Windy 27 Apr at 8:07
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tutorial Membuat Tunik Batik Kombinasi Polos Kekinian Menggunakan Bahan Imna Premium

 

Tunik batik sudah jadi salah satu hal yang biasa. Kita bisa dengan mudah menemukannya dipakai oleh pegawai negeri wanita di hari-hari tertentu. Mereka menggunakan batik dengan ragam warna dan motif khas. Namun, untuk tunik batik yang dikombinasikan dengan kain lain? Nah, ini yang sedang banyak digemari. Bukan hanya oleh para wanita dewasa, tapi juga untuk para gadis remaja lho! Terutama untuk tunik batik kombinasi polos kekinian.

 

Seperti apa bentuk tunik tersebut? Akan kita bagikan sekaligus dengan cara membuatnya!

 

Tunik Batik Kombinasi 

 

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana langkah-langkah membuat tunik, lebih baik untuk membahas terlebih dulu model-model tunik batik kekinian. Supaya nantinya bisa menjadi inspirasi untuk rancangan tunik seperti apa yang bisa Anda buat. Berikut ini adalah beberapa model tunik kombinasi:

 

1, Tunik Kombinasi Kain Polos

 

gambar

Model ini adalah tunik yang mengombinasikan antara kain batik dengan kain polos. Model ini semakin banyak digemari karena memberikan tampilan yang lebih kekinian atau modern. Estetika dari motif batik pun justru semakin menonjol dengan kombinasi seperti ini dan akan sangat cantik jika digabungkan dengan warna kain polos yang senada. Model seperti inilah yang kami buat tutorialnya di bawah ini.

 

2, Tunik Batik Kombinasi Batik

gambar

 

Mungkin ada yang bingung, bagaimana bisa batik dikombinasikan dengan batik? Nah, justru itu bisa membuatnya semakin cantik lho! Kuncinya berada pada pemilihan warna dan motif batik. Karena keduanya sama-sama diisi dengan banyak motif, sehingga butuh usaha untuk membuatnya tidak saling bertabrakan dan justru bisa serasi.

 

Seperti beberapa contoh gambar di atas, perbedaan motif batik justru memberikan tampilan yang menarik. Tunik seperti dilapisi oleh blazer batik, yang sebenarnya sudah ikut menempel bersamanya. Intinya pilih warna yang serasi antara kedua motif dan atur peletakan kain saat menjahit sehingga batik bisa bersinergis jadi tunik yang elegan.

 

3. Tunik Batik Kombinasi Brokat

gambar

 

Tunik kombinasi brokat juga bisa jadi salah satu alternatif yang sangat cantik dan bisa digunakan untuk acara-acara seperti pesta. Seperti contoh gambar di atas, tunik mengombinasikan antara batik dengan warna motif yang senada dengan warna brokat. Sehingga jadilah potongan tunik yang sebenarnya sederhana, namun cantik dan elegan. Tunik model ini juga salah satu yang banyak digemari saat ini. 

 

4. Tunik Batik Kombinasi Polos brokat

 

gambar

 

Nah, untuk kombinasi yang lebih rumit, Anda bisa mencoba model ini. Tunik mengombinasikan tiga jenis kain sekaligus, yaitu batik, polos dan brokat. Meskipun menggabungkan tiga jenis kain, namun tunik justru semakin cantik dan tidak bertabrakan. Tentu saja ini membutuhkan analisa, untuk memilih kain polos, motif batik dan warna brokat yang cocok. Sehingga kain bisa tetap matching satu sama lain.

 

Membuat Tunik Batik Kombinasi Polos

 

Tunik yang akan kita bahas dalam artikel ini menggunakan model yang pertama, yaitu mengombinasikan antara kain batik dengan kain polos. Masih satu tema dengan postingan kami sebelumnya, “Membuat Kemeja Pria Batik Kombinasi Polos by Mitramulia”. Jadi jika Anda sebelumnya sudah mencoba tutorial tersebut, batiknya bisa Anda gunakan kembali untuk tutorial yang satu ini. Ini adalah model tunik yang menjadi acuan untuk tutorial ini:

 

Foto : Kombinasi Batik Dengan Inma Premium

 

Namun akan ada sedikit variasi yang berbeda terutama pada bagian lengan. Dalam gambar ini, lengan menggunakan kain batik, sedangkan untuk tutorial yang akan kami bagikan menggunakan kain polos dan lengannya dibentuk menjadi lengan balon. Ilustrasinya seperti lengan dalam baju berikut ini:

 

Foto : Kombinasi Batik Dengan Inma Premium

 

Lengan balon ini akan lebih cocok dipakai terutama untuk wanita berbadan kurus atau ideal. Sedangkan untuk wanita dengan badan lebih berisi, bisa menggunakan pola lengan lurus seperti gambar sebelumnya. Anda juga bisa menemukan lebih banyak model untuk menjadi inspirasi percobaan kali ini. Bisa dicari di marketplace seperti Shopee, Tokopedia ataupun mesin pencarian Google.

 

Sedangkan untuk soal ukuran yang digunakan dalam pembuatan tunik ini, menggunakan ukuran berikut:

  • Lebar bahu 9 cm
  • lebar punggung 40 cm
  • Panjang lengan 57 cm
  • Keliling dada 80 cm
  • Panjang badan 76 cm
  • Keliling pinggang 70 cm
  • Keliling pinggul 77 cm

 

Anda juga bisa menggunakan ukuran custom sendiri atau menggunakan ukuran baju wanita universal seperti berikut ini:

 

Foto : Ukuran Standart Pakaian

 

Bahan - Bahan Membuat Kombinasi Batik Dengan Kain Inma Premium

 

Setelah Anda menentukan model tunik kombinasi polos seperti apa yang ingin dibuat, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah bahan. Karena ada banyak sekali bahan yang bisa Anda gunakan untuk pembuatan tunik. Namun tentu saja ada beberapa bahan yang lebih disarankan dalam pembuatan tunik, baik dari sisi tekstur maupun ketebalan. 

 

Baca Inilah 5 Bahan Terbaik untuk Membuat Tunik Cantik untuk penjelasan selengkapnya. Dari kelima bahan tersebut, yang kami gunakan dalam pembuatan tunik ini adalah Kain Inma Premium. Bahan ini kami pilih karena menampilkan kesan yang eksklusif dan elegan dari warnanya yang mengkilap dan bahannya yang ringan dan sejuk, sehingga nyaman dipakai. Kami memakai kain Inma Premium kode 

 

Untuk mendapatkan kesan warna yang mirip, Anda juga bisa menggunakan kode 1008, 1009, 025 dan 018. 

 

Foto : Katalog Inma Premium

 

Tentu saja hasil tunik kombinasi ini akan menjadi semakin cantik ketika warna yang dipilih dibuat senada dengan warna motif batik yang dipakai. Karena nantinya paduan batik dan kain polos akan tampak lebih menyatu. Sehingga akan lebih baik jika kain batik yang akan digunakan, dibeli atau disediakan lebih dulu sebelum memilih kain polos. Sehingga nantinya kain batik bisa dibawa dan dijadikan panduan saat memilih warna kain polos di toko kain. 

 

Kain batik yang kami pakai dalam proses pembuatan kemeja ini adalah:

  • Kain batik pekalongan (untuk bagian depan sisi kanan) dengan ukuran 1 meter x 1 meter

 

Kami membeli kain batik dari toko Batik Pekalongan di marketplace Shopee. Untuk melihat produk yang kami pilih, Anda bisa klik disini. Motif yang kami pilih adalah kain batik gambar kiri.  

 

Foto : Kain Batik

 

Proses Pembuatan

 

Jika semua bahan sudah tersedia, maka Anda bisa mulai menjalankan proses pembuatan kemeja pria lebih lengkapnya di bawah ini:

 

1, Pembuatan Pola

 

Jika Anda mengikuti tutorial ini dan menggunakan ukuran baju wanita universal,, Anda bisa menggunakan pola baju wanita universal yang sudah tersedia. Namun jika Anda menggunakan ukuran yang lebih custom, maka Anda perlu membuat polanya terlebih dulu sesuai ukuran tersebut. Anda bisa melihat selengkapnya cara untuk membuat pola dasar baju wanita disini.

  • Pola besar untuk baju tunik modern terdiri dari pola bagian depan dan bagian belakang. Bagian depan termasuk untuk bagian hiasan dari kain batik.
  • Sedangkan pola bagian kecil terdiri dari pola lengan. Selain itu juga biasanya ada pola untuk saku, jika memang dibuat tunik dengan saku. 

 

2. Pemotongan Pola

 

Jika pola sudah dibuat dan dipotong, maka langkah berikutnya adalah melakukan pemotongan kain sesuai dengan pola yang dipakai. Sangat disarankan untuk memakai gunting kain yang tajam, supaya hasil potongan menjadi rata dan halus. Anda bisa mulai memotong dari bahan yang paling dekat dengan tepian, mengikuti garis kampuh yang sudah dibuat. Potong dari yang paling besar, baru kemudian ke bagian-bagian yang lebih kecil seperti kerah, saku dan manset kemeja. 

 

3. Melekatkan Kain Keras

 

Setelah itu bisa dilanjutkan dengan melekatkan bagian tertentu dengan kain keras. Biasanya bagian yang membutuhkan kain keras untuk tutorial ini adalah ujung lengan balon. Karena sesuai dengan model rancangan, kain yang dipakai di bagian ujung lengan adalah kain polos, maka yang diberi kain keras adalah kain polos. Kecuali jika Anda membuat variasi bahwa untuk bagian ujung lengan menggunakan kain batik, maka Anda bisa membuat kain keras pada kain batik.

 

Foto : Proses Pembuatan Baju Kombinasi Batik Dengan Inma Premium

 

4. Menjahit Tunik

 

Jika bagian yang membutuhkan kain keras sudah dibuat, maka bisa dilanjutkan dengan proses menjahit. Lakukan dari bagian yang paling kecil, untuk pembuatan tunik ini misalnya seperti bagian lengan dan tali variasi di bagian pinggang. 

 

  • Supaya lebih mudah, Anda bisa menggunakan board (penegak) saat menjahit bagian ujung lengan. Kain keras dijahit pada bagian ujung lengan, dengan kampuh yang dikecilkan, lalu dibalik atau ditindas. Kain keras dipasang pada board, dan kemudian kain untuk ujung lengan dipasang pada board.
  • Jika tunik ingin menggunakan bagian resleting di bagian belakang, lebih baik dijahit terlebih dulu. Disarankan juga untuk menggunakan sepatu jahit khusus yang sesuai.
  • Satukan antara bagian belakang dan depan dengan menjahit bagian pundak. Jangan lupa juga untuk menyertakan bagian hiasan kain batik pada proses penyatuan tersebut. Sehingga terdapat tiga lembar kain (2 polos dan 1 batik) saat menyatukan bagian pundak kanan dan dua lembar kain polos saat menyatukan bagian pundak kiri. Jika Anda mengikuti model rancangan yang kami pakai.
  • Jahit bagian lengan dan gabungkan dengan bagian ujung lengan yang sudah direkat dengan kain keras. Satukan bagian lengan dengan potongan bagian badan yang sudah menyatu. 
  • Jika sudah, jahit bagian sisi samping tunik kanan dan kiri. Untuk bagian kanan, proses penjahitan juga menyertakan bagian variasi kain batiknya, hingga ujung tunik bagian bawah. Jika sudah, obras supaya tampilan tunik menjadi semakin rapi. 
  • Sedangkan saat menjahit sisi tunik bagian kiri, jangan lupa juga menyertakan tali variasi yang menggunakan kain polos. Anda juga bisa memakai kain batik, jika ingin seluruh bagian tali menggunakan kain batik. 
  • Jika sudah selesai, Anda bisa menambahkan variasi kantong jika memang ingin menambahkan kantong. Jika Anda mengikuti model yang kami gunakan, disarankan untuk menggunakan kantong samping yang tidak terlihat. Sehingga memasangnya sekaligus saat proses jahit samping. 

 

Setelah semua proses selesai, kemeja akan tampak seperti foto di bawah ini:

 

Foto : Kombinasi Batik Dengan Inma Premium

 

Itulah tutorial membuat tunik batik kombinasi polos yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!



Baca Juga : Tentang Celana Kargo Yang Timeless

Mengenal Kain Dakron Dan Manfaatnya

5 Bahan Kain Untuk Kemeja Kantor

 

 





 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 45
  • 4036 views

Recent Post


Related Article