5 Rekomendasi Bahan Terbaik untuk Jas Pengantin | Toko Kain Surabaya

Windy 9 Jun 2021 at 14:41
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

5 Rekomendasi Bahan Terbaik untuk Jas Pengantin

 

Di Indonesia, pengantin biasanya menggunakan pakaian adat daerah tertentu sesuai dengan tempat lahirnya. Baik pengantin perempuan maupun pengantin laki-laki. Selain itu biasanya mereka juga menggunakan pakaian pernikahan modern. Yaitu pengantin perempuan menggunakan gaun dan pengantin pria menggunakan jas. 

 

Jas menjadi salah satu setelan andalan para pria tidak hanya dalam acara pernikahan tetapi juga acara formal seperti pertemuan bisnis. Tampilan dari jas yang dipakai akan dipengaruhi oleh kualitas bahan jas tersebut. Karenanya penting bagi pebisnis konveksi untuk memahami bahan-bahan terbaik dalam produksi.

 

Foto : Bahan Jas Pengantin

 

Kriteria Bahan Jas

 

Jas pria yang bagus idealnya tidak hanya memberikan tampilan yang baik tapi juga memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Pada prinsipnya jelas membutuhkan kain yang lentur, berserat padat, tahan terhadap suhu, mudah dibentuk, dan awet.

 

Berikut akan dijelaskan lebih lanjut tentang bahan-bahan yang direkomendasikan untuk produksi Jas.

 

1. Kain Wool

 

Bahan wol menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk pembuatan jas karena  memberikan kenyamanan yang optimal untuk pemakainya. Bahan wol tidak membuat pemakainya merasa panas meskipun di iklim tropis. Sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam acara pernikahan yang lama. Bahannya yang berasal dari serat alami juga tidak akan berubah ataupun terbakar saat disetrika dengan suhu tinggi. Sehingga bentuknya tidak akan mudah berubah dan tetap tampak rapi meskipun digunakan untuk banyak gerak.

 

Sayangnya bahan wol yang terbatas juga memiliki warna yang terbatas. Itu sering disiasati dengan mengombinasikan bahan wol bersama bahan lain seperti sutra, katun, linen dan seterusnya. Namun meski begitu, tidak menghalangi jas berbahan wol untuk tampil glamor dan elegan. Salah satunya seperti koleksi Primo Modello dari Maxystyle yang dibuat dengan teknologi Royal Original Wool. 

 

Bahan tersebut adalah hasil dari pengalaman bertahun – tahun. Sangat diperhatikan pada detil pengerjaan dan teknologi produksi terbaru. Primo Modello didedikasikan untuk jas pria dengan keanggunan abadi dan cita rasa estetika tinggi. Cocok untuk para pengantin pria yang memilih setelan klasik tanpa meninggalkan sentuhan kreatifitas. Sebuah gaya yang dimiliki oleh pria dengan keinginan untuk kebebasan.

 

Itulah mengapa biasanya jas berbahan wol memiliki harga yang cukup tinggi karena bahannya menggunakan serat alami yang langka. Sehingga jas berbahan wol biasanya digunakan dalam pernikahan kalangan atas. Namun meski begitu orang-orang dengan budget terbatas tetap bisa merasakan kenyamanan dalam menggunakan jas berbahan alternatif lainnya.

 

Foto : Bahan Jas Pengantin

 

2. Kain High Twist

 

Bahan jas lainnya yang juga bisa menjadi alternatif adalah kain high twist. Kain ini banyak digunakan untuk pembuatan jas dan blazer karena memiliki tekstur yang elastis dan tebal. Permukaannya halus karena dibentuk dari serat polyester sintetis. Hal itu menampilkan permukaan yang mengkilap dan tidak mudah kusut sehingga akan menampilkan kesan glamour pada jas pernikahan.

 

Selain tidak mudah kusut kain ini juga sangat mudah dibersihkan. Kain ini juga kuat dan tahan lama sehingga bisa digunakan untuk jangka panjang. Namun sebagaimana kain sintetis lainnya jas yang menggunakan bahan high Twist cukup sulit untuk menyerap keringat. Sehingga bisa menimbulkan Hawa yang gerah pada pemakai terutama saat cuaca panas.

 

3. Kain Semi Wol

 

Untuk mendapatkan kualitas yang tidak berbeda jauh dengan kain wol satu lagi alternatif yaitu bahan semi wool. Kain ini memadukan antara bahan wol dengan bahan polyester. Sehingga bahan masih cukup mudah untuk didapatkan dan harganya lebih terjangkau dibanding jas yang 100% menggunakan wol. Selain itu dari sisi kenyamanan juga tidak terlalu panas meskipun dikombinasikan dengan polyester karena sebagian materialnya masih menggunakan serat alami. 

 

Anda bisa dengan mudah menemukan bahan semi wool ini di pasaran. Secara tampilan akan mirip dengan kain wol. Karakternya mengadopsi bahan wol dan bahan polyester sehingga tidak mudah kusut dan mudah dibersihkan. Hanya saja secara serat tidak sepadat wol dan secara harga kadang tidak sepadan dengan kadar wol yang diberikan. Karena kadar wol dalam kain ini memang sulit untuk diukur secara pasti.

 

Meski begitu, kombinasi ini juga tetap memberikan tampilan yang memukau untuk jas pengantin pria. Seperti koleksi Lifestyle dari Maxystyle yang mengombinasikan bahan wool dan benang Viscose alami dengan Microfiber yang sangat lembut. Sehingga pemakainya bisa tetap merasakan kenyamanan dan percaya diri dengan tampilan yang mewah.

 

Foto : Bahan Jas Pengantin

 

4. Kain silk wol

 

Bahan alternatif selanjutnya untuk jas pengantin adalah bahan Silk wool. Bahan ini juga mengombinasikan antara bahan wol dengan bahan polyester, namun secara kadar polyester lebih sedikit. Sehingga secara kenyamanan bisa mendekati bahan wol dan secara harga masih lebih terjangkau dibandingkan bahan wol. Bahan ini juga lebih mudah untuk ditemukan di pasaran dibandingkan bahan wol asli. Sehingga Anda bisa lebih tenang untuk menjadikannya sebagai salah satu bahan baku pembuatan jas.

 

Secara tampilan bahan Silk wool ini berbeda dengan bahan semi wool karena tampilannya mengkilap. Hal itu akan membuat jas pengantin tampak glamor dan lebih mencolok. Itu jas yang menggunakan bahan ini juga bisa memiliki variasi warna yang lebih beragam. 

 

5. Kain drill

 

Alternatif selanjutnya untuk dibuat menjadi adalah kain drill. Berbeda dengan kain-kain sebelumnya, ini mengombinasikan antara bahan katun dengan bahan polyester. Sehingga dihasilkan kain yang cukup nyaman untuk dipakai dalam waktu lama, memiliki permukaan yang halus, bisa menyerap keringat dengan cukup baik dan kuat.

 

6. Kain Corduroy

 

Foto : Bahan Jas Pengantin

 

Alternatif berikutnya untuk pembuatan jas adalah bahan kain corduroy. Bahan ini dibuat dari serat yang dipuntir sehingga membuatnya tampak seperti tali yang diletakkan sejajar. Bahan ini memiliki daya tahan yang sangat baik sehingga bagus untuk dipakai jangka panjang. Kain corduroy dibuat dari kapas tebal dengan tekstur yang halus dan dapat direnggangkan.

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 75
  • 9010 views


Recent Post


Related Article