Windy 21 Sept at 7:47
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Rekomendasi Bahan Blazer Kekinian untuk Wanita

 

Blazer menjadi outfit wanita yang cocok dipakai untuk segala kondisi. Bisa dijadikan outer untuk acara formal maupun acara yang tidak formal. Hal itu karena saat ini blazer sudah banyak jenis dan model yang bisa dipilih oleh kaum hawa untuk disesuaikan dengan kebutuhan dirinya. 

 

 

Blazer tak berhenti sebagai tambahan outer untuk memperindah penampilan semata, ada beberapa fungsi blazer yang kerap kali dilupakan. Salah satunya blazer dapat menjadi pengganti jaket yang dapat melindungi tubuh dari terpaan angin yang terlalu banyak. Blazer juga dapat melindungi pemakainya dari ketidak nyamanan akibat pakaian yang membentuk lekuk tubuh. Terakhir, blazer seakan menjadi solusi untuk menjadikan atasan apapun terkesan formal, dengan catatan tetap memperhatikan desain blazer yang dipilih. 

 

Nah, di atas semua manfaat blazer beserta variasi desainnya yang makin beragam, ada satu hal lagi yang wajib dipertimbangkan saat memilih blazer, yakni bahan pembuatnya. Bahan pembuat blazer inilah yang menjadi variabel penting untuk menentukan tingkat kenyamanan pemakaiannya, juga kecocokan dengan acara yang akan dihadiri. Yuk disimak beberapa bahan favorit untuk pembuatan blazer!

 

Corduroy

 

 

Blazer berbahan corduroy mudah dikenali. Salah satunya adalah blazernya tebal, dilihat dengan mata telanjang memiliki tekstur bergaris dan dari jauh sedikit mengkilap memantulkan cahaya. Ketika disentuh, permukaannya halus mirip seperti bahan beludru. Ya, blazer dengan ciri-ciri tersebut dapat dipastikan berbahan corduroy. 

 

Kain corduroy ini dibuat dari kapas dengan ketebalan yang lebih tinggi dibanding katun. Jika dipahami ada tekstur berupa garis-garis lurus yang jelas. Permukaannya berbulu namun halus dan lembut. Karena kainnya tebal, blazer berbahan corduroy ini lebih berat dan terasa hangat. 

 

Katun

 

 

Rasanya bahan katun memang andalan untuk segala jenis pakaian di negeri tropis seperti Indonesia ini. Bahan yang lembut, dibuat dari serat kapas alami ini dapat menyerap keringat dengan sangat baik. Blazer berbahan katun akan memberikan fungsi penyerapan keringat yang juga baik, sehingga pemakaianya tidak akan terlalu gerah. Karakteristik kainnya yang tak mudah kusut juga sangat cocok dijadikan blazer formal untuk bekerja. Bahannya juga tidak mudah luntur sehingga warna-warna kain akan lebih awet dan tajam. 

 

Wool

 

 

Sama halnya dengan leather, wool berbahan alami juga mematok harga yang fantastis. Pakaian-pakaian yang dibuat dari bahan wool alami dapat mencapai harga yang mahal namun harga tersebut sesuai dengan kualitas yang diberikan oleh kain wool. Kain wool yang lembut sekali akan memberikan tingkat kenyamanan tinggi untuk blazer. Bahannya yang tebal dapat memberikan kehangatan untuk pemakainya. Blazer berbahan wool dapat dipakai untuk acara formal karena bisa menjadikan pemakainya terlihat elegan dan meningkatkan kepercayaan diri. 

 

Leather

 

 

Blazer berbahan leather barang kali bisa menjadi yang paling mahal di antara bahan lainnya. Karena leather yang asli harganya cukup mahal. Bahan leather diambil dari bagian dalam kulit binatang. Bahannya bersifat anti air sehingga dipakai di bawah gerimis pun tidak perlu khawatir akan basah. 

 

Blazer yang dibuat dari leather kesannya kaku dan tidak nyaman, sangat kencang dan tidak memberi kebebasan bergerak untuk pemakainya, padahal tingkat kenyamanan itu tergantung pada pola potongan dan desain dari blazernya sendiri. Leather tidak cocok dijadikan bahan blazer formal. Lebih cocok untuk acara-acara pesta atau pertemuan-pertemuan. 

 

Linen 

 

 

Kain linen menjadi andalan dalam pembuatan blazer, baik untuk blazer formal maupun bukan. Kain linen dapat memberikan kesan formalitas tertinggi juga kasualitas yang nyaman. Dengan sifat-sifatnya yang hampir mirip dengan bahan katun, linen tampil lebih modis dan memberikan bentuk pakaian yang lebih pas. Permukaannya halus, tidak menjadikan pemakainya gerah karena mampu menyerap keringat dengan baik. Satu kekurangan dari kain linen ini adalah mudah kusut. 

 

Sutra 

 

 

Sutra adalah serat yang alami, sama seperti katun dan wool yang dibuat langsung dari serat alam. Oleh karenanya bahan sutra tergolong mahal. Blazer yang dibuat dari sutra memberikan kesan elegan dan mewah bersamaan. Blazer dari sutra akan mengkilap secara alami, disentuh sangat halus dan tidak gerah dipakai karena dingin. cocok sekali untuk iklim tropis seperti Indonesia. 

 

Lace

 

 

Kain lace hampir sama dengan brokat. Punya banyak renda-renda dan bahkan hampir seluruh permukaan kain lace adalah susunan dari renda-renda. Jika bingung bagaimana penampakannya, Anda bisa membayangkan penampakan kain brokat. Kain lace juga menjaadi bagian dari keluarga brokat. 

 

Penggunaan kain lace untuk aplikasi blazer ini sudah banyak sekali merebak di pasaran. Blazer yang dibuat dari kain lace lebih indah, kesan feminimnya kuat sekali dan sering kali digunakan untuk acara-acara yang non formal, untuk kegiatan di luar kantor dan acara spesial misal acara pernikahan, ulang tahun atau sekedar hang out. 

 

Nah itulah beberapa bahan yang kerap digunakan sebagai bahan pembuatan blazer. Beragam jenis bahan untuk blazer tersebutdapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih blazer terbaik. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 3
  • 205 views

Recent Post


Related Article