Windy 23 Sept at 7:59
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inspirasi Desain Baju Seragam untuk Pernikahan 

 

Pernikahan menjadi moment yang sangat istimewa karena diharapkan hanya sekali seumur hidup. Atas alasan itulah, pesta pernikahan dibuat dengan berbagai persiapan yang matang agar acara tersebut sempurna dan memberikan kesan yang begitu indah, tak hanya untuk mempelai saja tapi juga untuk kedua keluarga. Keindahan menjadi unsur yang tak boleh dilupakan dalam sebuah acara pernikahan. 

 

 

Banyak pesta pernikahan yang rela menyiapkan baju seragam khusus untuk pihak keluarga maupun sahabat-sahabat mempelai untuk menyemarakkan acara. Keberadaan seragam itu tak lain sebagai identitas keluarga besar dan orang-orang penting untuk kedua mempelai. 

 

Seragam dipikirkan sedemikian rupa agar satu nuansa dengan tema besar yang diusung dalam acara, baik itu dari segi pemilihan warna hingga desain seragamnya. 

 

Desain seragam juga dipilih dengan mempertimbangkan siapa pemakainya dan tingkat kenyamanan pemakainya agar tetap bisa gesit dan leluasa bergerak selama acara berlangsung. Untuk anda yang sedang mencari desain-desain baju seragam pernikahan, ini dia beberapa inspirasi untuk anda pertimbangkan! 

 

Gamis Brokat

 

Brokat memang identik dengan acara-acara yang penting, istimewa dan sakral, seperti pernikahan. Semenjak dahulu bahan brokat selalu menjadi bahan untuk pakaian pernikahan, baik itu mempelainya maupun keluarganya, bahkan juga beberapa undangan kerap kali memakai pakaian berbahan brokat. Kain brokat cocok sekali untuk dijadikan seragam keluarga pengantin maupun untuk braidsmaid mempelai. 

 

 

Jika dahulu brokat selalu identik dengan hanya satu model yakni kebaya saja, saat ini tidak. Brokat juga dijadikan model gamis yang lebih simpel, sederhana namun tak meninggalkan kesan mewah dan elegan. Seragam brokat bermodel gamis lebih fleksibel dipakai, memberikan keleluasan bergerak sehingga nyaman digunakan untuk kegiatan yang sibuk. 

 

Ada beberapa varian model untuk gamis brokat ini, ada yang menggunakan brokat penuh sebagai bahan dasar, atau memadukannya dengan satin dan brokat hanya sebagai aksen hiasan saja. 

 

Gamis Satin 

 

 

Tidak hanya berbahan brokat saja, seragam gamis juga bisa dibuat dari satin yang halus dan mengkilap. Saat ini sudah banyak pengaplikasian satin menjadi seragam pesta pernikahan apapun model desainnya. Satin cocok sekali untuk pakaian di momen istimewa, karena sifatnya yang mengkilap memberikan kesan mewah dan elegan. 

 

Untuk alternatif lainnya yang juga tak kalah menarik adalah kain Inma Premium. Kain ini juga memiliki permukaan yang halus dan mengkilap saat terkena cahaya. Bahannya ringan dan sangat nyaman meski digunakan saat cuaca panas sekalipun. 

 

Model Duyung

 

 

Model duyung ini adalah model potongan pakaiannya saja, sementara dari segi bahan bisa menggunakan satin, brokat maupun kain tenun. Jadi model duyung ini membentuk pakaian sempit di bagian lutut kemudian melebar bagian bawahnya, persis dengan model ekor duyung. Pakaian dengan model duyung ini cocok untuk yang menginginkan siluet tubuh lebih slim. Sekalipun terlihatnya sangat pas dan bahkan ketat di badan, sebetulnya model duyung tetap bisa memberikan fleksibilitas pemakainya tergantung pada ukuran pakaian dan pola jahitannya. 

 

Organza dengan Tenun 

 

 

Kain organza sedikit berbeda dengan satin dan brokat. Sama-sama memberikan kesan mewah karena kainnya mengkilap, namun bahan dan tampilannya beda. Kain organza mirip seperti kain plastik yang mengkilap. Kaku, agak kasar dan tidak jatuh. Kainnya yang ringan dan kaku itu cenderung terbang, sulit untuk menempel pada tubuh. 

 

Kain organza ini cocoknya dijadikan atasan dengan aksen raffle, jadi bisa menambah kesan kemewahan pada pakaiannya. Sementara bagian bawahnya dipadukan dengan rok tenun. Karena organza sangat tipis dan beberapa terawang, maka butuh pakaian furing di bagian dalamnya. 

 

Kutu Baru Berbahan Lurik dan Tenun 

 

 

Satu inspirasi seragam ini terbilang unik dan masih belum pasaran. Model kutu baru lurik dan tenun benar-benar sangat klasik dan kental sekali nuansa jawanya. Dengan bahan kain lurik yang dimodel kebaa kutu baru ini dapat membuat pesta pernikahan Anda sangat vintage, sangat jawa dan unik sekali. Bisa dibilang ini merupakan ide seragam yang paling fresh dibanding lainnya. 

 

Tunik Brokat

 

 

Siapa bilang seragam pernikahan melulu gamis dan kebaya? Model tunik pun bisa dijadikan ide untuk seragam pernikahan. Apalagi jika tunik dibuat dar bahan brokat, maka kesan mewah, elegan namun tetap fleksibel untuk beraktivitas dan terkesan lebih muda. Bagian bawahannya bisa dipadukan dengan celana kain agar lebih kekinian. 

 

Kebaya dengan Rok Batik

 

 

Model satu ini sudah sangat klasik di Indonesia, terutama jawa. Seragam keluarga yang dibuat dengan model kebaya klasik dengan bawahan rok batik seakan tak pernah kadaluarsa menjadi fashion pilihan saat pesta pernikahan. Kebaya tak pernah bosan dipilih sebagai pakaian wajib. Karena kebaya membawa identitas khas jawa yang selalu dijunjung dan bermakna sakral. 

 

 

Nah itu tadi beberapa ide untuk seragam pernikahan yang sangat digemari oleh masyarakat indonesia. Semoga bisa menjadi inspirasi anda menentukan seragam pernikahan terbaik anda!

 

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 4
  • 183 views

Recent Post


Related Article