13 Jenis Kain Brokat untuk Keanggunan Baju Pesta | Toko Kain Surabaya

Windy 11 Jun 2021 at 10:42
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

13 Jenis Kain Brokat untuk Keanggunan Baju Pesta

 

Kain brokat tentu sudah tidak asing lagi untuk wanita Indonesia. Karena kain ini sudah lama dipakai sebagai bahan baku pakaian kebaya, salah satu fashion budaya Indonesia. Pakaian yang banyak dikenakan ketika acara pesta, acara adat, pernikahan, wisuda dan seterusnya. Menjadi andalan untuk para wanita tampil lebih anggun dan elegan.

 

Meski begitu ternyata masih banyak yang belum tahu tentang jenis-jenis kain brokat, lho. Padahal poin ini cukup penting untuk dipahami apalagi oleh pebisnis konveksi. Karena itulah Mitramulia membagikannya secara khusus melalui artikel ini. Ingin tahu lebih lengkapnya? simak ulasan di bawah ini ya!

 

Tentang kain brokat

 

 

Kain brokat adalah kain yang hanya terdiri dari unsur dekorasi. Umumnya  kain ini dihiasi  oleh  pola  yang rumit seperti  bunga  dan  unsur-unsur alam lain. Kain brokat cenderung keras bahannya  sehingga  sering menyebabkan rasa gatal di kulit. Itulah  kenapa kain brokat biasa  dilapisi dengan furing  yang bahannya Lebih lembut. Meski dulunya kain brokat  hanya dipakai dalam  pembuatan kebaya   tapi sekarang juga banyak dipakai untuk membuat baju  jenis-jenis lain. Terutama karena kain brokat Mampu menampilkan kesan Elegan pada  pemakainya

 

Jenis-jenis  kain brokat

 

Berikut ini adalah  jenis-jenis kain brokat:

 

1, Brokat Varanasi

Kain brokat ini merupakan jenis yang berasal dari India dan sering disebut juga dengan kinkhab. Biasanya  kain ini  ditenun dari benang sutra  dan benang emas. Motif pada kain ini  umumnya menggunakan pola flora yang atraktif. Permukaan kain brokat ini halus dan memiliki warna yang hidup serta biasanya transparan

 

2, Brokat Awan Nanking

Sedangkan untuk jenis kain brokat satu ini sangat dikenal di Cina. Tekstur permukaan kain ini juga halus sehingga menampilkan kesan yang Anggun untuk pemakainya. Warna yang digunakan pada kain ini dengan warna awan di langit . Itulah mengapa kain ini disebut sebagai kain awan (yunjin). Karena kain ini transparan sehingga anda perlu menambahkan furing untuk bagian dalamnya.

 

3, Brokat Syria

Jenis kain brokat yang satu ini sudah dikenal selama berabad-abad. Daerah Arab banyak mengenal kain ini dengan nama Brokard yang berarti Karya Brahim. Itu didasari oleh kepercayaan bahwa pendeta Brahim telah mengembangkan kain sutra Sebelum masa Masehi.

 

4, Brokat Perancis

 

 

Nah kain brokat satu ini spesial dibandingkan yang lain tekstur yang lebih rapat Sehingga anda tidak harus menambahkan furing di bagian dalamnya. Meskipun begitu kain ini memiliki permukaan yang lembut seperti kain brokat lain sehingga Anda merasa nyaman pun menggunakannya tanpa pelapis bagian dalam. Kain brokat satu ini juga tergolong sejuk ketika digunakan sehingga cocok untuk daerah tropis seperti di Indonesia. 

 

Kelebihan lainnya ketika kain ini dijahit mengikuti bentuk tubuh maka kain ini bisa mengikutinya dengan sempurna sehingga membuat pemakainya semakin percaya diri. Jika kain ini kemudian dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan kain brokat lain karena memiliki kualitas yang paling bagus.

 

5, Brokat Semi Perancis

Jenis kain brokat yang satu ini mirip dengan kain brokat Prancis. Itulah mengapa kain brokat ini disebut dengan kain brokat semi Prancis. Meskipun secara kualitas kain brokat jenis ini masih kalah dengan kain brokat Prancis, namun banyak desainer terkenal yang menggunakan kain brokat ini untuk membuat baju-baju dengan harga mahal.

 

6, Brokat Jepang

 

 

Kain brokat jenis ini sangat mudah dikenali. Terutama karena yang tersebar di seluruh permukaan kain. Hal itu yang menjadi ciri khas dari kain brokat Jepang. Selain juga dengan ukuran yang tidak terlalu besar lebarnya cenderung lebih pendek dibandingkan kain brokat lain. Kain brokat jenis ini banyak digunakan untuk acara seperti wisuda.

 

7, Brokat Prada

Selain kain brokat Prancis, ada juga kain brokat yang memiliki harga mahal dikarenakan kualitasnya yang sangat bagus. Yaitu adalah kain brokat Prada dengan permukaan yang halus dan teksturnya yang timbul dengan tegas. Hal itu yang kemudian memperkuat kesan mewah dari kain brokat Prada dibandingkan kain brokat lainnya. Hal yang membuat kain brokat satu ini semakin spesial adalah bisa memiliki lebih dari satu warna bahkan hingga kombinasi tiga warna sekaligus.

 

8, Brokat Corneli

 

 

Jenis kain brokat satu ini akan terlihat sangat cantik ketika digunakan terutama untuk kebaya. Bordiran dari kain brokat satu ini sangat rapat sehingga terkadang tidak dilapisi lagi dengan furing. Ciri khas yang mudah terlihat dari kain brokat ini adalah tampilan benangnya yang timbul pada bagian tepian. Meskipun begitu kain brokat satu ini tetap memiliki bukaan yang halus sehingga tetap nyaman ketika digunakan.

 

9, Brokat Jackquardtronic

Kalau kain brokat Prada mirip dengan kain brokat Prancis, beda halnya dengan kain brokat satu ini yang mirip dengan kain brokat semi Prancis. Terutama jika dilihat dari bentuk kain ini. Itu kain ini bisa dibuat dengan permukaan yang lebih halus dan lebih tebal dibanding dengan kain semi Prancis.

 

10, Brokat Suppert

Kain brokat satu ini memiliki ciri khas yang berbeda jika dibandingkan dengan kain brokat lainnya, Yaitu karakter kain yang melar. Sehingga kain ini akan tetap terasa nyaman meskipun digunakan oleh wanita dengan badan lebih berisi. Selain itu kain ini pun akan lebih mudah untuk dibuat mengikuti bentuk tubuh. Anda mungkin juga bisa menemukan versi tiruan dari kain brokat satu ini tentu saja dengan karakter yang tidak terlalu melar ataupun terlalu timbul.

 

11, Brokat Tille

Jenis kain brokat satu ini diperoleh dengan mengombinasikan antara bahan brokat dengan bahan tile. Itulah mengapa kain brokat satu ini disebut sebagai kain brokat tile. Berbeda dengan kain sebelumnya kain brokat satu ini cenderung tipis sehingga akan ringan digunakan. Tapi meskipun begitu kain ini dikenal cukup kuat dan awet untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama.

 

12, Brokat Tille 3D

Jenis kain brokat satu ini memiliki bahan dasar yang sama dengan brokat tile. Hanya saja pada brokat jenis ini ada penambahan bentuk-bentuk bunga pada motif kain. Hal itu yang menjadikan brokat tile 3D memiliki ciri khas yang menarik dan cantik.

 

13, Brokat Italy

Jenis brokat Italy merupakan jenis brokat yang cocok untuk dijadikan pakaian lebih praktis. Hal itu karena untuk brokat Italy selain di bordir juga sudah di payet. Itulah mengapa harga brokat jenis Italy ini cenderung lebih mahal dibandingkan yang lain apalagi jika Motif bordir atau payetnya cenderung rapat.

 

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 87
  • 5453 views


Recent Post


Related Article