balon pada model ini ini akan membuatnya sangat cocok dipakai terutama untuk wanita berbadan kurus atau tangan kecil. Anda juga bisa menemukan lebih banyak model untuk menjadi inspirasi percobaan kali ini. Bisa dicari di marketplace seperti Shopee, Tokopedia ataupun mesin pencarian Google.

 

Sedangkan untuk soal ukuran yang digunakan dalam pembuatan tunik ini, menggunakan ukuran berikut:

  • Lebar bahu 9 cm
  • lebar punggung 40 cm
  • Panjang lengan 57 cm
  • Keliling dada 80 cm
  • Panjang badan 76 cm
  • Keliling pinggang 70 cm
  • Keliling pinggul 77 cm

 

Anda juga bisa menggunakan ukuran custom sendiri atau menggunakan ukuran baju wanita universal seperti berikut ini:

 

 

Bahan-bahan

 

Setelah Anda menentukan model blouse seperti apa yang ingin dibuat, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah bahan. Karena ada banyak sekali bahan yang bisa Anda gunakan untuk pembuatan blouse. Namun tentu saja ada beberapa bahan yang lebih disarankan dalam pembuatan blouse ruffle, baik dari sisi tekstur maupun ketebalan. Supaya ruffle berhasil mengembang dengan cukup baik, gunakan bahan yang cukup kaku, jangan yang terlalu jatuh. Karena hal itu akan membuat lengkungan ruffle kurang terbentuk. 

 

Bahan yang kami gunakan dalam pembuatan blouse ini adalah Kain Inma Premium. Bahan ini kami pilih karena menampilkan kesan yang eksklusif dan elegan dari warnanya yang mengkilap dan bahannya yang ringan dan sejuk, sehingga nyaman dipakai. Selain itu bahannya juga bisa membentuk lengkungan ruffle dengan cukup baik. Kami memakai kain Inma Premium kode 009.

 

Proses Pembuatan

 

Jika semua bahan sudah tersedia, maka Anda bisa mulai menjalankan proses pembuatan blouse lebih lengkapnya di bawah ini:

 

  1. Pembuatan Pola

Jika Anda mengikuti tutorial ini dan menggunakan ukuran baju wanita universal,, Anda bisa menggunakan pola baju wanita universal yang sudah tersedia. Namun jika Anda menggunakan ukuran yang lebih custom, maka Anda perlu membuat polanya terlebih dulu sesuai ukuran tersebut. Anda bisa melihat selengkapnya cara untuk membuat pola dasar baju wanita disini.

  • Pola besar untuk baju tunik modern terdiri dari pola bagian depan dan bagian belakang serta bagian ruffle. 
  • Sedangkan pola bagian kecil terdiri dari pola lengan. 

 

  1. Pemotongan Pola

Jika pola sudah dibuat dan dipotong, maka langkah berikutnya adalah melakukan pemotongan kain sesuai dengan pola yang dipakai. Sangat disarankan untuk memakai gunting kain yang tajam, supaya hasil potongan menjadi rata dan halus. Anda bisa mulai memotong dari bahan yang paling dekat dengan tepian, mengikuti garis kampuh yang sudah dibuat. Potong dari yang paling besar, baru kemudian ke bagian-bagian yang lebih kecil, seperti lengan dan ruffle. 

 

  1. Menjahit Blouse

 

 

Lakukan proses ini dari bagian yang paling kecil, untuk pembuatan blouse ini misalnya seperti bagian lengan dan ruffle di bagian pinggang. 

 

  • Karena blouse ini ingin bagian resleting di bagian belakang, lebih baik dijahit terlebih dulu. Disarankan juga untuk menggunakan sepatu jahit khusus yang sesuai.
  • Satukan antara bagian belakang dan depan dengan menjahit bagian pundak. 
  • Jahit bagian lengan dan satukan bagian lengan dengan potongan bagian badan yang sudah menyatu. 
  • Jika sudah, jahit bagian sisi samping blouse kanan dan kiri. Jika sudah, obras supaya tampilan blouse menjadi semakin rapi. 
  • Jika sudah selesai, Anda bisa menambahkan variasi kantong jika memang ingin menambahkan kantong. Jika Anda mengikuti model yang kami gunakan, disarankan untuk menggunakan kantong samping yang tidak terlihat. Sehingga memasangnya sekaligus saat proses jahit samping. 

 

 

Setelah semua dilakukan proses pengepresan dengan setrika, blouse akan tampak seperti foto di bawah ini:

 

 

 

 

Itulah tutorial membuat blouse ruffle kekinian yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe


Recent Post


Related Article