Tips Memulai Bisnis Konveksi dengan Modal Kecil | Toko Kain Surabaya

Windy 1 Oct 2021 at 7:42
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Memulai Bisnis Konveksi dengan Modal Kecil

 

Kenapa modal kecil dianggap hambatan untuk memulai bisnis konveksi?

 

Dilihat sekilas dengan mata saja sudah bisa diperkirakan berapa modal awal yang diperlukan untuk mendirikan bisnis konveksi. Melihat banyaknya alat dan mesin yang dibutuhkan dalam sekali produksi, variasi bahan yang harus disediakan dan para penjahit handal yang mesti direkrut untuk melakukan produksi, kalkulasi kasarnya saja sudah terlihat di depan mata, puluhan bahkan bisa ratusan juta. Belum lagi dengan lokasi produksi yang juga harus disediakan khusus. Makin banyak mesin jahit dan pegawainya, makin besar pula lokasi yang dibutuhkan. 

 

penjahit konveksi sedang menjahit

 

Misalkan saja kita kalkukasi untuk bisnis konveksi yang masih skala rumahan dengan pegawai tak lebih dari sepuluh orang. Dengan sepuluh orang itu, setidaknya membutuhkan sepuluh mesin jahit yang mungkin beda-beda spesifikasinya. Ada yang bertanggung jawab untuk menjahit, mengobras, memotong kain, dan sebagainya. Tentu saja sepuluh orang ini juga membutuhkan area kerja dengan keluasan berbeda. Butuh sepuluh mesin dengan lokasi produksi yang cukup menampung. 

 

Misalkan bisnis masih skala rumahan sehingga tempatnya ada di rumah, namun bukan rumah tinggal karena butuh tempat yang lebih luas. Butuh biaya sewa bahkan mungkin membeli. Lalu menggaji pegawai yang sepuluh orang itu, setidaknya membutuhkan 20-25 juta per bulan dengan asumsi gaji per orangnya 2-2,5 juta. Peralatan produksi juga tak murah. Dari rentang harga 2-10 juta lebih per mesinnya. Lalu membeli bahan kain, benang dan aksesoris lainnya juga butuh biaya yang tak murah, karena makin banyak membeli di agen harga bisa lebih murah. 

 

Itu semua belum termasuk kebutuhan air, listrik dan lain-lain untuk operasional harian. Dari rincian kasar tersebut, bisa kita bayangkan berapa puluh juta yang mesti disediakan untuk membuka sebuah bisnis konveksi pada level rumahan, apalagi yang sudah besar seperti garmen?

 

penjahit konveksi sedang menjahit

 

Nah, besarnya biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis konveksi ini cukup membuat gentar para pengusaha baru yang ingin menggeluti bidang konveksi. Kebutuhan modal yang sangat besar itulah yang menjadi salah satu jawaban kenapa modal kecil seakan mustahil untuk memulai bisnis konveksi. Namun, diera yang bergerak berubah ini, segala bidang bisnis sedang didisrupsi. Hal-hal lama yang dipandang tak relevan lagi dengan kondisi saat ini mulai ditinggalkan dan berganti dengan suatu kebiasaan baru yang sangat tak biasa, salah satunya membuka bisnis konveksi dengan modal kecil. 

 

Dulu mungkin ide berbisnis konveksi dengan modal kecil terdengar tak masuk akal, namun saat ini menjadi sangat mungkin. Ya, solusinya adalah melakukan kemitraan bisnis konveksi. Kemitraan konveksi menjadi jawaban untuk para pebisnis muda yang ingin memulai usaha konveksi ini meski modal sangat terbatas. Bagaimana gambarannya? Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini! 

 

Kemitraan Bisnis adalah Solusi

 

2 orang sedang berjabat tangan

 

Kemitraan mengusung kerja sama yang memberikan keuntungan untuk kedua pihak. Kemitraan ini bisa dengan sesama perusahaan di bidang yang sama ataupun berbeda. Bermitra bisa dilakukan dengan berbagi beban modal, berbagi tugas produksi, atau berbagi tugas pemasaran. 

 

Jika Anda baru memulai bisnis ini, anda tak perlu harus menyiapkan semua peralatannya sendiri, ataupun merekrut dan menggaji pegawai sendiri. Anda bisa melakukannya dengan bekerja sama dengan para penjahit lepas yang anda kenal maupun yang sudah profesional yang menerima jasa jahitan. Kita tak perlu menggaji mereka karena tidak menjadi pegawai kita. Jika memiliki jaringan penjahit handal, kita bisa melakukan sharing job dengan mereka dan membayar sesuai omset pekerjaan saja. Dengan cara-cara ini, kita bisa tetap melakukan produksi tanpa harus menyediakan alat-alat produksi dan penjahitnya sendiri. 

 

penjahit konveksi sedang menjahit

 

Pilihan lainnya jika anda bermitra dalam bidang pemasarannnya, anda bisa meminta bantuan mitra marketing anda untuk memasarkan brand bisnis konveksi anda. Anda tak perlu pusing memikirkan strategi pemasarannya karena sudah ada mitra bisnis yang lebih ahli untuk melakukannya. Anda juga tak perlu menggaji karyawan yang khusus memasarkan produk Anda, karena sudah ada mitra yang menghandelnya. Biaya akan terpangkas jauh lebih murah karena pembayarannya per proyek ataupun sharing keuntungan. 

 

Kemitraan ini selain menguntungkan untuk kita juga bisa membantu perekonomian para penjahit di lingkungan kita. Bisa dikatakan bahwa kedua pihak sama untungnya. Kita terbantu dengan biaya yang terjangkau, para mitra bisnis konveksi pun juga mendapatkan job dan pembayaran dari kita. 

 

Alternatif lainnya kita bisa membangun kerjasama mitra dengan perusahaan yang lebih besar. Saat ini banyak perusahaan konveksi besar yang membuka penawaran kerja sama kemitraan dengan berbagai paket harga yang bisa kita sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Kerja sama itu berupa paket-paket penyediaan alat-alat produksi murah, paket tenaga produksi ataupun paket marketing produk dari perusahaan untuk para start up konveksi. Kita bisa juga memanfaatkan ini untuk memulai bisnis konveksi dengan modal kecil.

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 3
  • 1967 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article