Administrator 10 Apr at 14:50
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

4 Kain Recommended untuk Seragam Medis Awet Berkualitas

 

 

Seperti halnya tempat kerja lainnya, seragam juga diterapkan pada rumah sakit. Dengan tujuan supaya lebih mudah untuk mengenali masing-masing kelompok pekerja seperti misalnya perawat, dokter, petugas keamanan, petugas kebersihan dan seterusnya. Anda tentu saja tidak ingin kebingungan rumah sakit dan meminta bantuan pada orang yang tidak tepat.

 

Salah satu yang menarik untuk dibahas adalah seragam yang biasanya dipakai untuk para petugas di bagian medis. Karena bahan yang digunakan tidak hanya memperhatikan pada aspek kenyamanan tetapi juga pada pertimbangan selainnya. Karena itu kami membahas secara khusus tentang beberapa kain yang direkomendasikan untuk dibuat menjadi seragam petugas medis. Simak lebih lengkapnya di bawah ini

 

 

4 Kain Recommended untuk Seragam Medis Awet Berkualitas

 

 

Tips Memilih Bahan

 

Sebelum kita membahas tentang jenis-jenis kain yang direkomendasikan sebagai bahan seragam medis, akan lebih baik untuk membahas terlebih dulu cara yang tepat untuk memilih kain medis. Berikut ini beberapa tips untuk Anda mendapatkan kain yang tepat sebagai bahan seragam medis:

 

  1. Pahami jenis kain

Jenis kain yang ideal untuk bahan seragam medis adalah kain yang ringan tapi tidak terlalu tipis sehingga tidak menerawang dan bisa menyerap keringat dengan baik. Supaya nantinya kain itu bisa dibuat menjadi seragam yang nyaman untuk digunakan para petugas medis yang memiliki banyak aktivitas. Apalagi dengan mobilitas kerjanya yang cukup tinggi sehingga mereka membutuhkan seragam yang benar-benar mudah untuk dipakai bergerak.

 

  1. Permukaan kain

Seperti yang Anda lihat umumnya seragam medis menggunakan jenis kain yang permukaannya tidak mengkilap. Selain itu seragam medis juga biasanya menggunakan kain dengan permukaan atau tekstur yang halus dan tidak menerawang. 

 

  1. Warna kain

 

4 Kain Recommended untuk Seragam Medis Awet Berkualitas

 

Sedangkan untuk persoalan warna seragam medis bisa memakai beberapa pilihan warna yaitu warna putih, hijau atau biru. Warna yang digunakan sebaiknya tidak mencolok atau lembut misalkan seperti warna-warna pastel. Dulunya memang kebanyakan seragam petugas medis menggunakan warna putih yang memiliki lambang higienis dan bersih. Namun seiring dengan perkembangan warna hijau terang atau biru terang juga digunakan untuk menjaga mata dokter lebih baik. Terutama saat sedang berada di ruang operasi.

 

  1. Kualitas kain

Terkait dengan kualitas seragam medis lebih baik menggunakan kain yang memiliki kualitas sedang hingga tinggi. Untuk pertimbangan keawetan hal itu juga biasanya lihat pada jenis warna yang digunakan. Ayah didapatkan warna yang nyaman untuk mata sekaligus juga tidak mudah pudar.

 

  1. Harga kain

Untuk persoalan harga lebih baik memilih kain dengan harga yang sedang hingga tinggi. Karena biasanya kain dengan harga tersebut memiliki kualitas yang cenderung cukup baik. Sehingga penting untuk tidak mudah tergiur dengan harga yang murah. Karena jika diperhitungkan akan lebih efisien menggunakan kain yang lebih mahal namun tahan lama daripada menggunakan kain murah namun cepat rusak dan harus diganti dengan yang baru.

 

  1. Karakter khusus

Selain beberapa kriteria diatas penting juga untuk mempertimbangkan konteks khusus. Misalnya seperti di saat pandemi covid 19, para petugas medis membutuhkan pakaian yang bisa tahan terhadap air. Supaya mereka bisa terlindung dari droplet virus Corona. Juga penting untuk memilih karakter kain yang sesuai misalkan kain yang waterproof atau tahan air.

 

Bahan Kain Medis

 

  1. Kain Katun

Alternatif pertama yang cocok dan direkomendasikan untuk bahan seragam petugas medis adalah kain katun. Tentu saja kain ini menjadi salah satu yang disarankan karena Bahannya yang bisa menyerap keringat dengan baik serta memiliki banyak ragam pilihan. Sehingga bagi pebisnis konveksi yang ingin membuat seragam medis menggunakan kain ini bisa leluasa memilih kualitas kain yang paling sesuai. Termasuk jika membutuhkan jenis kain katun yang tahan terhadap air.

 

4 Kain Recommended untuk Seragam Medis Awet Berkualitas

 

Kain katun menjadi rekomendasi pertama karena memiliki beberapa kelebihan berikut:

  • kain katun minim potensi alergi karena menggunakan bahan-bahan yang organik
  • kain katun juga minim potensi iritasi apalagi jika lebih banyak menggunakan serat alami
  • kain katun sangat cocok untuk digunakan di iklim tropis seperti Indonesia karena bisa Tetap sejuk saat cuaca panas dan sebaliknya bisa terasa hanya saat cuaca dingin
  • kain katun juga memiliki karakter yang anti bakteri dan anti lembab sehingga tetap aman dan nyaman untuk digunakan aktivitas seharian

 

  1. Kain Rayon

Motif kedua yang bisa digunakan dan sangat direkomendasikan untuk seragam medis adalah kain rayon. Kain ini dibuat dari serat hasil regenerasi selulosa. biasanya disebut sebagai kain serat semi sintetis karena tidak sepenuhnya sintetis tapi juga tidak berasal dari serat yang alami. 

 

4 Kain Recommended untuk Seragam Medis Awet Berkualitas

 

Kain ini direkomendasikan karena memiliki karakteristik antara lain: 

  • menyerap keringat dengan sangat baik sehingga nyaman digunakan untuk cuaca panas
  • Permukaannya yang halus dan lembut membuat kulit nyaman memakainya sepanjang hari
  • kain ini sangat mudah diwarnai sehingga Anda bisa mendapatkan warna sesuai yang dibutuhkan

 

  1. Kain Laminated

Kain ini adalah buat dari serat polyester dan bagian dalamnya diberi semacam laminasi. Sangat direkomendasikan untuk pembuatan seragam medis terutama seragam tahan air.

 

  1. Kain Taslan

Jenis kain berikutnya yang juga cocok untuk dibuat menjadi seragam medis adalah kain taslan.  Pertama Karena kain ini menyerap keringat dengan cukup baik dan kedua kain ini juga memiliki karakter yang tahan air. Sehingga kain ini bisa digunakan untuk membuat seragam medis tahan air. 

 

Jenis Seragam Medis

 

Hal berikutnya yang juga penting untuk dipahami adalah jenis-jenis seragam medis. Berikut ini beberapa jenis pemanfaatan kain untuk seragam medis:

 

  1. Seragam Operasi/Scrubs

Sesuai dengan namanya seragam medis ini banyak digunakan untuk aktivitas seperti operasi oleh dokter bedah, bidan atau perawat yang mengikuti proses operasi. Seragam jenis ini biasanya dibuat dengan pola jahitan yang sederhana, memiliki kerah berbentuk V neck atau round neck, dengan bawahan berupa celana longgar. 

 

4 Kain Recommended untuk Seragam Medis Awet Berkualitas

 

  1. Seragam Perawat

Sesuai dengan namanya seragam ini digunakan oleh para perawat. Dulunya kebanyakan seragam untuk perawat berwarna putih namun seiring perkembangan juga menggunakan warna-warna pastel hijau atau biru. Umumnya seragam perawat terdiri dari atasan dengan lengan panjang atau pendek yang dipadukan dengan celana. Beberapa baju perawat untuk perawat wanita menggunakan terusan rok yang panjangnya selutut.

 

  1. Jas dokter

Sedangkan untuk seragam medis satu ini fungsinya sebagai outer. Biasanya digunakan oleh dokter ketika melayani aktivitas konsultasi atau pemeriksaan rutin pasien. Sampai saat ini jas dokter umumnya menggunakan warna putih. Sebagian jas dibuat dengan lengan panjang dan sebagian lainnya di buat dengan lengan pendek. Perbedaan tersebut biasanya bergantung pada tingkatan dokter umum atau dokter spesialis.


 

 


 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 42
  • 1653 views

Recent Post


Related Article