7 Tips Tampil Stylis dengan Kemeja Flanel | Toko Kain Surabaya

Windy 8 Aug 2021 at 5:18
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

7 Tips Tampil Stylis dengan Kemeja Flanel

 

Kemeja flanel identiknya dengan kemeja bermotif kotak-kotak dengan berbagai varian motif dan kombinasi warna. Sekilas mungkin motif kotak-kotak ini mirip dengan motif sarung pria, namun jika diperhatikan lebih detail, motif kemeja flanel dengan sarung jelas berbeda meski terlihat serupa. Esensi dari kemeja flanel sendiri bukan pada motif kotak-kotaknya yang sepertinya sudah menjadi ciri khasnya, melainkan pada kainnya dan teknik pembuatan kainnya. 

 

Jadi, bisa dikatakan bahwa tak semua kemeja kotak-kotak adalah kemeja flanel dan bisa jadi ada kemeja flanel yang tidak bermotif kotak-kotak. Ada beragam motif yang biasa dipakai sebagai kemeja flanel selain kotak-kotak, diantaranya motif tribal, stripped, lingkaran dan kotak-kotak. Esensi dari kemeja flanel terletak pada kehalusan kainnya dan juga hangat saat dipakai. 

 

 

Macam2 Kain Flanel

 

 

Flanel di awal kemunculannya, dibuat dari serat wol asli untuk memberikan efek kehangatan di musim dingin. Serat wol itu dicampur dengan kain sutra dan bahan serat sintetis. Namun, lambat laun permintaan akan flanel makin tinggi dan bahan wol terlalu mahal. Alhasil, serat wol diganti dengan katun yang jauh lebih terjangkau secara harga namun kualitas dan fungsinya tetap terpenuhi. 

 

Dahulunya, kain flanel ini sempat dipandang negatif karena sering dipakai oleh anak-anak jalanan yang dekat dengan masalah. Namun image tersebut berangsung berubah semenjak mulai banyak figur publik yang memakai kemeja flanel. Kini kemeja flanel bisa dipakai oleh siapapun tanpa khawatir image negatif. Justru kemeja flanel dapat memberikan kesan stylis dan fashionable ketika kita bisa memadu-padankannya dengan tepat. Nah, berikut ini adalah beberapa tips memadukan kemeja flanel yang bisa membuat tampilan semakin stylis.

 

Kemeja Flanel dan Jeans 

 

 

Model Menggunakan Kemeja Kain Flanel

 

 

Untuk kita yang suka gaya simpel, anti ribet tapi tetap oke, paduan ini sangat bisa dicoba. Baik pria maupun wanita sangat cocok untuk memakai celana jeans dengan atasan kemeja flanel. Looks yang casual namun tetap rapi masih bisa didapat dengan paduan ini. Kemeja flanel dan jeans bisa menjadi alternatif untuk gaya pakaian saat kamu ingin hangout bersama teman, berlibur, main ke mall ataupun untuk pakaian ke kampus. Jeans yang dipilih pun bisa bermacam ragamnya. Untuk acara-acara yang membutuhkan tampilan lebih rapi, sebaiknya memilih jeans dengan potongan lurus dan kemeja flanel bisa dimasukkan dalam celana. 

 

Kemeja Flanel dengan Suit

 

 

Model Menggunakan Kemeja Kain Flanel dengan jas

 

 

Pernah menemui kemeja flanel dipadu dengan setelan jas formal yang lengkap? Selama ini yang sudah umum adalah setelan jas dipadukan dengan kemeja formal polos warna putih, hitam dan sebagainya. Namun jarang kita melihat setelan jas dengan kemeja flanel. Padahal paduan ini akan memberikan kenyaman lebih ekstra karena flanel memiliki permukaan yang halus dan nyaman dipakai. Apalagi jika dipakai saat musim sedang dingin atau hujan, kemeja flanel ini dapat memberikan kehangatan ekstra. 

 

Layering dengan Flanel

 

 

Model Menggunakan Kemeja Kain Flanel dengan Jaket

 

 

Gaya layering ini sangat identik dengan gaya busana anak muda. Jadi bagian dalam memakai kaos polos biasa dengan celana jeans, lalu memakai kemeja flanel tanpa dikancingkan sebagai layernya, dan di bagian terluarnya ditumpuk lagi dengan jaket ataupun coat. Pakaian paling luar bisa jaket apapun, jaket kulit, jaket fleece atau coat tanpa dikancing sehingga motif kotak-kotak kemeja flanel akan terlihat. Paduan ini bisa dicoba agar tampilan menjadi lebih fresh dan terlihat muda. 

 

 

Feminine dengan Flanel dan Skirt 

 

 

Model Menggunakan Kemeja Kain Flanel

 

 

Tidak perlu khawatir jika lebih suka tampilan yang feminine, girly ataupun minimalis untuk kaum wanita, kemeja flanel tetap bisa memenuhi kebutuhan itu. Yakni dengan memadukan kemeja flanel bersama rok. Rok yang dipilih pun beragam, baik dari pilihan jenis, model dan ukuran akan mempengaruhi tingkat feminine yang ingin ditunjukkan. Kemeja flanel bisa dimasukkan dalam rok, maupun dijadikan outer saja dengan bagian dalam memakai kaos polos biasa. 

 

Flanel dengan Jaket Kulit 

 

Model Menggunakan Kemeja Kain Flanel Jaket Kulit

 

 

Nah, kemeja flanel ini juga bisa memenuhi kebutuhan maskulinitas kaum pria dengan memadukannya bersama jaket kulit kualitas premium. Jaket kulit bisa dipakai di luar kemeja flanel. Ada dua tips, yang pertama kemeja flanel dijadikan kemeja dengan dikancingkan atau kemeja flanelnya dijadikan layering saja tanpa dikancingkan. Keduanya tetap akan memberikan kesan maskulin. 

 

Flanel dengan Sweater atau Vest 

 

 

Model Menggunakan Kemeja Kain Flanel Sweater

 

 

Untuk Anda yang suka dengan tampilan hangat, kalem dan semi formal, sweater dan vest bisa menjadi pilihan untuk dipakai bersama kemeja flanel. Agar makin sempurna, baiknya memakai celana chinos warna-warna yang hangat. Karena dibanding dengan jeans yang memberikan kesan strong, celana chinos lebih warm. 

 

 

Flanel Oversized dengan Kaos Turtleneck 

 

Model Menggunakan Kemeja Kain Flanel Turtle neck

 

Flanel oversized sangat recommended dipadukan dengan kaos kerah tinggi. Flanel difungsikan sebagai outer tanpa dikancingkan dan dipilih satu atau dua ukuran yang lebih besar, sedangkan kaos turtleneck lebih baik yang pas di badan. 

 

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 6
  • 4934 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article