Tutorial Membuat Dress Outer ala Korea Tren 2021 | Toko Kain Surabaya

Windy 27 Jul 2021 at 9:10
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tutorial Membuat Dress Outer ala Korea Tren 2021

 

Fashion tren ala Korea masih menjadi pembahasan yang menarik, salah satunya untuk dress outernya. Meskipun sebenarnya bentuk dress yang dikenakan bukan merupakan hal baru, tapi cara mereka memadukannya membuat itu lebih unik. Mulai dari aspek warna, motif, potongan model hingga jenis bahannya. 

Demi bisa tampil menarik dengan outer dress ala Korea, tak sedikit orang Indonesia (terutama kalangan muda) rela untuk merogoh kocek lebih dalam. Mereka membeli dress tersebut langsung dari Korea yang itu artinya terkena biaya pengiriman lebih besar. Fenomena menarik inilah yang sebenarnya bisa menjadi peluang bagus untuk para pebisnis konveksi, jika mampu memproduksinya. 

Bahkan jika Anda adalah penggemar Korea dan ingin membuat baju itu sendiri, bisa mengikuti tutorial yang kami ulas lebih lengkap di bawah ini!

 

Model Outer Dress Korea

 

Anda bisa coba mencari outer dress ala Korea di internet dan pasti akan muncul beragam pilihan model. Melihat-lihat keragaman itu akan memudahkan Anda untuk mendapat inspirasi tentang model dress seperti apa yang akan dibuat. Anda bisa mengombinasikannya ataupun langsung memilih salah satu diantara beberapa alternatif berikut ini:

 

  1. Checked Overall Dress

 

Foto : Dress Outer Ala Korea

 

Model dress ini dicirikan dengan motif kotak-kotak yang menutupi seluruh bagian dress dari atas hingga bawah. Seperti yang tampak pada gambar di atas, motif kotak-kotak umumnya menggunakan warna yang cukup kontras. Bagian atas dress menggunakan model tank-top. Sangat cocok untuk dipadukan dengan kaos atau blouse polos. Tentu saja model bisa dibuat lebih variatif untuk bagian atas dan panjang bagian bawah. 

 

  1. Floral Korean Dress

 

Foto : Dress Outer Ala Korea

 

Dress ini sangat cocok untuk dipakai oleh para wanita yang ingin tampil manis. Dengan motif bunga atau floral pada seluruh permukaannya, menjadikannya semakin cantik. Dress ala Korea ini juga akan lebih cocok jika dipadukan dengan inner polos. Sedangkan untuk bagian atasnya, kebanyakan menggunakan model tank-top, dengan bagian bawah yang lebih variatif. 

 

  1. Simple Chic Dress

 

Foto : Dress Outer Ala Korea

 

 

Untuk penyuka gaya simple, ada alternatif dress yang lebih cocok yaitu dress polos. Modelnya bisa menggunakan square neck seperti yang terlihat di gambar atas, dengan potongan berlapis untuk memberikan lebih banyak variasi pada model. Outer dress ala Korea ini cocok untuk dipadukan dengan inner polos maupun inner bermotif. 

 

  1. Mix Tank-top Dress

 

Foto : Dress Outer Ala Korea

 

Jika Anda menyukai lebih banyak variasi, bisa mencoba model yang satu ini. Memadukan antara bahan polos dengan bahan bermotif, untuk kemudian disambung menjadi kesatuan dress. Ditambah dengan variasi pita untuk bagian pinggang, membuatnya semakin manis. Pemilihan warna pastel seperti gambar di atas bisa membuat tampilan semakin tampak ala Korea. Karena fashion Korea juga terkenal dengan penggunaan warna-warna pastelnya. 

 

  1. Sleeveless Outer Dress

 

Foto : Dress Outer Ala Korea

 

 

Model yang bisa juga Anda coba adalah outer dress sleeveless. Dengan bagian atas yang lebih terbuka dan bagian bawah lebih lebar, membuat tampilan menjadi sangat manis. Karena bagian atas yang berbeda, untuk outer ini juga bisa dipadukan dengan inner tanpa lengan seperti gambar. 

 

Membuat Outer Dress ala Korea

 

Model outer dress yang akan dibahas lebih lanjut di bawah ini adalah model pertama, tapi dengan tali pinggang dan kain polos. Kurang lebih akan tampak seperti dress pada gambar ini:

 

Foto : Dress Outer Ala Korea

 

Tema warna yang dipilih adalah warna cerah seperti pink, biru muda atau kuning. Sedangkan untuk soal ukuran yang digunakan dalam pembuatan tunik ini, menggunakan ukuran berikut:

  • Lebar bahu 9 cm
  • lebar punggung 40 cm
  • Panjang lengan 57 cm
  • Keliling dada 80 cm
  • Panjang badan 76 cm
  • Keliling pinggang 70 cm
  • Keliling pinggul 77 cm

 

Anda juga bisa menggunakan ukuran custom sendiri atau menggunakan ukuran baju wanita universal seperti berikut ini:

 

 

Bahan-bahan

 

Setelah Anda menentukan model outer dress ala Korea seperti apa yang ingin dibuat, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah bahan. Karena ada banyak sekali bahan yang bisa Anda gunakan untuk pembuatan outer dress. Namun tentu saja ada beberapa bahan yang lebih disarankan dalam pembuatan outer dress untuk cuaca Indonesia, baik dari sisi tekstur maupun ketebalan. 

Bahan yang kami gunakan dalam pembuatan outer dress ini adalah Kain Inma Premium. Bahan ini kami pilih karena tipis dan ringan namun kuat, sehingga cocok untuk musim panas. Selain itu juga cukup baik dalam menyerap keringat sehingga nyaman untuk dipakai tanpa inner sekalipun. Warna cerah yang dipilih dalam pembuatan outer dress kali ini adalah kode

Tentu saja Anda bisa menggunakan warna lain sesuai dengan selera atau bahkan menggunakan bahan kain bermotif. Seperti motif kotak-kotak, motif floral ataupun motif garis, sesuai model pilihan Anda. 

 

Proses Pembuatan

 

Jika semua bahan sudah tersedia, maka Anda bisa mulai menjalankan proses pembuatan outer dress ala Korea lebih lengkapnya di bawah ini:

 

  1. Pembuatan Pola

Jika Anda mengikuti tutorial ini dan menggunakan ukuran baju wanita universal, Anda bisa menggunakan pola baju wanita universal yang sudah tersedia. Namun jika Anda menggunakan ukuran yang lebih custom, maka Anda perlu membuat polanya terlebih dulu sesuai ukuran tersebut. Anda bisa melihat selengkapnya cara untuk membuat pola dasar baju wanita disini.

Jika Anda mengikuti model yang kami pilih, maka :

  • Pola besar untuk bagian utama dress, bagian depan dan bagian belakang.
  • Sedangkan pola bagian kecil terdiri dari pola untuk tali bahu, tali pinggang dan kantong (jika Anda ingin menambahkan kantong) 

 

  1. Pemotongan Pola

Jika pola sudah dibuat dan dipotong, maka langkah berikutnya adalah melakukan pemotongan kain sesuai dengan pola yang dipakai. Sangat disarankan untuk memakai gunting kain yang tajam, supaya hasil potongan menjadi rata dan halus. Anda bisa mulai memotong dari bahan yang paling dekat dengan tepian, mengikuti garis kampuh yang sudah dibuat. Potong dari yang paling besar, baru kemudian ke bagian-bagian yang lebih kecil seperti bagian tali dan kantong. 

 

  1. Menjahit Outer Dress

Lakukan proses ini dari bagian yang paling kecil, untuk pembuatan outer dress ini misalnya seperti bagian tali dan bagian saku untuk model yang kami pilih. 

  • Satukan antara bagian belakang dan depan dengan menjahit bagian samping kanan dan kiri.
  • Jika Anda menginginkan kantong dalam untuk bagian samping, maka bagian kantong ini juga ikut disertakan dalam proses menjahit bagian samping. Begitupun bagian tali untuk pinggang ikut disertakan.
  • Jika sudah, obras supaya tampilan outer dress ala Korea menjadi semakin rapi. 
  • Langkah setelahnya adalah menjahit tali bahu untuk menyatukan antara bagian depan dan belakang. Anda juga bisa menambahkan lebih banyak variasi misal untuk tepian bawah dress, atau kantong bagian depan. Tinggal disesuaikan dengan model favorit Anda. 

 

Itulah tutorial membuat outer dress ala Korea berbahan Inma Premium yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!


 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 85
  • 3206 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article