Bahan Recommended untuk Celana Kargo Pria | Toko Kain Surabaya

Windy 29 Jul 2021 at 9:58
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Bahan Recommended untuk Celana Kargo Pria

 

Jika Anda suka kegiatan outdoor seperti pendakian, travelling atau pekerjaan-pekerjaan yang berada di luar ruangan, Anda pasti sudah familiar dengan celana cargo. Celana yang memiliki banyak kantong, enak dipakai dan fungsional sesuai tujuan pemakaiannya. Kantongnya pun memiliki ukuran yang berbeda-beda dan letaknya sudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakai. Dua di depan, dua di belakang dan dua lagi di samping kanan dan kiri. 

Celana cargo menjadi favorit karena selain punya banyak kantong, juga pemakaiannya yang sangat nyaman dan sangat menunjang aktivitas luar ruangan. Kenyamanan celana cargo juga tidak luput dari karakteristik bahan yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa bahan yang sering dan sangat direkomendasikan untuk dijadikan bahan kain cargo. 

 

Ripstop Nilon

 

Foto : Celana Cargo Pria

 

Bahan yang pertama dan terbilang menjadi rekomendasi pertama celana-celana cargo bermerk adalah ripstop nilon. Terdengar asing? Sebenarnya tidak. Bahan ripstop nilon in sudah menjadi primadona di pembuatan celana cargo. Kenapa? Simpelnya, karena kain ini sangat adaptif terhadap cuaca, tidak mudah tembus air, kuat tidak mudah robek. 

Ripstop Nilon ini sebenarnya terbuat dari bahan nilon namun dibuat menggunakan satu teknik bernama ripstop. Jadi proses penenunan benang nilonnya berlapis hingga tiga, sangat rapat dan memiliki beberapa varian seperti berbentuk kotak, garis-garis saja, hexagon maupun diamond. 

Proses penenunan yang istimewa inilah yang membuat ripstop nilon menjadi bahan paling direkomendasikan untuk pembuatan celana cargo karena dapat menjawab kebutuhan pemakaian celana. Sekalipun bahannya sangat kuat, ripstop nilon ini terbilang ringan dan dapat melindungi kulit pemakai dari sayatan. Jika pun terjadi sayatan pada kain, sayatan itu tidak akan menyebar, maksudnya tidak mudah melebar sobekannya. 

 

Polyester

 

Foto : Celana Cargo Pria

 

Mempertimbangkan kebutuhan celana cargo pada aktivitas outdoor, bahan polyester dinilai sesuai untuk menjawab hal itu. pemakai celana cargo membuat kenyamanan, celana yang tidak oversize, fit namun juga tidak melar apalagi menyusut. Bahan polyester memiliki karakteristik tersebut. Celana cargo berbahan polyester ini lebih lentur, tidak terlalu kaku dan cepat sekali keringnya. Jadi ketika tersiram air atau berkeringat akan cepat sekali kering, terutama ketika dipakai di aktivitas luar ruangan.

Kain polyester sangat tahan terhadap jamur dan bakteri, hal ini membuat celana cargo lebih awet dan tidak muncul bintik hitam ketika terlalu lama dalam suhu yang lembap. Warna kain juga tidak mudah luntur atau pudar karena proses pewarnaannya mengaplikasikan zat warna terurai sehingga tahan terhadap pencucian. 

Kain polyester ini tergolong sangat awet, namun lebih baik jauhkan dari sumber api ataupun segala sumber listrik karena sifat polyester yang mudah terbakar. Proses perawatan untuk celana cargo polyester juga tidak terlalu sulit atau membutuhkan perawatan khusus. Cukup dicuci biasa saja dengan deterjen dan dijemur. Bahan ini tahan terhadap zat kimia dan cepat sekali keringnya. 

 

Baby canvas 

 

Foto : Celana Cargo Pria

 

Jenis bahan rekomendasi yang ketiga adalah kain baby canvas. Jenis kain ini lebih familiar untuk kita dibanding ripstop nilon, karena bahan baby canvas ini sangat banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jaket, celana, tas bahkan sepatu. Dalam promosi-promosi penjualannya pun, nama bahan baby canvas seringkali dijadikan keunggulan produk karena bahannya yang sangat nyaman, kuat dan lembut sekali. 

Bahan baby canvas ini cenderung lebih tipis jika dibandingkan dengan keluarga canvas lainnya, meski begitu dari segi kekuatannya tidak perlu diragukan lagi. Terlebih untuk penggunaan sebagai celana cargo pria. Sangat cocok. Baby canvas juga tidak mudah kusut, cocok untuk kegiatan outdoor yang memiliki mobilitas tinggi. Dari segi harga pun bahan ini tergolong terjangkau. 

 

Twill 

 

Foto : Celana Cargo Pria

 

Bahan recommended berikutnya adalah bahan twill. Bahan twill ini sering digunakan sebagai bahan celana-celana pria karena kainnya yang kuat dan terlihat kokoh. Banyak celana cargo masa kini yang juga menggunakan bahan twill karena kainnya kuat dan sedikit lebih tebal. Berbeda dengan bahan polyester yang tidak bisa melar, kain twill ini tersedia dalam dua varian: bisa melar dengan tidak melar. 

Tekstur serat kainnya garis-garis saling menyilang membentuk diagonal-diagonal. Model penenunan inilah yang menjadikan twill kuat. Sekalipun teksturnya kasar karena serat kainnya diagonal, ketika dipakai bahan twill ini terasa lembut. Bahannya juga lebih dingin sehingga tidak gerah. Jika dibandingkan dengan bahan drill yang biasa dibuat celana, bahan twill lebih tebal. 

Itulah beberapa varian bahan yang kerap kali menjadi bahan pembuatan celana cargo. Setiap bahan memiliki karakteristiknya masing-masing. Ada kelebihan dan juga kekurangannya. Kita bisa memilih celana cargo terbaik sesuai dengan kebutuhan kita. Apakah kita menginginkan celana yang kuat dan tidak mudah sobek, ataukah kita lebih mengutamakan celana yang lembut, dingin namun lebih tipis. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda! 

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 89
  • 6975 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article