Windy 27 Sept at 7:17
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Bahan Kain yang Banyak Dipakai untuk Jaket Olahraga

 

Tak hanya kaos dan celana olahraga saja yang penting diperhatikan bahannya, jaket olahraga pun juga memiliki kontribusi yang sama dalam mengoptimalkan performa olahraga dan kenyamanan kita dalam berolahraga. Sekalipun jaket olahraga biasanya hanya dipakai sebelum atau sesudah berolahraga, tetap tak bisa kita abai pada bahan-bahan yang dipakai pada jaket olahraga. Perlu sekali memperhatikan bahannya agar dapat memberikan kenyamanan saat dipakai sebelum dan sesudah berolahraga. 

 

 

Seperti sifatnya yang tahan terhadap angin, kemampuan penyerapan keringat sekaligus penguapan airnya, ringat atau berat bahannya, bagaimana permukaan kainnya halus atau kasar dan bagaimana serat kainnya apakah rapat atau renggang. Semua sifat tersebut perlu kita perhatikan agar jaket olahraga nyaman dan mendukung performa olahraga. 

 

Nah berikut ini adalah beberapa rekomendasi bahan yang cocok dipakai untuk jaket olahraga. Yuk, simak selangkapnya dalam ulasan di bawah ini!

 

Bahan Diadora

 

 

Untuk anda penggemar olahraga tentunya sangat mengenal satu jenis bahan yang sering digunakan untuk bahan pembuatan pakaian olahraga ini. Bahan diadora banyak dipakai untuk pembuatan celana training dan jaket olahraga. Diadora memiliki dua permukaan kain yang berbeda luar dan dalamnya. Pada bagian luarnya, kain diadora ini sedikit licin dan mengkilap. Itu karena serat kain bagian luarnya sangat rapat sehingga dapat memantulkan cahaya. 

 

Sementara bagian dalam kainnya cenderung tidak mengkilap, halus dan berbulu mirip beludru. Bagian dalam yang halus ini dapat memberikan kenyamanan ekstra saat dipakai, jadi menurunkan resiko iritasi kulit. Selain itu bagian dalam yang lebih halus dan berbulu ini dapat menyerap keringat lebih baik daripada bagian luarnya. Cocok sekali untuk dijadikan jaket olahraga. 

 

Bahan Taslan

 

 

Tidak hanya dibuat untuk jaket outdoor saja, bahan taslan juga bisa dipakai sebagai bahan dasar jaket olahraga. Sifat bahannya yang anti air dan anti angin serta kuat ini dapat menjadi rekomendasi yang baik untuk jaket olahraga. Serat kain dari bahan taslan juga sangat kuat sehingga tidak akan mudah robek. 

 

Bahan Baby Terry

 

 

Bahan baby terry sekilas mirip dengan bahan fleece yang banyak dibuat untuk jaket. Jika bahan fleece cenderung tebal dan berat, maka bahan baby terry ini memiliki serat yang lebih rapat dan lebih ringan. Serat-serat bulunya juga lebih halus. Bahan baby terry banyak dijadikan jaket olahraga untuk memberikan kenyamanan pemakainya, karena permukaannya yang sangat lembut sangat nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. 

 

Bahan Lotto

 

Kain Lotto mungkin lebih asing terdengar popularitasnya dibanding dengan diadora dan lainnya, padahal kain lotto ini sudah banyak sekali diaplikasikan dalam pembuatan pakaian-pakaian olahraga, mulai dari celana, kaos dan jaket olahraga. Pakaian olahraga cenderung membutuhkan karakteristik bahan yang lebih istimewa dibanding pakaian biasa. Kebutuhan utama dalam pakaian olahraga adalah ringan, nyaman, tidak panas dan halus. Semua itu dimiliki oleh sifat kain lotto. 

 

 

Kain ini halus saat disentuh, tidak kaku dan tidak berat meskipun tebal. Ketebalannya pun bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Serat kain lotto sangat-sangat rapat jadi sulit ditembus cahaya. Satu hal lagi yang membuat kain lotto ini banyak digemari adalah punya banyak pilihan warna sehingga bisa memenuhi kebutuhan fashionable juga. 

 

Bahan Drifit 

 

 

Bahan dri-fit ini saat ini sedang naik daun. Bahan yang disusun dari campuran nilon dan polyester ini memang sedang sangat digandrungi oleh pencinta olahraga. Sekalipun bahannya sulit sekali disablon, namun itu tak menghalangi pemilihan bahan drifit sebagai outfit olahraga. Itu karena bahan ini sangat mudah menyerap keringat sekaligus mengeringkannya. Sehingga pakaian tidak akan bertambah berat karena menyimpan air di dalamnya dan tetap membebaskan pemakainya dari kegerahan. Dengan demikian performa olahraga dapat optimal. Untuk menyiasati ketidakbisaan disablon, banyak produsen akhirnya membuat jaket-jaket drifit polos dan bermain kombinasi warna saja. 

 

Bahan Microfiber 

 

 

Banyak jaket olahraga maupun kaos olahraga yang memilih menggunakan bahan microfiber sebagai bahan dasarnya. Kenapa? Karena bahan ini memiliki sifat-sifat yang dibutuhkan untuk menunjang kenyamanan berolahraga kita. Bahan microfiber dibuat dari serat sintetis yang berisi nilon dan polyester dengan komposisi yang berbeda bergantung pada kualitas dan jenis microfibernya. 

 

Keberadaan nilon dan polyester sebagai komponen penyusun utama inilah yang membuat kain microfiber cepat menyerap keringat sekaligus cepat kering. Ketika ada setitik air yang diserap, maka air itu akan disebarkan ke seluruh permukaan sehingga penguapan akan berlangsung lebih cepat. Bahan ini juga sangat ringan. 

 

Bahan Parasut

 

 

Bahan yang masih termasuk dalam keluarga polyester ini tak boleh ketinggalan dari daftar rekomendasi bahan jaket olahraga. Bahan parasut sudah terkenal sekali dan banyak jaket-jaket seragam olahraga yang dibuat dari bahan parasut. Sifatnya yang ringan, tipis dan mampu melindungi tubuh dari terpaan angin ini sangat cocok dan sesuai dengan kebutuhan para olahragawan. Jaket yang ringan akan mengurangi beban pakaian mereka dan bisa bergerak aktif sekalipun kebanyakan jaket olahraga hanya akan dipakai sebelum dan sesudah kegiatan olahraga saja. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 1
  • 175 views

Recent Post


Related Article